Jus Sayur dan Buah Untuk Detoxing

Jus sayur dan buah

Jus sayur dan buah yang bisa Anda konsumsi untuk mendetoks tubuh dari berbagai racun yang mengendap salah satunya jus lemon yang  mana buah lemon mengandung vitamin C yang bagus untuk menyerap racun dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Go DokBelakangan, gaya hidup sehat dengan mengonsumsi jus sayur dan buah tengah menjadi tren tersendiri di kalangan para pekerja ibukota, terutama di antara para wanita. Salah satu alasan untuk melakukan hal ini adalah untuk mendetoks tubuh dari berbagai racun yang mungkin saja mengendap di dalamnya.

Jika dilakukan rutin dengan cara yang benar, detoxing bisa mengoptimalkan kinerja pencernaan Anda dan menyehatkan organ hati. Tak hanya itu, detoxing juga bagus untuk kulit yang lebih cerah dan sehat. Nah, bagi Anda yang baru saja mau mencoba hal ini, yuk simak jus sayur dan buah apa saja yang efektif untuk detoxing racun tubuh.

Berikut adalah beberapa jus sayur dan buah untuk detoxing di antaranya :

1. Lemon

Jangan kaget, lemon memang merupakan salah satu buah yang dikatakan efektif untuk mengeluarkan racun-racun jahat dari dalam tubuh. Pasalnya, semua buah sitrus mengandung vitamin C yang bagus untuk menyerap racun dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Lemon adalah salah satunya, dan merupakan sumber efektif untuk membersihkan racun. Ditambah lagi, hal ini akan semakin efektif jika Anda mengolahnya dengan air hangat. Usahakan untuk tidak menambahkan terlalu banyak gula, ya!

2. Mentimun

Mentimun, atau ketimun terdiri dari 96% kandungan air, yang mampu membuat tubuh Anda tetap terhidrasi di hari-hari paling panas sekalipun. Ditambah lagi, sayuran yang satu ini juga bagus untuk mengeliminasi racun dari dalam tubuh Anda.

Selain itu, mentimun mengandung vitamin K, vitamin C, beta-karoten, mangan, serta berbagai macam phytonutrients, seperti flavonoids dan lignans. Tak hanya itu, ketimun juga mengandung zat antioksidan, anti-peradangan, dan anti-kanker yang sehat untuk tubuh Anda.

3. Apel

Apel oh apel, sejuta manfaat yang dimilikinya seakan tak pernah habis. Selain mengandung begitu banyak vitamin, serat dan mineral, buah apel juga kaya akan phytochemical dan pectin, yang berperan besar untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh Anda.

Senyawa pectin mampu membilas senyawa metal dan bahan tambahan makanan keluar dari tubuh. Selain itu, apel juga mengandung antioksidan yang menambah kehebatannya sebagai penghalau racun. Meski paling baik dimakan mentah, namun jus apel juga memiliki efek yang sama, asalkan Anda mengolahnya dengan baik.

4. Sweet Beet

Yang satu ini adalah jenis jus campuran, antara buah dan sayuran yang menggabungkan kemampuan keduanya dalam mendetoks racun di tubuh Anda. Anda bisa membuat jus ini dengan menggabungkan 1 buah bit, 2 buah wortel, 3 batang seledri, setengah buah lemon, 1 cm jahe, dan 1 buah apel hijau.

Campur semuanya di dalam mixer, dan minumlah selagi kental. Dijamin, Anda akan langsung merasa bersih dari semua racun dunia.

5. Carrot Cleanser

Sesuai dengan namanya, jus sayur dan buah yang dicampurkan ini bertugas untuk membersihkan tubuh dari berbagai racun dan polutan ibukota. Untuk membuatnya, Anda bisa mencampur semua bahan berikut :

  • 4 buah wortel
  • 1 cm jahe segar
  • 1 buah apel hijau
  • ½ buah lemon
  • 2 batang seledri.

Campur semuanya, dan blender hingga merata. Meski rasanya tidak secerah warnanya, namun jus sayur dan buah yang satu ini dijamin akan membuat Anda jauh lebih sehat.

Nah, itu dia 5 jenis jus sayur dan buah yang bagus untuk mendetoks semua racun dari dalam tubuh Anda. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? Semoga bermanfaat ya!

 

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter seputar tips kesehatan. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi