Jaga Tubuh dari Ancaman Penyakit yang Muncul Saat Lebaran

Penyakit yang muncul saat lebaran

Penyakit yang muncul saat lebaran ; Walaupun setiap orang dapat terserang gangguan kesehatan yang berbeda, setidaknya terdapat beberapa penyakit yang kerap muncul ketika Hari Raya Lebaran tiba. Mau tahu apa saja?

 

Go Dok – Momen kemenangan ketika Hari Raya Lebaran seharusnya dirayakan dengan penuh sukacita dan gegap gempita. Nah, agar kemeriahan momen hari raya tetap terjaga, Anda harus tetap waspada terhadap ancaman penyakit yang muncul saat Lebaran tiba, agar kondisi tubuh tetap bugar selama bersilahturahmi dengan anggota keluarga di kampung halaman.

Bagi mereka yang tidak menjaga asupan vitamin dan mineral selama sebulan penuh menjalani ibadah puasa, tidak menutup kemungkinan harus melewati momen Lebaran dengan kondisi yang tidak sehat dan stamina yang lemah.

Walaupun setiap orang dapat terserang gangguan kesehatan yang berbeda, setidaknya terdapat beberapa penyakit yang kerap muncul ketika Hari Raya Lebaran tiba. Mau tahu apa saja?

Simak terus penyakit yang muncul saat lebaran di bawah ini, ya!

1. Flu dan demam

Gejala bersin dan demam yang disertai batuk dan sakit kepala sepertinya menjadi penyakit langganan yang muncul saat Lebaran, ya! Wajar saja, ketika sebulan penuh berpuasa, tidak sedikit di antara kita yang mengalami pelemahan sistem imun akibat dari perubahan pola makan dan tidur.

Akibat perubahan pola tersebut, metabolisme tubuh otomatis masih mengalami penyesuaian sehingga virus dan bakteri cenderung lebih mudah untuk menyerang sistem imun tubuh.

Selain itu, bagi Anda yang tidak mampu mengatur pola makan saat berbuka puasa, seperti menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menyantap sayur dan buah saat makan malam juga bisa dengan mudah terserang flu. Jika tidak memperbaiki pola tersebut, tidak menutup kemungkinan flu terus terjadi hingga Lebaran tiba.

Selain kesalahan pola hidup saat berpuasa, flu dan demam juga bisa terjadi karena daya tahan dan stamina tubuh yang melemah sehabis melakukan perjalanan menuju kampung halaman. Bagi Anda yang melakukan perjalan menggunakan angkutan umum, penyebaran penyakit juga bisa terjadi di antara penumpang, lho.

Sebenarnya, flu dan demam dapat hilang dengan sendirinya, tanpa memerlukan pengobatan khusus. Gejala demam dan peradangan hanyalah sebuah bentuk metabolisme tubuh ketika sedang melawan bakteri atau virus yang sedang menyerang tubuh. Jangan lupa untuk tetap menjaga stamina dengan tidur 7-8 jam sehari serta menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan meminum 8 gelas air putih setiap hari.

2. Sembelit

Gangguan pencernaan yang satu ini jadi salah satu penyakit yang muncul saat lebaran yang harus Anda waspadai, lho. Penyebab utamanya serupa dengan penyakit sebelumnya, karena kesalahan pola hidup yang dilakukan selama berpuasa sebelumnya.

Kebiasaan seseorang yang kurang minum air putih ketika berbuka puasa dan saat sahur menjadi penyebab utama seseorang dapat terkena sembelit. Pilihan menu berbuka seperti gorengan dan makanan berminyak lainnya, dibandingkan memilih buah dan menu sayur juga menjadi alasan lain mengapa Anda bisa menderita sembelit, sejak berpuasa hingga Lebaran tiba.

Jangan tunda untuk segera memperbaiki pola makan Anda, ya, dengan memperbanyak makanan yang kaya kandungan serat dan air. Sebab jika tidak, sejumlah komplikasi bisa muncul, mulai dari radang usus hingga wasir, lho!

3. Kolesterol dan diabetes

Setelah Anda diwajibkan menahan pola makan selama sebulan penuh saat berpuasa, momen Lebaran seringkali dijadikan ajang ‘balas dendam’ dengan segera melahap segala makanan yang ada di depan mata. Apalagi jika bertepatan dengan momen berkumpul bersama keluarga besar, di mana segala sajian berlemak dan penuh santan disajikan di rumah.

Ragam sajian seperti, rendang, soto betawi, dan gulai kambing yang tinggi lemak tentunya dapat meningkatkan risiko Anda terkena kolesterol, bukan. Selain itu, melimpahnya kudapan manis seperti kue, puding, sirup, dan soda juga dapat mengancam meningkatnya kadar gula darah Anda, lho.

4. Asam urat

Selain sajian di atas, jangan lupa dengan santapan kaya lemak seperti jeroan dan seafood pun kerap hadir mengisi keramaian saat Lebaran tiba. Hati-hati, bagi Anda yang memiliki riwayat asam urat, nih!

Kedua jenis makanan di atas, ternyata mengandung zat purin yang tinggi, sehingga meningkatkan risiko Anda terkena nyeri pada sendi sebagai gejala asam urat. Maka dari itu, jangan menjadikan momen Hari Raya Lebaran sebagai ajang ‘ balas dendam’, ya!

Batasi diri Anda dan tetap bijak dalam mengkonsumsi makanan agar tubuh juga tidak kembali melar. Lagipula, bukankah sesuatu yang dilakukan berlebihan itu tidak baik?

Beruntung bagi Anda yang tetap menjaga pola hidup sehat dan mampu menjaga nafsu ketika Lebaran tiba, sehingga tidak terlalu khawatir akan ancaman penyakit yang muncul saat Lebaran seperti yang disebutkan di atas. Selamat merayakan Hari Raya Lebaran!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.