Jangan Asal! Ini Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil

Obat sakit gigi untuk ibu hamil

Obat sakit gigi untuk ibu hamil ; Bagi Anda yang sedang hamil dan menderita sakit gigi tentunya akan menimbulkan stres dan mual. Namun, Anda jangan mengonsumsi obat sakit gigi sembarangan karena bisa membahayakan si calon bayi.

 

Go Dok Sepertinya, tidak sedikit yang belum menjadikan kegiatan membersihkan gigi sebelum tidur sebagai kebiasaan sehari-hari, ya. Padahal, sisa-sisa makanan yang terselip di gigi bisa berkembang menjadi bakteri dan menyebabkan gigi berlubang, lho. Akhirnya, gigi Anda jadi sakit, deh.

Nah, kalau sudah sakit gigi, baru menyesal, deh. Sudah tahu dong rasanya sakit gigi seperti apa? Menyebalkan, bukan? Mulai dari balita, pria dan wanita, hingga ibu hamil, semuanya bisa saja menderita sakit gigi. Nah, bagi Anda yang baru menikah dan sedang mengalami fase kehamilan, jangan sampai menderita sakit gigi, ya. Rasa sakitnya bisa terakumulasi dengan rasa stres dan mual, lho.

Selain itu, tidak semua obat sakit gigi untuk ibu hamil bisa dikonsumsi sembarangan, lho, karena bisa saja membahayakan si calon bayi. Nah, biar tidak salah konsumsi, baca terus artikel di bawah ini, ya!

Mengenal ragam obat sakit gigi untuk ibu hamil

Semua pasti sepakat kalau tidak ada yang mau sakit gigi, apalagi ibu hamil. Nah, ada beberapa kondisi khusus yang membuat ibu hamil menjadi lebih rentan untuk sakit gigi dibandingkan masyarakat pada umumnya.

  • Saat sedang hamil, Anda mungkin cenderung disarankan untuk lebih sering mengonsumsi susu dan menu-menu dengan kandungan gula yang tinggi. Menu-menu seperti itulah yang meningkatkan risiko gigi menjadi berlubang.
  • Perubahan hormone milieusaat sedang hamil menyebabkan ibu hamil lebih rentan mengalami peradangan gigi.
  • Gejala mual dan muntah pada ibu hamil pastinya membawa cairan dan asam naik ke atas dari perut lalu keluar melalui mulut, kan. Nah, tidak menutup kemungkinan asam tersebut dapat menempel di sela-sela gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Nah, jika sakit gigi sudah terlanjur menyerang ibu hamil, beberapa tindakan bisa dipilih sebagai upaya meredakan sakit gigi untuk sementara waktu, sebelum pergi ke dokter sebagai tindakan penyembuhan lebih lanjut.

  • Sebagai langkah awal, Anda bisa berkumur menggunakan campuran segelas air hangat dengan 1 sendok teh garam selama 30 detik. Membiasakan berkumur setelah makan dapat menghilangkan bakteri sisa-sisa makanan dari sela-sela gigi dan meredakan nyeri sakit gigi. Ingat, setelah berkumur jangan ditelan ya airnya!
  • Selain itu, Anda bisa mengompres bagian gigi yang sakit, baik dengan air hangat maupun es batu. Kompres air hangat bisa membantu melancarkan sirkulasi darah dan membantu meredakan nyeri. Es batu juga bisa digunakan untuk membuat saraf menjadi kebal sehingga mampu meredakan nyeri dari sakit gigi.
  • Anda juga bisa coba menggunakan cengkeh sebagai metode meredakan sakit gigi, lho. Yups, mengunyah cengkeh utuh dianggap sebagai salah satu metode paling ampuh sebagai obat sakit gigi untukibu hamil. Selain meredakan nyeri, minyak yang keluar dari cengkeh juga menjadi antiseptik.

Setelah melakukan cara di atas, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa obat-obatan yang teruji ampuh meredakan sakit gigi. Penasaran apa saja obat sakit gigi untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi?

Sejumlah praktisi kandungan menyebutkan, ibu hamil dianjurkan mengonsumsi obat jenis paracetamol (atau acetaminophene) karena cenderung lebih aman dan mampu meredakan sakit gigi untuk sementara. Namun, America Pregnancy Association menyarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan.

Selain itu, antibiotik seperti amoxicillin, ampicillin, penicillin juga cenderung aman untuk dikonsumsi. Namun, sekali lagi diingatkan, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu, ya agar Anda diberikan antibiotik yang sesuai.

Nah, yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah obat-obat yang sebaiknya dihindari. Sejumlah penelitian menyebutkan, mengonsumsi obat kombinasi tertentu (seperti oxycodone dan paracetamol/acetaminophen) dapat menyebabkan cacat pada kandungan, lho. Selain itu, sebaiknya hindari juga mengonsumsi ibuprofen dan aspirin, ya!

Nah, dengan artikel tersebut, kini Anda bisa menentukan obat sakit gigi untuk ibu hamil yang ampuh dan aman untuk dikonsumsi. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi