Jenis-jenis Makanan yang Mengandung Lemak Sehat

Makanan yang mengandung lemak sehat

Makanan yang mengandung lemak sehat ; Lemak sehat sejatinya emak jenis ini ternyata mampu melindungi kita dari berbagai penyakit, khususnya penyakit yang berkaitan dengan jantung dan sistem peredaran darah. Alpukat salah satu buah yang mengandung lemak sehat.

 

Go Dok – Seringkali kita salah paham saat mendengar kata lemak. Begitu mendengar kata tersebut, pasti yang pertama kali muncul di benak kita adalah segala macam penyakit dan efek buruk yang akan menyerang tubuh kita. Padahal, penelitian membuktikan bahwa tubuh kita membutuhkan lemak juga, lho. Nah, tapi Anda harus tahu, yang dimaksud lemak di sini adalah lemak sehat, ya! Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, lemak jenis ini ternyata mampu melindungi kita dari berbagai penyakit, khususnya penyakit yang berkaitan dengan jantung dan sistem peredaran darah.

Ditambah lagi, tanpa adanya lemak, berbagai fungsi tubuh kita bisa terganggu, lho. Gangguan fungsi otak, kulit kering dan kasar, hingga kurangnya suplai tenaga adalah beberapa dari akibat kekurangan makanan yang mengandung lemak sehat. Nah, penasaran dari mana saja Anda bisa memperoleh lemak sehat?

Berikut ini daftar jenis-jenis makanan yang mengandung lemak sehat:

1. Alpukat

Makanan yang mengandung lemak sehat pertama buah alpukat. Buah yang satu ini memang agak berbeda dengan kebanyakan buah pada umumnya, Pasalnya, alpukat ternyata lebih banyak mengandung lemak dibandingkan dengan karbohidrat. Tentunya, yang kita bahas di sini adalah jenis lemak yang sehat, ya! Bahkan, kandungan lemak dalam buah yang memiliki nama asli Persea americana ini mencapai 77 persen, lho, yang membuat buah ini memiliki kandungan lemak lebih banyak dari kebanyakan daging hewan pada umumnya!

Alpukat merupakan sumber serat dan potassium yang baik, bahkan lebih baik dari pisang. Uniknya, penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang lebih sering mengonsumsi buah ini cenderung memiliki berat badan ideal dan terhindar dari perut buncit. Hmm, menarik bukan?

2. Ikan

Semua ahli gizi setuju bahwa ikan merupakan salah satu makanan sehat terbaik di bumi ini. Bagaimana tidak? Hewan air yang satu ini mengandung banyak omega 3, protein, dan zat-zat lain yang mampu menyehatkan bagi fungsi tubuh.

Lantas, ikan apa saja yang mengandung lemak sehat yang bermanfaat bagi tubuh? Catat, ya! Ikan-ikan tersebut di antaranya salmon, trout, sarden, dan makarel sudah terbukti mengandung banyak lemak sehat. Bahkan, penelitian membuktikan bahwa mereka yang mengonsumsi ikan-ikan ini memiliki risiko lebih kecil akan terkena serangan jantung, depresi, dan Alzeimer, lho.

3. Kacang-kacangan

Temuan dari para peneliti mengungkapkan bahwa mereka yang mengonsumsi kacang-kacangan dapat terhindar dari berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung dan pembuluh darah, serta diabetes. Alasannya, selain mengandung lemak sehat, kacang-kacangan juga kaya akan serat dan protein, lho. Jangan lupa, kacang-kacangan terbukti kaya akan vitamin E dan magnesium juga.

Nah, terdapat jenis kacang-kacangan yang paling banyak berguna bagi kesehatan, di antaranya almond, walnut, dan lainnya.

4. Minyak zaitun

Jenis makanan yang mengandung lemak sehat selanjutnya adalah minyak zaitun. Selain sebagai salah satu makanan yang mengandung lemak sehat, minyak zaitun juga kaya akan vitamin E dan K dengan kadar anti oksidan yang tinggi.

Lemak sehat yang terkandung dalam minyak zaitun terbukti mampu meningkatkan kualitas peredaran darah, lho. Artinya, berkat banyaknya manfaat dari minyak zaitun tersebut mampu membuat Anda dapat terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya, seperti serangan jantung dan diabetes.

5. Yogurt

Makanan yang mengandung lemak sehat terakhir adalah yogurt. Selain rasanya yang menyegarkan, olahan susu yang satu ini terbukti banyak mengandung lemak sehat. Selain itu, yogurt juga mengandung probiotik yang sangat baik untuk pencernaan kita. Beberapa penelitian lain juga menyebutkan bahwa yogurt cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki masalah berat badan dan menurunkan risiko penyakit-penyakit yang disebabkannya. Hmm, cocok nih untuk Anda yang sedang melakukan program diet.

Sayangnya, banyak kandungan lemak sehat yang dihilangkan pada kebanyakan produk yang ada di pasaran. Tapi tenang saja, Anda masih bisa mengganti yogurt dengan keju, lho.

Nah, apakah selama ini Anda sudah mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang mengandung lemak sehat? Jika belum, sudah saatnya Anda masukan jenis makan tersebut dalam menu harian Anda agar dapat hidup sehat dan terbebas dari penyakit-penyakit berbahaya. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Jangan lupa bawa catatannya saat berbelanja, ya!

Baca juga:

Merasa kesehatan Anda terganggu? Malas pergi ke dokter? Gunakan saja fitur ‘Tanya Dokter’ pada aplikasi Go Dok untuk tanya jawab seputar permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasinya di sini.

RZ/PJ/MA

Referensi