Jenis Permainan Bayi Sesuai dengan Usianya

jenis permainan bayi

Jenis permainan bayi ; Mendidik serta mengajak buah hati untuk belajar bisa di mula sejak masih bayi, Bunda. Di antara usia 1 bulan hingga 30 bulan ke atas, terdapat banyak jenis permainan bayi sederhana yang dapat Anda mainkan bersamanya. Apa saja permainan bayi tersebut?

 

Go DokSebagai orangtua, tentunya Anda akan selalu mencoba untuk menemukan cara bagaimana mendidik si buah hati sesuai dengan perkembangan usianya. Nah, perlu Anda ketahui bahwa mendidik serta mengajaknya belajar sudah bisa dimulai sejak si kecil masih bayi. Di antara usia 1 bulan hingga 30 bulan ke atas, terdapat banyak jenis permainan bayi sederhana yang dapat Anda mainkan bersamanya. Apa sajakah jenis permainan bayi tersebut? Yuk, simak daftar lengkap berikut ini!

Jenis permainan bayi usia 1 – 12 bulan

Jangan salah, banyak jenis permainan bayi yang bisa Anda lakukan sejak usianya satu bulan, guna mendukung perkembangan otak, syaraf motorik, kemampuan berbicara dan berbahasa, serta kemampuan organ-organ lain si buah hati. Berikut adalah beberapa di antaranya :

1. Ciluk-Ba!

Ciluk-Ba! merupakan salah satu jenis permainan bayi yang sangat mudah dan paling banyak dilakukan. Tentu ada alasannya kenapa permainan ini amat populer. Hingga bayi Anda berusia 9 bulan, ia tidak akan menyadari bahwa Anda masihlah berada di depannya, saat wajah Anda ditutup dengan kedua tangan. Jadi, bayi akan sangat takjub mengira Anda bisa menghilang dan muncul lagi dalam waktu singkat. Hal ini akan memicu tawanya, sekaligus melatih perkembangan sosialnya, di mana ia akan menyadari bahwa meski Anda pergi atau tak di sampingnya, Anda pasti akan kembali lagi.

2. Berdansa dan berjoget bersama

Jelas saja, jenis permainan bayi yang satu ini akan dapat membantu perkembangan syaraf motorik si buah hati. Anda dapat mengajaknya berjoget, dengan memutar musik, dan melakukan gerakan kecil yang bisa ditirunya. Gerakan melompat, gerakan tangan ke samping dan ke atas, mungkin adalah yang paling baik. Jika si kecil sudah bisa duduk, dia akan meniru Anda melompat-lompat kecil dengan badannya pula. Selain itu, Anda bisa menggendongnya dan melakukan gerakan berjoget perlahan. Hal ini akan membantu dalam membangun keterikatan emosional di antara Anda dan si kecil, serta membuat bayi merasa aman.

3. Bermain dengan rima

Banyak rima-rima kecil, atau nyanyian anak-anak dengan bunyi, irama, serta lirik yang repetitif, seperti Tek Kotek Kotek, Potong Bebek Angsa, dan Nina Bobo yang dapat Anda nyanyikan saat bersamanya. Bayi yang berusia di bawah 12 bulan bisa sangat gembira mendengar suara repetitif, apalagi dengan suara ibunya sendiri. Ia akan berusaha meniru bagian repetitif di tiap akhir bait, hingga akhirnya benar-benar bisa. Anda bisa pula menambahkan gerakan sederhana, seperti menepuk tangan agar disambutnya. Hal ini akan membantu perkembangan kemampuan berbicara, kosakata, serta perkembangan motorik bayi.

Jenis permaianan bayi usia 12 – 24 bulan

1. Menggambar dan melukis

Siapa sangka kegiatan menggambar dan melukis bisa menjadi permainan yang bagus untuk si buah hati? Di umur 1 -2 tahun, perkembangan otak dan kemampuan motorik bayi akan berkembang pesat. Anda bisa menunjukkan pada bayi bagaimana cara menggambar dengan krayon dan pensil warna, serta cat air. Otomatis, si kecil akan meniru. Sediakanlah kertas lukis, atau karton, dan ia akan mulai menggambar hasil karyanya sendiri. Hal ini bagus untuk perkembangan imajinasi dan kemampuan berpikirnya.

2. Boneka kaus kaki

Dengan cara yang amat sederhana, Anda sudah bisa menciptakan boneka dari kaus kaki. Anda dapat melubangi kaus kaki bekas, dan menambahkan mulut, hidung, serta telinga di permukaannya. Lalu, dengan menggunakan tangan, buatlah boneka kaus kaki berbicara pada bayi Anda, dengan suara yang lucu. Biasanya, kali pertama bayi hanya akan bengong, namun kali selanjutnya ia akan berusaha membalas atau meniru suara dan kata-kata yang diucapkan oleh boneka. Hal ini tentu akan menambah kosa kata serta melatih kemampuannya untuk berbicara lancar.

3. Masak-masakan

Jenis permainan bayi yang satu ini pun cukup umum dipraktikkan. Di usia 20 bulan ke atas, bayi sudah akan bisa mengenali apa yang Anda lakukan, benda apa yang biasa Anda pegang, dan ia sedikit-banyak akan berusaha menirunya. Berikan bayi Anda mangkuk dan sendok kecil, dan beberapa bahan masak dalam jumlah sedikit, seperti garam, gula, dan nasi. Anda bisa memasak di sampingnya, dan membiarkan si kecil meniru kegiatan Anda dengan bahan-bahan yang tadi diberikan.

Jenis Permaianan bayi usia 24 – 30 bulan

1. Dokter kecil

Memasuki usia dua tahun, bayi Anda sudah bisa mengenal beberapa profesi tertentu, salah satunya adalah dokter, yang mana biasa ia kunjungi bersama Anda setiap beberapa bulan sekali. Belilah kostum dokter dan perlengkapannya, seperti stetoskop, alat suntik, dan termometer, dan biarkan bayi meniru kegiatan dokter. Hal ini akan membantu perkembangan sosialnya, membuat bayi Anda lebih memahami bahwa tidak setiap orang sama.

2. Membuat bangunan

Permainan membangun dapat Anda terapkan pada anak saat ia memasuki usia 24 – 30 bulan. Tak harus dengan lego, Anda bisa melakukan permainan ini dengan memberinya balok-balok sederhana, kartu remi, kotak dan kardus tak terpakai, hingga kotak susu. Bantu ia menyusun dan membangun apapun yang diinginkannya. Hal ini akan membantu perkembangan otak, imajinasi, dan kemampuan berpikir bayi Anda.

Nah, itulah beberapa jenis permainan bayi yang dapat Anda terapkan pada si buah hati, sesuai dengan usianya. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi