Jangan Ragukan!  Ini Dia  Manfaat Buah Pir

manfaat buah pir

Manfaat buah pir ; Pir mengandung mineral, vitamin C, vitamin K, senyawa fenolik, folat serta, magnesium hingga vitamin B kompleks. Ilmu medis modern  menyarankan untuk mengonsumsi pir sebagai pengobatan, lho.

 

Go Dok – Teksturnya yang menyegarkan ditambah tingginya kandungan air di dalamnya, membuat buah pir menjadi favorit banyak orang. Selain itu bentuknya yang mungil, banyak yang menjadikan buah pir sebagai kudapan sehat dalam perjalanan menuju ke kantor.

Sejak zaman kuno, manusia di seluruh dunia dipercaya sudah mengonsumsi buah ini. Manfaat buah pir yang akan Anda rasakan seperti menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, melancarkan pencernaan, merawat kesehatan tulang, hingga efeknya pada kecantikan wajah.

Pir mengandung mineral, vitamin C, vitamin K, senyawa fenolik, folat serta, magnesium hingga vitamin B kompleks. Ilmu medis modern juga menyarankan untuk mengonsumsi pir sebagai pengobatan, lho.

Dengan segala kandungan di atas, tak heran jika buah pir menjadi salah satu buah yang harus dikonsumsi agar kebaikannya dapat Anda rasakan, bukan?

Ini dia manfaat buah pir beserta penjelasan lengkapnya!

1. Memperlancar sistem pencernaan

Tahukan Anda, kalau satu porsi pir setara dengan 18% kebutuhan serat sehari-hari? Dengan kandungan tersebut, tak heran jika manfaat buah pir  sangat baik bagi sistem pencernaan dalam tubuh. Sebagian besar serat dalam buah pir adalah polisakarida yang tidak larut, sehingga memudahkan makanan masuk melalui usus. Selain itu, kandungannya juga merangsang sekresi enzim-enzim pencernaan. Selebihnya akan mengatur pergerakan usus dan mengurangi risiko sembelit.

2. Menurunkan berat badan

Selain kandungan serat yang tinggi, buah pir juga mengandung kalori yang sangat rendah. Buah pir mengandung 100 kalori atau 5% dari kebutuhan kalori harian. Dengan begitu, mengonsumsi buah pir dapat membuat Anda merasa kenyang karena tingginya kandungan serat dan gizi. Bagi Anda yang sedang diet, pir sangat cocok dimasukan ke dalam menu diet sehat Anda, lho.

3. Kesehatan kulit dan rambut

Selain vitamin A, buah pir juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang bersifat antioksidan dan berkontribusi dalam sejumlah reaksi enzimatik pada organ.

Manfaat buah pir bagi kecantikan dapat mengurangi efek penuaan dini pada kulit, seperti keriput dan bintik-bintik penuaan. Selain itu, pir dapat mengurangi efek rambut rontok dengan segala kandungan yang dimilikinya.

4. Mencegah kanker

Tingginya kandungan antioksidan dalam buah pir dapat mencegah radikal bebas yang bisa mengubah DNA sel sehat menjadi sel kanker. Komponen antioksidan, vitamin C, vitamin A dan senyawa flavonid dapat membantu tubuh terbebas dari kandungan yang membahayakan.

5. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Pir kaya akan antioksidan dan vitamin C yang bermanfaat memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan merangsang produksi sel darah putih. Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat mencegah berbagai penyakit seperti flu dan penyakit ringan lainnya.

6. Mempercepat proses penyembuhan

Vitamin C juga merupakan bagian penting untuk mensintesis jaringan baru di berbagai organ dan sel tubuh. Hal ini membuat metabolisme tubuh berjalan lancar dan memastikan semua fungsinya bekerja dengan baik.

Efeknya, proses penyembuhan luka dipercepat dengan tingkat asam askorbat yang tinggi dari buah pir, serta dapat membantu memperbaiki pembuluh darah yang rusak, yang dapat mencegah munculnya berbagai penyakit jantung.

7. Memperbaiki sirkulasi darah

Dengan kandungan tembaga dan zat besi yang tinggi di dalamnya, membuat manfaat buah pir baik dikonsumsi bagi penderita anemia, lho. Seperti yang diketahui, tembaga baik dalam proses penyerapan mineral ke dalam tubuh. Selain itu, tingginya kadar zat besi dapat meningkatkan produktivitas sel darah merah sehingga mampu mengurangi gejala dari penyakit anemia.

8. Memperkuat tulang

Kandungan mineral yang tinggi pada pir, seperti magnesium, fosfor, dan kalsium baik untuk menguatkan kekuatan tulang. Bagi Anda yang sudah mulai berusia lanjut, buah pir disarankan untuk dikonsumsi secara rutin karena dipercaya mampu mengurangi risiko terkena osteoporosis.

Dengan mengonsumsinya secara rutin setiap hari, dapat dipastikan Anda dapat meraih segudang manfaat buah pir yang disebutkan di atas. Sudah siapkah Anda untuk hidup yang lebih sehat dan berkualitas?

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

IS/TP/PJ

Referensi