Jenis Makanan untuk Mempercepat Kehamilan

Makanan untuk mempercepat kehamilan

Makanan untuk mempercepat kehamilan yang disarankan bagi setiap pasangan suami istri sebaiknya yang tinggi kandungan asam folat agar dapat meningkatkan kesuburan organ seksual, baik bagi pria maupun wanita. Selain itu, wanita juga butuh asupan zat besi agar dapat melancarkan siklus haid bulanan.

 

Go Dok – Bunda, nyatanya tidak semua jenis makanan dapat dikonsumsi agar dapat segera mendapatkan kehamilan. Pada dasarnya, kandungan protein dan asam folat sangat dibutuhkan di dalam makanan untuk mempercepat kehamilan agar dapat memicu produktivitas hormon estrogen di dalam tubuh wanita.

Selain itu penting untuk menjaga kecukupan zat besi dan zinc agar proses ovulasi menjadi lancar dan embrio dapat segera terbentuk.Lalu, mau tahu apa saja jenis makanan untuk mempercepat kehamilan yang bisa dikonsumsi agar kehamilan dapat segera datang?

Simak terus jenis makanan untuk mempercepat kehamilan, ya!

1. Sayuran berdaun hijau

Sejumlah praktisi kesehatan menyebutkan kalau sayuran dengan daun hijau, seperti bayam, arugula, dan brokoli kaya akan asam folat, vitamin B, dan zat besi sehingga sangat baik bagi proses ovulasi wanita yang sedang mempersiapkan kehamilan. Pasalnya, selain membantu pengembangan lapisan endometrium (lapisan dalam rahim) menjadi lebih kuat, zat besi juga dapat membantu proses pembentukan zigot di dalam rahim.

Selain manfaatnya dapat dirasakan oleh para wanita, kandungan asam folat dari sayuran berdaun hijau juga dapat membuat sperma para pria menjadi lebih sehat, sehingga mengurangi potensi keguguran atau masalah genetik pada bayi.

2. Salmon

Bagi para penggemar makanan Jepang, terutama sushi dan sashimi, ada kabar gembira untuk Anda. Pasalnya, ikan salmon yang menjadi menu utama dalam menu sashimi ini bisa menjadi makanan untuk mempercepat kehamilan, karena kaya akan asam lemak omega 3 yang menjadi kunci penting dalam meningkatkan kesuburan pada wanita, lho!

Selain itu, ikan yang banyak ditemukan pada Samudera Atlantik ini dapat mengatur hormon reproduksi dengan meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi. Dengan begitu, proses pembuahan pun menjadi lebih sering terjadi dan dapat meningkatkan kemungkinan bunda untuk segera megandung, nih.

Nah, jika ikan salmon sangat direkomendasikan, ikan lainnya seperti ikan hiu, ikan pedang, king mackerel, dan tilefish menjadi pantangan dan harus dihindari, nih!

3. Kubis

Siapa sangka, kandungan metana di-indole di dalam parutan kubis dapat memainkan peran penting dalam metabolisme hormon estrogen, sehingga mencegah pembentukan fibroid dan endometriosis.

Sekadar informasi, fibroid adalah sebuah tumor otot jinak yang tumbuh dan berada pada dinding rahim (uterus). Endometriosisi sendiri merupakan sebuah peradangan yang menyebabkan endometrium tumbuh merambat keluar rahim.

4. Biji labu

Tingginya kandungan zinc atau seng di dalam biji labu sangat baik bagi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, biji labu juga memainkan peran penting dalam proses pembelahan sel selama tahap pembentukan embrio dalam rahim.

5. Tiram

Bagi penggemar seafood, menu tiram sepertinya tidak akan pernah terlewatkan, ya! Selain rasanya yang lezat, siapa sangka tiram juga dikenal sebagai viagra alami bagi para pria? Tingginya kandungan zinc di dalam tiram juga dapat dirasakan manfaatnya bagi organ seksual wanita karena dapat membantu pembentukan sel telur sehingga meningkatkan kesuburan.

Selain itu, wanita yang kekurangan zinc atau seng dapat terganggu siklus menstruasinya, yang berdampak apda produksi telur yang terhambat. Nah, jika Anda alergi terhadap makanan laut, bisa juga menemukan makanan kaya zinc pada daging sapi, unggas, susu, kacang, telur, biji-bijian, dan kacang polong.

6. Bawang putih

Selain dapat meningkatkan cita rasa pada makanan, bawang putih juga baik bagi proses pembuahan oleh sel telur. Kandungan selenium di dalam bawang putih, dapat memberikan perlindungan dari ancaman keguguran pada usia kandungan yang masih dini, lho!

7. Cabe

Siapa yang gemar makanan pedas? Selain dapat mengucurkan keringat, cabe juga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk pada sistem reproduksi Anda. Selain itu, siapa sangka mengonsumsi makanan pedas dapat merangsang tubuh untuk melepas hormon endorfin yang memicu perasaan senang, yang juga baik untuk sistem kekebalan tubuh dan dapat meningkatkan kesuburan?

8. Biji rami

Walaupun tidak terlalu populer, biji rami nyatanya kaya akan asam lemak omega 3 dan lignin yang berperang penting dalam meningkatkan kesuburan wanita. Selain itu, lignin juga membantu mengurangi ukuran fibroid di dalam rahim sehingga dapat meningkatkan kemungkinan kehamilan.

Itulah jenis makanan untuk mempercepat kehamilan yang bisa Anda coba bersama suami agar dapat segera mendapatkan momongan. Selamat mencoba!

Baca juga:

Ingin Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk konsultasikan seputar tipsnya dengan dokter Go Dok, GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi