Jamu Tradisional yang Baik bagi Kesehatan Wanita

Jamu tradisional

Jamu tradisional seringkali enggan dikonsumsi karena berbagai alasan. Padahal, jamu tradisional memiliki manfaat yang sangat beragam apalagi untuk kesehatan kaum wanita seperti kunyit asam yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi dan mengurangi bau badan.

Go Dok Apakah Anda sering mengonsumsi jamu tradisional? Jamu adalah obat-obatan tradisional Indonesia yang resepnya diwariskan turun temurun oleh nenek moyang bangsa. Jamu umumnya terbuat dari berbagai macam rempah yang dapat diperoleh dengan mudah, seperti kunyit, asam jawa, dan temulawak.

Namun meskipun jenis pengobatan ini sudah menjadi ciri khas nusantara, ada beberapa orang yang enggan mengonsumsinya karena berbagai alasan. Rasa jamu tradisional yang pahit masih menjadi alasan utama membuat banyak orang menjauhinya. Selain itu masih tidak ada catatan medis yang mendukung pengobatan jenis ini. Sehingga kaum milenial lebih memilih obat resep dokter daripada jamu.

Sebenarnya, jamu tradisional memiliki banyak manfaat bagi tubuh, lho. Terutama bagi kaum wanita. seperti yang disebutkan oleh Ben-Arye, seorang peneliti Israel dalam penelitiannya. Mau tahu lebih lengkapnya?

Yuk, simak daftar jamu tradisional yang baik bagi kesehatan wanita dan penjelasannya berikut!

1. Kunyit asam

Jamu kunyit asam merupakan salah satu jamu  yang paling populer dikonsumsi di Indonesia. Jamu tradisional ini ternyata sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi dan mengurangi bau badan, lho.

Curcuma Domestica (kunyit) dan Tamarindu Indica L. (asam) juga terbukti dapat menurunkan level glukosa dalam darah, sehingga dapat membantu penderita diabetes melitus. Selain itu, kunyit asam juga berkhasiat untuk:

2. Jamu uyup-uyup

Pernah mendengar jamu tradisional yang satu ini? Ya, jamu  uyup-uyup memang kurang populer dibandingkan dengan kunyit asam. Namun bukan berarti manfaat jamu ini lebih sedikit dari jamu lainnya, ya. Jamu uyup-uyup dikenal sangat bermanfaat bagi wanita, khususnya ibu hamil. Karena dapat:

  • Meningkatkan produksi ASI
  • Menghilangkan bau badan pada ibu dan bayinya
  • Mengatasi kembung.

Bahan dasarnya tidak sulit didapatkan, lho. Cukup dengan mencampur kencur, jahe, temugiring, kunir, temulawak, bengle, laos, dan puyang, Anda sudah dapat mengonsumsi jamu penuh manfaat ini.

3. Jamu galian singset

Nah, jamu tradisional yang satu ini sangat populer di kalangan wanita muda. Pasalnya, jamu galian singset sangat bermanfaat untuk mengencangkan tubuh, dan merawat organ kewanitaan. Jamu galian singset terbuat dari 12 rempah tradisional, yaitu kencur, temulawak, kunyit, asam jawa, kayu manis, merica, laos, serai, kunyit, cengkeh, kapulaga, dan ketumbar.

Jamu ini juga sudah banyak diproduksi oleh pabrik-pabrik dalam kemasan instan, sehingga Anda tidak perlu repot-repot meramu sendiri di rumah.

4. Kunci sirih

Jika Anda kesulitan menemukan kunyit dan asam jawa, Anda dapat mencoba jamu kunci sirih. Sesuai namanya, jamu tradisional ini terbuat dari dua bahan utama, yaitu kunci dan daun sirih. Bahan lain seperti daun luntas, jahe, kencur, kapulaga, kayu manis, asam jawa, batang serai, gula merah, buah jeruk nipis, dan air garam terkadang ditambahkan untuk memperkaya rasa.

Jamu tradisional ini terkenal ampuh untuk mengatasi masalah keputihan pada wanita, merapatkan bagian kewanitaan, memperkuat gigi, dan dapat menghilang bau badan yang tidak sedap.

Apakah anda berminat mencobanya?

 

Baca juga:

Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.