Jangan Gunakan Gadget di Waktu-Waktu Ini!

Jangan gunakan gadget

Jangan gunakan gadget pada saat berkumpul dengan keluarga atau teman. Hal ini akan menjaga lingkaran sosial Anda tetap baik dan mengurangi risiko kesehatan mental yang bisa terjadi. Terlebih lagi, anak-anak akan cenderung mengikuti kebiasaan ini jika Anda terus menerus bermain gadget.

Go Dok Tak bisa dipungkiri, bahwa gawai elektronik layaknya smartphone, laptop, dan tablet saat ini menjadi hal esensial dalam hidup banyak orang. Anda mungkin saja salah satunya. Pernahkah Anda berselancar di internet hingga berjam-jam tanpa jeda? Atau tak bisa melawan keinginan untuk melihat handphone tiap kali gadget ini berbunyi?

Meskipun hal-hal tersebut bisa dikatakan wajar dalam keseharian, namun ada kalanya Anda harus benar-benar meninggalkan gadget, demi alasan kesehatan dan sosial.

Karenanya jangan gunakan gadget Anda di waktu-waktu berikut:

1. Setelah berada di depan layar lebih dari 3 jam tanpa jeda

Ya,  meskipun pekerjaan mengharuskan Anda duduk di depan layar komputer dan laptop seharian, namun ada baiknya Anda sesekali mengalihkan pandangan. Pasalnya, mata manusia tidak bisa beradaptasi dengan menatap terus menerus pada satu titik selama berjam-jam.

Sebab hal ini bisa menyebabkan Anda menderita Computer Vision Syndrome , seperti mata tegang, mata lelah, iritasi, mata merah, dan pandangan mengabur. Anda harus memiliki jeda setidaknya setelah 2 -3 jam menatap layar gadget non-stop. Alihkan mata Anda selama 15 – 30 menit, dan jangan gunakan gadget sama sekali di waktu ini.

2. Saat menyetir

Jangan gunakan gadget saat tengah menyetir kendaraan, ini merupakan hal paling esensial. Pasalnya, menggunaan smartphone saat menyetir akan mengalihkan pikiran Anda dari jalanan. David Strayer, seorang profesor bidang Psikologi di University of Utah, mengatakan bahwa menggunakan handphone saat menyetir memiliki efek yang sama dengan menyetir saat mabuk.

Selain itu, Anda memiliki risiko 4 kali lebih besar dalam mengalami kecelakaan jika menelepon saat menyetir. Berbalas teks singkat saat menyetir justru meningkatkan risiko ini lebih besar lagi. Karenanya, tinggalkan gadget Anda secara total saat Anda tengah menyetir, ya!

3. Saat berkumpul bersama teman dan keluarga

Tahukah Anda, bahwa terlalu sering menggunakan internet, bahkan sampai 10 jam sehari bisa membuat Anda mengalami kemunduran secara sosial? Ya, sosial media dan internet bisa membuat Anda kesepian dan tidak punya teman jika dimainkan terlalu lama.

Bahkan, sebagian orang cenderung mengalami stres dan depresi tanpa disadari. Karenanya, saat berkumpul dengan teman dan kerabat dekat, usahakan untuk menjauhkan diri dari gadget. Hal ini akan menjaga lingkaran sosial Anda tetap baik dan mengurangi risiko kesehatan mental yang bisa terjadi.

Terlebih lagi, anak-anak akan cenderung mengikuti kebiasaan ini jika Anda terus menerus bermain gadget. Hal ini bisa gawat untuk perkembangan sosial si kecil. Jadi, jangan gunakan gadget pada quality time Anda bersama keluarga, ya!

4. Saat berdua dengan pasangan

Apakah Anda jauh lebih sering mengiriminya pesan saat jauh dibandingkan berbicara langsung saat bertemu? Jika iya, ubahlah kondisi ini. Pasalnya, hal paling menyebalkan saat tengah berduaan dengan pasangan adalah jika salah satu atau keduanya terus-menerus bermain gadget.

Jangan salah, kebiasaan ini bisa membuat hubungan Anda dan si dia retak dan kurang harmonis. Pemakaian gadget memiliki pengaruh besar terhadap kualitas hubungan percintaan Anda, baik dengan pacar, istri, atau suami.

Karenanya, hindari hal ini dan jangan gunakan gadget saat sedang berdua dengan pasangan. Matikan handphone dan bercakap-cakaplah, dengarkan obrolannya, leluconnya, maka kehidupan cinta Anda akan jauh dari kehancuran.

5. Saat akan tidur

Apa Anda tengah menderita insomnia? Sudah menjadi rahasia umum bahwa terus menerus menatap layar gadget sebelum tidur hanya akan membuat Anda lebih susah untuk terlelap. Suatu studi terbaru menunjukkan bahwa paparan cahaya putih-biru dari smartphone dan laptop Anda bisa menginterupsi otak dalam memproduksi hormon melatonin, yang dibutuhkan tubuh untuk mengatur waktu tidur.

 Artinya, Anda akan lebih susah tidur dan berakhir dengan begadang. Jika hal ini berlanjut, kemungkinan besar jam alami tubuh akan terganggu. Karenanya, jangan gunakan gadget setidaknya satu jam sebelum Anda tidur. Hal ini bisa membantu Anda tidur lebih cepat, dan jauh lebih nyenyak.

Nah, itu dia 5 waktu-waktu penting di mana Anda harus menghindari bermain gadget. Semoga bermanfaat, dan mulai dari sekarang jangan menggunakan gadget di waktu yang telah disebutkan di atas. Selamat mencoba!

 

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/JJ/MA

Referensi