Jangan Khawatir! Ini Dia Pertolongan Pertama Putus Cinta

pertolongan pertama putus cinta

Go DokPertolongan pertama putus cintaBagi beberapa orang, putus cinta mungkin merupakan hal yang biasa dan tidak menimbulkan dampak psikologis apapun. Namun, bagi sebagian orang lainnya, terutama mereka yang sudah gagal berkali-kali atau justru sudah menjalin hubungan selama bertahun-tahun, putus cinta bisa membuat stres. Bahkan, tidak sedikit orang yang kemudian hilang akal setelah baru saja diputuskan hubungan cintanya. Apalagi di era sosial media tengah naik daun sekarang ini, di mana mungkin Anda bisa melihat kebahagiaan si mantan setelah putus dari cinta Anda, Ugh, menyebalkan! Nah, apakah Anda salah satu yang mengalami kondisi ini? Jika iya, ada baiknya Anda segera mengatasinya.

Berikut langkah-langkah pertolongan pertama putus cinta yang bisa Anda terapkan!

1. Jangan berusaha tegar, biarkan air mata mengalir

Langkah pertolongan pertama putus cinta yang paling awal adalah Anda tidak perlu memaksakan diri untuk bahagia. Nyatanya, Anda sedang sangat sedih dan emosional, maka bertemanlah dengan kesedihan Anda. Hal ini baik untuk kesehatan mental, dan dapat mempercepat kesembuhan Anda dari patah hati. Dengan membiarkan kesedihan mendominasi beberapa hari pertama setelah putus cinta, Anda juga bisa mendapatkan banyak jawaban, tentang siapa yang benar-benar mencintai dan peduli pada Anda, tentang apa yang benar-benar penting, dan apakah layak bagi Anda untuk terpuruk karena cinta. Membiarkan diri diliputi sakit hati mungkin akan terasa berat pertama-tama, namun hal ini justru bisa membuat Anda lebih kuat dan cepat bangkit sesudahnya.

2. Jangan biarkan aura negatif mengurung Anda

Tentu Anda dianjurkan untuk bersedih hingga sesedih-sedihnya dalam langkah pertolongan pertama putus cinta. Namun, tidak berarti Anda boleh membiarkan pikiran dan aura negatif menguasai kepala Anda. Anda boleh mengenang yang telah lewat dan bersedih, namun jangan berpikir tentang betapa teganya mantan Anda, dan apakah dia langsung mendapatkan pengganti, apakah dia bahagia tanpa Anda, dan lain-lain. Jangan pula berpikir bahwa Anda tidak akan pernah menemukan orang lain, dan semua laki-laki bersifat sama. Tidak. Berpikirlah positif, meskipun Anda tengah sedih. Hal ini kan membantu Anda lebih cepat bangkit.

3. Lakukan meditasi

Meditasi bisa menjadi pertolongan pertama putus cinta, tentu setelah Anda sudah selesai bersedih hingga titik terendah dalam kehidupan menyedihkan Anda. Bermeditasi -jika perlu Anda juga bisa menggabungkannya dengan yoga- merupakan cara terbaik untuk menenangkan pikiran. Meditasi juga bisa membantu Anda menghilangkan semua pikiran negatif dan membantu Anda melihat betapa bodohnya tindakan yang sempat Anda pikirkan sebelumnya.

4. Lakukan sesuatu yang Anda sukai

Saat patah hati, setelah bersedih berhari-hari, ada waktunya bagi Anda untuk akhirnya keluar dari kamar dan mengunjungi orang atau tempat lain. Jika Anda suka musik, pergilah ke konser. Jika Anda gemar membaca, pergilah ke perpustakaan atau toko buku, dan baca sesuatu yang baru. Jika Anda senang menggambar, pergilah ke pameran atau komunitas menggambar. Intinya, sibukkan diri Anda dan jauhkan pikiran dari tragedi putus cinta.

5. Hubungi orang lain dan bantu kesusahan mereka

Terkadang, salah satu cara menolong diri Anda adalah dengan menolong orang lain terlebih dulu. Hal ini akan membuat Anda merasa berguna, merasa layak dicinta kembali, dan mengusir pikiran-pikiran negatif yang menghantui. Membantu orang lain bisa memperkuat hubungan Anda dengan orang lain, yang membantu dalam mempercepat kesembuhan hati.

6. Hubungi psikiater atau psikolog jika keadaan tidak membaik

Pertolongan pertama putus cinta ini dilakukan jika Anda tidak juga merasa lebih baik, dan mulai berpikir untuk melakukan hal-hal tidak masuk akal, seperti bunuh diri atau bahkan pergi ke Antartika sendirian, carilah bantuan. Hubungi psikiater, atau psikolog yang memang membuka praktik untuk orang-orang depresi. Jangan biarkan diri Anda menanggung semuanya sendirian. Bercerita kepada psikiater bisa membuat keadaan lebih baik.

Nah, itu dia langkah-langkah pertolongan pertama putus cinta yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi