Jerawat Pasir ; Penyebab dan Cara Menghilangkan

jerawat pasir

Go DokJerawat pasir – Jerawat mungkin menjadi salah satu gangguan pada kulit wajah yang paling sering menyerang siapapun dan kapanpun, tanpa pandang bulu. Berbagai faktor bisa  menjadi penyebab jerawat. Debu, kotoran, dan minyak berlebih menjadi faktor utama. Selain itu, faktor psikologis seperti stres bisa menjadi alasan kenapa seseorang berjerawat.

Namun, pernahkah Anda mengalami serangan jerawat yang datang secara massal dan beramai-ramai? Mungkin Anda mengalami jerawat pasir atau jerawat yang tumbuh kecil-kecil dan menyebar di seluruh wajah.

Lalu, apa bedanya dengan jerawat pada umumnya? Sebelum makin penasaran, yuk sama-sama kita mengenal apa itu jerawat pasir, penyebab dan cara penanganan berikut ini!

Apa itu jerawat pasir

Pertanyaan pertama yang muncul pasti, apa itu jerawat pasir? Lalu apa yang membedakannya dengan jerawat biasa yang hadir satu persatu? Nah, secara fisik sebenarnya jerawat pasir itu tidak ada bedanya dengan jerawat biasa. Kandungannya pun sama-sama berisi nanah sebagai hasil dari lemak dan kotoran yang mengendap di wajah. Karakter utama yang membedakan keduanya adalah jumlahnya yang memang datang secara beramai-ramai sehingga mengganggu penampilan Anda.

Jika diperhatikan, jerawat pasir seringkali muncul di bagian pipi atau dahi Anda. Tidak menutup kemungkinan tamu tak diundang ini juga mengisi kedua bagian wajah tersebut. Duh, menggangu sekali, bukan?

Penyebab jerawat pasir

Sama seperti dengan jerawat pada umumnya, jerawat  jenis ini dapat timbul karena wajah terkena partikel debu dan kotoran yang tidak segera dibersihkan. Namun selain itu, beberapa faktor psikologis lainnya juga dapat merangsang pertumbuhan jerawat jenis ini.

Perubahan hormon dinilai dapat menjadi faktor psikologis utama mengapa jerawat pasir bisa tumbuh di wajah Anda. Salah satu contoh kasusnya bagi perempuan yang sedang mengandung dan sedang mengalami fase menopause. Hal tersebut menyebabkan perempuan cenderung lebih rentan terkena jerawat ini,  dan pria yang memiliki kebiasaan jorok dan cuek terhadap kebersihan wajah juga bisa terkena jerawat ini.

Selain itu, kebiasaan malas membersihkan bekas make up juga menjadi faktor utama jerawat pasir muncul di wajah Anda. Pasalnya,  sisa make up akan bercampur dengan minyak alami pada wajah yang kemudian menyumbat pori-pori. Seperti yang sudah ditebak, tidak heran jerawat pasir muncul di wajah Anda. JJadi, jangan malas membersihkan make up, ya.

Cara menghilangkan jerawat pasir

Memang, siapa yang tidak gemas melihat jerawat yang tumbuh di muka. Ingin segera dipencet, kan, rasanya! Tapi ingat, jangan sekali-kali memencet jerawat, ya, karena hal tersebut malah membuat jerawat menyebar lebih cepat, lho! Selain itu, memencet jerawat juga dapat membuat wajah jadi memerah dan meradang.

Nah, lebih baik Anda coba cara berikut ini. Beberapa cara dinilai efektif untuk meredakan gejala jerawat pasir pada wajah.

  • Menggunakan masker yogurt atau teh hijau

Ternyata, selain bermanfaat untuk dikonsumsi, kedua menu tersebut juga baik, lho, untuk meredakan jerawat jenis ini. Tekstur lembut pada yogurt dinilai baik untuk meredakan jerawat pasir pada wajah. Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau juga baik untuk menjaga kelembapan dan membantu meremajakan kulit wajah, lho.

  • Gunakan scrub alami

Yups, perawatan dengan scrub memang dikenal baik untuk mengangkat sel kulit mati dengan bantuan butiran-butiran kecil menyerupai pasir. Nah, Anda bisa coba membuat scrub alami dengan bahan-bahan yang ada di rumah, lho.

Beberapa referensi bisa Anda gunakan, seperti campuran lidah buaya dan garam kemudian oleskan pada wajah Anda secara perlahan. Setelah itu,  gosok secara perlahan dan didiamkan beberapa saat sebelum dibilas sampai bersih.

Selain itu, Anda juga bisa mencampur beberapa bahan lainnya, seperti air perasan lemon. Bagi Anda yang memiliki kulit kering, campuran madu, oatmeal, dan minyak zaitun juga bisa dicoba sebagai menu scrub alami Anda, lho.

Nah, sekarang Anda telah mengenal apa itu jerawat pasir, penyebab dan cara menghilangkanya.  Apakah Anda salah satu yang sedang mengalaminya? Selamat mencoba!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.