Jenis Obat yang Menyebabkan Kantuk, Apa Saja?

Jenis infeksi vagina

Jenis obat yang menyebabkan kantuk ; Jenis obat biasanya bermacam-macam. Jika Anda pergi ke apotek telihat bermacam-macam obat, mulai dari yang bentuk tablet hingga sirup. Begitupun efeknya akan bermacam-macam ada yang menyebabkan kantuk dan tidak.  Apa saja obat yang bisa menyebabkan kantuk?

 

Go Dok – Anda tengah sakit? Saat tengah atau merasa sakit, beberapa orang akan bertindak bijak dengan langsung membeli obat di apotik sesuai dengan gejala yang dialami. Jika sakitnya ringan, seperti demam, flu, atau batuk, tentu Anda bisa langsung melakukan hal ini. Beberapa orang lainnya memilih untuk mengunjungi klinik dan meminta obat-obatan dengan resep dari dokter. Nah, tentunya Anda sadar bahwa beberapa jenis obat-obatan yang Anda konsumsi bisa menyebabkan kantuk.

Yuk, simak jenis obat yang  menyebabkan kantuk berikut ini sebagai referensi!

1. Obat alergi

Jenis obat yang menyebabkan kantuk pertama adalah obat anti-alergi yang mungkin diresepkan dokter pada Anda yang menderita alergi terhadap benda atau substansi tertentu. Obat alergi dengan jenis antihistamines adalah yang paling mungkin menyebabkan kantuk. Beberapa di antara kandungannya yang menyebabkan efek ini adalah Diphenhydramine, Hydroxizine, Brompheniramine, Chlorpheniramine, dan Meclizine. Beberapa di antara kandungan tersebut juga digunakan dalam obat tidur. Selain itu, beberapa jenis obat alergi yang berupa nasal spray dan obat berbentuk cairan juga bisa menyebabkan kantuk.

2. Aspirin

Jenis obat yang menyebabkan kantuk kedua adalah aspirin, yang berperan besar dalam mengobati sakit kepala dan gangguan kesehatan ringan lainnya. Ya, obat ini dijual bebas dan bisa Anda dapatkan di apotik-apotik terdekat. Efek samping ini pun sudah banyak diketahui pemakainya.

3. Obat perileks otot

Jenis obat yang menyebabkan kantuk ketiga adalah obat perileks otot. Biasanya, saat otot Anda terasa kaku atau tegang, dokter akan meresepkan jenis obat yang satu ini untuk Anda konsumsi. Kebanyakan perileks otot tidak langsung bekerja pada otot-otot Anda secara langsung. Obat ini justru bekerja pada syaraf-syaraf otak dan tulang belakang Anda, untuk membuat otot-otot menjadi lebih rileks. Efek samping dari obat ini adalah membuat Anda lelah, dan merasa mengantuk. Beberapa jenis kandungannya adalah Cyclobenzaprine dan Carisoprodol.

4. Obat anti-depresan

Jenis obat yang menyebabkan kantuk selanjutnya adalah obat anti-depresan. Dokter atau psikiater biasanya meresepkan obat ini pada para pasien yang diduga menderita stres berat atau depresi. Salah satu tipe anti-depresan yang disebut Trycyclics adalah yang bisa membuat Anda merasa selalu lelah dan mengantuk, guna membuat pengonsumsinya banyak beristirahat. Beberapa di antara anti-depresan yang dimaksud, biasanya adalah yang memiliki kandungan seperti Amitriptyline, Doxepin, Imipramine, dan Trimipramine.

5. Obat mual dan muntah

Jarang yang tahu bahwa beberapa obat yang diresepkan atau dikonsumsi untuk mengatasi gejala mual dan muntah juga bisa menyebabkan kantuk. Obat mual dan muntah yang memiliki efek samping ini adalah jenis yang memiliki kandungan antiemetics di dalamnya.

6. Antibiotik

Beberapa jenis antibiotik yang Anda konsumsi untuk melawan infeksi virus dan bakteri pun bisa menyebabkan Anda merasa lelah dan mengantuk. Contohnya adalah obat demam, obat flu, dan obat batuk. Efek ini sejatinya berguna untuk membuat Anda cukup beristirahat, namun akan merepotkan jika Anda harus bekerja saat mengonsumsinya.

Nah, itu dia beberapa jenis obat yang menyebabkan kantuk saat Anda mengonsumsinya. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Merasa kesehatan Anda terganggu? Segera chat dokter untuk tanya jawab seputar permasalahan kesehatan Anda, langsung dari Smartphone. GRATIS! Download aplikasinya di sini.

RZ/TP/PJ

Referensi