Jadwal Makan Bayi untuk Menjaga Pertumbuhan yang Optimal

Jadwal makan bayi ; Penting untuk mengetahui jadwal paling tepat saat hendak memberikan bayi asupan makanan. Mau tahu seperti apa rumus jadwal makan bayi yang tepat agar kecukupan gizi bayi dapat terpenuhi dengan tepat?

Jadwal makan bayi ; Penting untuk mengetahui jadwal paling tepat saat hendak memberikan bayi asupan makanan. Mau tahu seperti apa rumus jadwal makan bayi yang tepat agar kecukupan gizi bayi dapat terpenuhi dengan tepat?

 

Go Dok – Menjaga asupan makanan merupakan kegiatan penting dalam pertumbuhan bayi, baik dari segi kecukupan gizi maupun ketepatan jadwal makan bayi setiap hari. Kecukupan gizi penting agar pertumbuhan fungsi tubuh dan perkembangan otak bayi dapat optimal. Jadwal yang tepat juga penting untuk membagi waktu antara pemberian susu formula dengan bubur bayi.

Bagi bayi yang baru lahir, aktivitas makan akan menjadi kegiatan yang sangat sering dilakukan, mengingat ukuran perutnya yang masih kecil sehingga memicunya untuk minta diisi terus menerus. Namun, memberikannya secara berlebihan pun juga dapat membuatnya malas untuk makan.

Jadi, penting untuk mengetahui jadwal paling tepat saat hendak memberikan bayi asupan makanan. Mau tahu seperti apa rumus yang tepat agar kecukupan gizi bayi dapat terpenuhi dengan tepat?

Berikut jadwal makan bayi untuk menjaga pertumbuhan yang optimal!

Seperti yang sudah disebutkan, susu formula dan ASI menjadi menu andalan yang harus terus tercukupi bagi bayi. Namun perlu diingat, memberikan susu formula kepada bayi yang baru lahir akan membuatnya kenyang lebih lama karena kandungannya yang lebih sulit dicerna. Akibatnya, jadwal makan bayi menjadi lebih lama.

Berbeda halnya dengan memberikan bayi ASI eksklusif. Sifat dan kandungannya yang lebih mudah dicerna, membuat bayi dapat terus merasa lapar sehingga jadwal pemberian makannya menjadi lebih cepat.

Jika bayi Anda sudah berusia enam bulan ke atas, tentunya ada perubahan jadwal makan. Berikut rutinitas jadwal makan bayi di atas enam bulan yang bisa bunda coba!

  • 07: 30 – Bangun tidur dan memberikan sarapan. Di usia ini, bayi sudah bisa mengonsumsi bubur. Namun, ASI atau susu formula tetap menjadi asupan pertama bayi Anda. Bubur bayi diberikan agar merangsang bayi untuk berlatih mengonsumi makanan lunak.
  • 09: 30 – 10: 30 – Biasanya bayi Anda akan tidur siang di jam-jam ini. Namun, Anda bisa memberikan susu kepada bayi Anda jika ia menginginkannya.
  • 12:00 – Anda bisa menyiapkan bayi Anda untuk makan siang. Menu yang bisa Anda sajikan berupa daging, buah dan sayuran yang sudah dilunakkan.
  • 12:30 – Bayi anda akan melakukan tidur siang keduanya.
  • 13:30 – Di jam ini, Anda bisa memberikan susu ASI atau susu formula kembali.
  • 15:30 – Bayi anda akan melakukan tidur siang ketiga kali.
  • 16:30 – Memberikan susu kembali kepada bayi Anda.
  • 18:00 – Anda bisa memberikan makan malam kepada bayi Anda. Di jam segini, disarankan untuk memberikan makanan yang mengandung sayur-sayuran.
  • 19:30 – Sebelum bayi Anda tidur malam, Anda bisa memberikan kembali asupan ASI atau susu formula.

Selalu ingat untuk memberikan ASI dan susu formula sebagai asupan utama bayi agar nutrisinya terpenuhi. Walau bunda sudah bisa memberi bayi makanan lunak, tetapi jangan pernah lewatkan untuk memberikan bayi Anda asupan yang paling penting untuk dikonsumsi setiap harinya.

Bagaimana, apakah materi jadwal makan bayi di atas sudah cukup menginspirasi bunda dalam membantu proses perkembangan si buah hati? Selamat mencoba!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

GA/PJ/MA

Referensi