Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Ngidam

Makanan yang harus dihindari saat ngidam

Makanan yang harus dihindari saat ngidam ; ngidan di masa kehamilan akan dirasakan pada trimester pertama kehamilan. Meskipun sedang ngidam, Anda tetap harus memilih makanan yang akan Anda konsumsi karena ada jenis makanan yang harus dihindari saat ngidam.

 

Go Dok – Ngidam, alias food cravings, merupakan suatu kondisi yang terjadi saat kehamilan, di mana Anda secara tiba-tiba dan tanpa alasan yang jelas, merasa harus mengonsumsi suatu makanan atau minuman. Biasanya, saat rasa ngidam sudah timbul, akan sulit bagi ibu hamil untuk tidak menurutinya. Bahkan, si calon Mama juga akan menuntut orang di sekitarnya untuk memenuhi obsesi terhadap makanan atau minuman tersebut. Umumnya, hal ini hanya akan berlangsung selama dua atau tiga hari, sebelum kemudian rasa ngidam Anda beralih pada menu lain.

Mengidamkan sesuatu dengan amat sangat di masa kehamilan umumnya mulai terjadi pada trimester pertama, atau tiga bulan pertama kehamilan. Pada sebagian besar wanita hamil, kondisi ini akan mencapai puncaknya pada trimester kedua kehamilan, dan mulai menurun di masa trimester ketiga kehamilannya. Meskipun para dokter kandungan biasanya membolehkan para ibu hamil untuk memenuhi keinginan ngidam mereka selama tidak berlebihan, namun tentunya ada beberapa makanan yang sama sekali harus dihindari saat ngidam.

Simak daftar lengkap makanan yang harus dihindari saat ngidam  berikut ini :

1. Daging mentah, setengah matang, dan kalengan

Salah satu jenis makanan yang harus dihindari saat ngidam adalah daging dalam bentuk mentah, setengah matang, maupun kalengan. Pasalnya, memakan daging setengah matang maupun mentah dapat meningkatkan risiko Anda terkena infeksi dari beberapa parasit dan bakteri, seperti Toxoplasma, E. coli, Salmonella, dan Listeria. Meskipun memang beberapa jenis bakteri hanya terdapat pada permukaan daging, namun tak sedikit pula yang bermukim di dalam serat-serat otot di dalam daging. Bakteri-bakteri tersebut bisa saja membahayakan kesehatan janin, dan bahkan dapat menyebabkan kematian janin atau gangguan syaraf yang cukup parah, seperti kebutaan dan epilepsi. Berbahaya, bukan?

2. Ikan tuna, makarel, dan swordfish

Ketiga jenis ikan tersebut merupakan makanan yang harus dihindari saat ngidam. Pasalnya, ketiganya  terbukti memiliki kandungan merkuri yang sangat tinggi. Merkuri merupakan suatu zat yang sangat beracun, dan sangat umum ditemukan pada perairan yang telah terkontaminasi limbah serta polutan lainnya. Dalam jumlah yang besar, merkuri dapat meracuni sistem syaraf, sistem imun, serta ginjal baik pada ibu maupun bayi yang dikandungnya.

3. Telur mentah

Sama seperti daging mentah, telur mentah juga berpotensi mengandung bakteri berbahaya, yaitu Salmonella. Bakteri ini bisa menyebabkan demam, mual, muntah, diare, serta kram perut pada ibu hamil. Pada kasus-kasus tertentu, bakteri ini juga dapat menginfeksi uterus, sehingga menyebabkan bayi  prematur atau kematian janin.

4. Sayuran dan kecambah mentah

Sayuran dan kecambah mentah, seperti lobak, semanggi, dan kacang hijau mentah juga merupakan makanan yang harus dihindari saat ngidam. Pasalnya, bahan makanan ini bisa saja terkontaminasi oleh bakteri Salmonella. Karenanya, jika Anda ingin mengonsumsi tumbuh-tumbuhan tersebut, sangat disarankan untuk merebusnya terlebih dulu hingga matang.

5. Daging organ hewan

Sejatinya, organ hewan merupakan sumber nutrisi yang baik, karena kandungan zat besi, tembaga,  vitamin B12, dan vitamin A yang dimilikinya. Namun, menu ini tetap harus dihindari saat ngidam. Pasalnya, memakan terlalu banyak sumber vitamin A hewani tidak direkomendasikan selama kehamilan, karena ini bisa menyebabkan cacat saat kelahiran, dan toksisitas hati.

6. Olahan sapi dan jus buah yang tidak dipasturasi

Susu, keju, dan jus buah yang tidak melalui proses pasturasi bisa mengandung banyak bakteri berbahaya, seperti Salmonella, Listeria, Campylobacter, dan E. coli. Hal ini bisa berbahaya, baik untuk ibu maupun janin yang dikandungnya, karena pasturasi adalah salah satu  cara untuk membunuh bakteri-bakteri tersebut.

Nah, itu dia 6 jenis makanan yang harus dhindari saat ngidam. Jangan sampai salah makan, ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi