Jangan Sampai Melewatkan Sajian Buah untuk Lebaran

Buah untuk lebaran

Buah untuk lebaran ; Santapan seperti sirup dan soda, lontong sayur dan opor ayam, hingga gulai kambing terlihat jauh lebih menarik untuk dimakan. Namun,  sisakan ruang di tubuh Anda agar masih bisa menyantap buah-buahan. Lalu, apa saja sih buah yang cocok sebagai sajian khas Hari Raya Lebaran?

 

Go Dok Ketika Hari Raya Lebaran, segala sukacita tampak di setiap rumah karena semuanya memanfaatkan momen ini untuk berjumpa dengan seluruh keluarga besar. Segala macam santapan khas Lebaran pun disajikan. Namun, jangan lupa untuk menambahkan sajian buah untuk Lebaran agar asupan vitamin dan mineral Anda tetap terjaga.

Memang, santapan seperti sirup dan soda, lontong sayur dan opor ayam, hingga gulai kambing terlihat jauh lebih menarik untuk dimakan. Namun, jangan hanya fokus pada makanan yang mengandung santan dan lemak, sisakan ruang di tubuh Anda agar masih bisa menyantap buah-buahan berikut ini.

Apa saja sih daftar buah untuk lebaran?

1. Kiwi

Buah yang identik dengan salah satu jenis burung asal New Zealand ini memiliki rasa masam yang sangat menyegarkan saat dimakan langsung maupun menjadi pelengkap dalam menu es buah dan puding. Warna daging buahnya yang berwarna hijau mencolok ini juga cocok sebagai buah untuk Lebaran karena bisa mempercantik penampilan kudapan manis Anda.

Selain menyegarkan, kiwi juga kaya akan vitamin C, serat, dan kalium sehingga baik untuk meredakan masalah konstipasi yang biasanya menyerang selama puasa dan Lebaran. Selain itu, kiwi juga memiliki kandungan fitonutrien yang baik untuk melindungi tubuh dari gangguan pernapasan, kanker, stroke, dan memelihara kesehatan jantung.

Kiwi juga bisa menjaga tekanan darah dari kadar kolesterol jahat dan trigliserida yang datang dari sajian Lebaran yang penuh santan dan lemak jenuh, lho!

2. Alpukat

Alpukat bersifat antioksidan sehingga efektif untuk menangkal radikal bebas berkat kandungan glutathione di dalamnya. Selain itu, alpukat juga mengandung avocadene yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga menjauhi Anda dari risiko tekanan darah tinggi.

Alpukat juga dipercaya rendah karbohidrat dan kaya akan asam oleat, jenis lemak sehat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain lemak sehat, alpukat juga kaya akan kalium, serat dan magnesium yang membuat Anda terbebas dari risiko stroke.

3. Blueberry, raspberry, dan cranberry

Ketiga buah jenis beri ini memiliki karakter warna yang cantik dan menarik sehingga cocok untuk dipadukan ke dalam menu puding dan es buah untuk Lebaran yang telah dinantikan. Selain rasanya yang manis menyegarkan, jenis beri ini kaya akan senyawa flavonoid yang ampuh menjaga tekanan darah tetap stabil sehingga ampuh mencegah hipertensi.

Tak hanya itu, jenis beri ini baik untuk membantu Anda meredakan sembelit yang sedang diderita, mengingat tingginya kandungan serat di dalamnya. Pasalnya, segelas blackberry mengandung 7,6 gram serat sedangkan raspberry mengandung 8 gram dengan takaran yang sama.

4. Delima

Buah yang mengandung banyak biji ini ternyata menjadi sumber serat, vitamin C, dan antioksidan. Bahkan, kadar antioksidan delima dipercaya tiga kali lebih tinggi daripada teh hijau dan anggur merah sehingga dapat melindungi Anda dari penyakit kanker Alzheimer. Tingginya kandungan serat di dalam delima juga baik untuk mengembalikan fungsi pencernaan dan menjaga dari gejala konstipasi.

Selama menjalankan ibadah puasa kemarin, tentunya Anda seringkali mengalami dehidrasi sehingga membuat kulit menjadi kering, kan. Nah, mengonsumsi buah delima selama Lebaran mampu memicu regenerasi sel-sel kulit sehingga menjaga kulit wajah tetap putih berkilau, serta menunda tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis halus.

Selain itu, buah delima juga bisa menjadi viagra alami karena mampu melancarkan aliran darah, termasuk ke organ seksual Anda. Nah, setelah sebulan penuh menahan aktivitas seksual selama berpuasa, Anda bisa memanfaatkan momen Lebaran untuk kembali bercinta dengan pasangan Anda, nih!

5. Buah kering

Jenis buah-buahan kering, seperti buah ara, kurma, plum, aprikot, dan kismis dipercaya menjadi sumber serat alami untuk meredakan konstipasi yang Anda derita. Selain menyehatkan, buah kering seperti ini juga bisa menjadi zat pemanis tambahan untuk menu Lebaran Anda, seperti puding, pancake, kue tart, kue kering, dan brownies. Bahkan, buah plum, selain tinggi serat, juga mengandung sorbitol yang berfungsi sebagai pencahar alami.

Ingat, untuk selalu menjaga asupan agar tubuh tetap bugar dan tidak kembali melar. Jadi, selau ingat untuk tetap menjaga asupan bergizi dengan menyantap buah untuk Lebaran yang telah disebutkan di atas, ya!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi