Jangan Sembarangan Memilih Cara Menghilangkan Kutil

Cara menghilangkan kutil

Cara menghilangkan kutil dengan berbagai metode menggunakan ramuan dari bahan-bahan yang bisa ditemukan di daput memang patut untuk dicoba. Namun, menghilangkan kutil dengan cara yang dianjurkan oleh tenaga medis merupakan jalan terbaik, lho. Mengapa?

 

Go DokDewasa ini, segala tips dan trik perawatan tubuh dapat ditemukan dengan mudah dalam berbagai situs di internet, termasuk cara menghilangkan kutil dengan metode yang bervariasi. Sayangnya, banyak netizen yang tidak puas dengan hasil proses penghilangan penyakit yang disebabkan oleh virus papiloma ini

Respon tubuh pada setiap pengobatan, termasuk pengobatan kutil, bervariasi pada setiap orang. Berbagai metode yang menawarkan hasil instan dan hanya menggunakan ramuan dari bahan-bahan yang bisa ditemukan di dapur memang patut untuk dicoba. Namun, menghilangkan kutil dengan cara yang dianjurkan oleh tenaga medis merupakan jalan terbaik, lho.

Penasaran dengan cara menghilangkan kutil ala ahli kesehatan kulit? Nah, berikut daftarnya.

Asam salisilat

Senyawa kimia ini dapat Anda temukan hampir di seluruh produk krim, salep, atau plester yang diaplikasikan pada kulit. Obat yang dikenal juga dengan salicylic acid ini telah terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai masalah penebalan lapisan kulit, termasuk kutil.

Sejumlah dermatologis mengungkapkan bahwa cara menghilangkan kutil dengan menggunakan obat ini bisa berhasil dalam waktu enam bulan dengan pemakaian rutin setiap hari.

Namun, penggunaan dari zat ini harus dilakukan secara hati-hati agar tidak menyentuh permukaan selain kutil. Pasalnya, asam ini bisa merusak jaringan kulit normal sehingga dapat menimbulkan iritasi atau luka.

Cryotherapy

Nah, cara menghilangkan kutil yang satu ini banyak dipilih oleh mereka yang menuntut hasil yang tidak memakan waktu. Terapi ini memanfaatkan nitrogen cair untuk membekukan sel-sel yang membentuk kutil. Dengan begini, kutil akan mengeras dan mengering lalu kemudian lepas dari permukaan kulit.

Penting untuk dicatat, metode ini harus didampingi tenaga medis, ya! Pasalnya, cairan pembeku tersebut berisiko menimbulkan masalah lain pada kulit jika diaplikasikan oleh tangan-tangan yang kurang berpengalaman. Jika seseorang menjalani terapi ini untuk menghilangkan masalah kutilnya, dia bisa melihat hasilnya satu minggu setelah perawatan.

Cantharidin

Selain sedap dipandang, kumbang juga bermanfaat bagi pengobatan kutil, lho. Sulit dipercaya, bukan? Rupanya, ada jenis kumbang yang dapat menghasilkan sebuah zat hasil ekstraksi serum yang bernama cantharidin. Biasanya, zat ini dipadukan dengan bahan kimia lain sebagai cara untuk menghilangkan kutil.

Setelah diaplikasikan pada bagian yang bermasalah, dokter akan membalut bagian tersebut agar tidak ada faktor luar yang mengganggu proses penyembuhan.

Metode ini merupakan salah satu metode yang tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, sang pasien bisa merasakan sensasi terbakar pada bagian yang terinfeksi virus ini beberapa menit setelah pengaplikasian.

Sama seperti nitrogen cair, cantharidin mampu membunuh sel-sel pada kutil dan melepasnya dari permukaan kulit.

Nah, demikian tiga cara menghilangkan kutil yang paling ampuh dan umum diaplikasikan oleh pakar kulit. Adakah yang sudah pernah Anda coba sebelumnya?

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

RZ/TP/PJ/

Referensi