Jenis Infeksi Vagina yang Membahayakan Janin di Masa Kehamilan

Jenis infeksi vagina

Jenis infeksi vagina ; Banyak perempuan yang menganggap remeh dan lupa untuk menjaga kesehatan vaginanya, sehingga bakteri dan parasit lain menjadi lebih mudah menginfeksi vagina. Awas! Jika terjadi di masa kehamilan, beberapa jenis infeksi vagina bisa membahayakan janin Anda.

 

Go Dok – Sebagai seorang wanita, tentu Anda harus selalu waspada terhadap infeksi yang dapat menyerang bagian kewanitaan. Sejatinya, tiap-tiap jenis infeksi vagina dapat Anda cegah dengan selalu menjaga kebersihan serta kelembapan area vital tersebut. Namun, nyatanya banyak perempuan yang menganggap remeh dan lupa akan hal ini, sehingga bakteri dan parasit lain menjadi lebih mudah menginfeksi vagina. Awas! Jika terjadi di masa kehamilan, beberapa jenis infeksi vagina bisa membahayakan janin Anda, lho!

Apa sajakah jenis infeksi vagina tersebut?

1. Infeksi jamur vagina

Jenis infeksi vagina yang satu ini sejatinya tidak akan membahayakan kesehatan janin Anda secara langsung. Namun, wanita hamil yang terkena infeksi jamur pada vagina haruslah diberikan pengobatan khusus. Pasalnya, mengonsumsi jenis obat yang salah bisa jadi berbahaya bagi perkembangan janin Anda. Jadi, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter kandungan untuk pengobatannya jika Anda terkena infeksi jamur pada vagina di masa kehamilan.

2. Bacterial vaginosis

Bacterial vaginosis, alias infeksi bakteri pada vagina, merupakan suatu infeksi ringan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan bakteri di dalam vagina Anda. Perlu Anda tahu, bahwa terdapat banyak bakteri yang hidup di vagina Anda, di mana sebagian besar bersifat baik, dan yang lainnya bersifat jahat. Bakteri yang bersifat baik akan membantu dalam mengontrol bakteri yang sifatnya jahat. Nah, saat keadaan ini tidak seimbang, di mana bakteri baik terlalu sedikit jumlahnya atau terlalu banyak bakteri jahat, maka bacterial vaginosis dapat terjadi.

Jika Anda mengalami jenis infeksi vagina ini saat hamil, risiko terjadinya keguguran dan kelahiran prematur dapat meningkat. Tak hanya itu, jika Anda menjalani operasi pelvis, seperti operasi caesar, aboris, maupun hysterectomy saat mengalami infeksi bakteri vagina, maka kesempatan Anda untuk terkena infeksi pelvis juga akan lebih besar. Gawat, bukan?

3. Group B streptococcus (GBS) Infection

Group B streptococcus (GBS) merupakan suatu jenis bakteri yang terdapat pada 30% manusia di seluruh dunia, dan sejatinya amat jarang menimbulkan bahaya. Pada wanita, bakteri ini bisa saja ditemukan pada vagina. Meskipun biasanya infeksi bakteri ini tidak menyebabkan gangguan apapun pada kehamilan, namun terdapat beberapa kasus di mana bakteri juga bisa menginfeksi janin -biasanya tepat sebelum kelahiran atau selama proses kelahiran- dan menyebabkan penyakit serius. Hal ini biasanya terjadi, jika :

  • Bayi lahir prematur (Sebelum kehamilan memasuki minggu ke-37)
  • Air ketuban pecah sebelum waktunya
  • Anda menderita demam saat melahirkan, dan
  • Anda menderita infeksi GBS saat melahirkan.

Jika infeksi ini terdiagnosis sebelum kelahiran janin, maka dokter harus memberikan antibiotik pada ibu hamil saat akan melahirkan atau saat proses melahirkan terjadi, agar bakteri tersebut tidak menular pada janin.

4. Trichomoniasis

Jenis infeksi vagina terakhir yaitu trichomoniasis yang merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Trichomonas parasit pada vagina melalui hubungan seksual. Parasit yang ditularkan ini biasanya hidup dan berkembangbiak pada vagina Anda, dan dapat disembuhkan oleh pengobatan. Jika Anda tengah hamil dan menderita penyakit ini, maka risiko pecahnya air ketuban Anda lebih awal akan meningkat. Tak hanya itu, bayi Anda juga akan berisiko tinggi lahir prematur, dengan berat badan kurang dari 2,5 kg. Pada kasus yang langka, bayi perempuan juga bisa tertular infeksi Trichomoniasis saat bergerak melalui jalur kelahirannya.

Nah, itu dia 4 jenis infeksi vagina yang bisa membahayakan kesehatan janin Anda di masa kehamilan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Merasa kesehatan Anda terganggu? Segera chat dokter untuk tanya jawab seputar permasalahan kesehatan Anda, langsung dari Smartphone. GRATIS! Download aplikasinya di sini.

SF/PJ/MA

Referensi