Jenis Polip Beserta Gejala dan Penanganannya

jenis polip

Jenis polip bergantung pada lokasi kelainan pertumbuhan sel sehingga gejala yang muncul juga akan bergantung kepada organ yang berkaitan. Jenis polip itu sendiri terdiri dari polip hidung, polip usus dan polip serviks. Apa saja gejala dari jenis polip tersebut?

 

Go Dok – Tidak heran jika sebagian besar dari Anda mengerenyitkan dahi saat mendengar judul ini, mengingat kata polip masih terdengar asing bagi beberapa kalangan. Mengingat rasa sakit atau gangguan yang ditimbulkan tidak begitu berarti, polip masih dianggap remeh. Bagi Anda yang penasaran, pada dasarnya, polip merupakan kelainan pada jaringan otot, di mana ada lapisan yang tumbuh secara tidak normal. Hmm, kalau dibayangkan menyerupai kanker, kan?

Berbeda dengan kanker, polip umumnya tidak berbahaya. Namun, karena pertumbuhan sel yang tidak normal, pada beberapa kasus polip bisa berkembang menjadi kanker. Polip muncul pada bagian-bagian tertentu pada tubuh dengan ukuran dan bentuk yang bervariasi. Pertumbuhan sel yang terjadi berbentuk seperti benjolan kecil dengan ukuran pertumbuhan diameter kurang dari dua sentimeter.

Memang kata polip masih kalah tenar dengan kanker, tapi untuk mencegah risiko yang lebih besar, Anda harus mengenal lebih jauh mengenai jenis polip yang umum terjadi.

Yuk, mengenal jenis polip beserta gejala dan penanganannya!

Jenis polip dan gejalanya

Perlu dicatat, nih, bahwa jenis polip bergantung pada lokasi kelainan pertumbuhan sel sehingga gejala yang muncul juga akan bergantung kepada organ yang berkaitan. Di bawah ini jenis polip beserta gejalanya :

  • Polip hidung

Seperti namanya,jenis polip ini biasanya muncul di dalam rongga hidung dengan ukuran kecil dan umumnya tidak memiliki gejala. Namun pada kasus dengan ukuran yang lebih besar, polip hidung bisa mengganggu sistem pernapasan dan penderita bisa mengalami hidung tersumbat, bersin-bersin, nyeri di tengah wajah, hingga mimisan. Di Amerika Serikat, terdapat 29 juta orang yang mengalami gejala-gejala di atas ternyata memiliki polip hidung.

  • Polip usus

Jenis polip ini bisa tumbuh di titik manapun sepanjang organ usus, mulai dari usus besar hingga anus. Gejala yang timbul bisa beragam, mulai dari nyeri di perut, sembelit, diare hingga bercak darah pada feses. Nah, mulai dari sekarang Anda sebaiknya berhati-hati. Pada tahun 2010, sebuah penelitian menyebutkan bahwa perkembangan polip usus ke kanker usus yang melanda 145.000 penderita, 50.000 di antaranya harus berakhir di pemakaman.

  • Polip serviks

Secara keseluruhan, polip serviks-lah yang memiliki gejala yang paling tidak terlihat. Jika ada gejala yang mungkin muncul, hal ini bisa berupa pendarahan berlebih saat menstruasi dan cairan berlebihan saat berhubungan intim. Tampak normal, bukan? Gejala seperti itu tentunya kurang mendapat perhatian dari sang penderita. Kondisi bisa memburuk jika polip ini berubah menjadi kanker serviks. Jadi, bagi para perempuan sebaiknya mulai berhati-hati, ya karena menurut penelitian di Inggris, 1 dari 4 orang meninggal karena kanker, lho.

Penanganan berbagai jenis polip dan gejalanya

Mengingat gejala yang timbul menyerang beberapa organ dalam yang sulit terlihat, tentunya menemui dokter adalah jalan yang terbaik. Penanganan pada setiap jenis polip berbeda, lho. Maka dari itu, konsultasikan semua gejala yang Anda alami untuk penanganan yang tepat, ya!

Sekarang sudah tahu, kan tentang jenis polip dan gejalanya. Yuk, kenali kelainan ini lebih awal agar hal yang lebih buruk dapat dicegah. Tetap waspada, ya!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

RZ/TP/PJ

Referensi