Introvert ; Gejala dan Jenis Perilakunya

Introvert

Introvert bisa didefinisikan sebuah kondisi atau kecenderungan untuk merasa nyaman secara sebagian maupun keseluruhan dengan dirinya sendiri dan hal yang disukainya. Lalu, bagaimana gejala dan jenis perilaku seorang introvert?

 

Go Dok Kata introvert memang sudah familiar terdengar di teliga khalayak berbagai kalangan. Namun, kebanyakan dari mereka memaknainya seperti pendiam, pemalu atau penyendiri. Bahkan beberapa pelaku bully menyebut golongan orang-orang ini memiliki fobia dalam bersosialisasi yang seringkali diasosiasikan sebagai penyimpangan perilaku. Kejam, ya?

Pada kenyataannya, para psikolog menyebutkan bahwa orang-orang yang memiliki sifat introvert bisa dengan mudah bersosialisasi, lho. Namun, mereka memilih untuk tidak melakukannya. Bahkan, mereka merupakan pendengar yang baik dan mampu mengerti apa yang sebenarnya dirasakan oleh lawan bicaranya. Menarik, bukan?

Nah artikel yang satu ini bisa membawa Anda mengenal lebih jauh tentang apa itu introvert. Mau tahu lebih banyak? Scroll terus ke bawah, ya!

Mengenal introvert

Menurut pakar psikologi, introvert bisa didefinisikan sebuah kondisi atau kecenderungan untuk merasa nyaman secara sebagian maupun keseluruhan dengan dirinya sendiri dan hal-hal yang disukainya.

Pelakunya bereaksi secara berbeda dengan rangsangan yang ada dihadapannya. Mereka cenderung lebih mudah mengenali sebuah stimulan dan langsung memikirkan bagaimana respon yang tepat untuk menanggapi stimulan tersebut. Sayangnya, sebagian pengidap introvert seringkali merasa kelelahan atau kebingungan saat menghadapi stimulan dengan tingkatan di luar kapasitas mereka.

Gejala karakter introvert

Mungkin Anda termasuk seorang yang pemalu atau merasa lebih senang menyendiri dan senang dengan zona nyaman tersebut. Namun, hal tersebut belum bisa dijadikan indikator bahwa Anda merupakan seorang introvert. Pasalnya, ada beberapa kondisi yang menentukan apakah Anda seorang yangmengalami kondisi ini atau bukan, misalnya:

  • Menikmati waktu dengan diri Anda sendiri
  • Menyukai pekerjaan yang dilakukan seorang diri
  • Merespon pertanyaan di antrian paling akhir
  • Melihat sesuatu secara mendetail
  • Menunggu untuk ditanya tentang sebuah opini dari pada mengusulkan pendapat
  • Memilih untuk menggunakan earphone di keramaian
  • Menghindari orang-orang yang terlihat pemarah atau mudah kesal.

Jenis-jenis perilaku introvert

Setidaknya, ada empat jenis introvert, berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan kepada 500 orang dengan durasi yang cukup lama. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa karakternya secara umum bisa dibedakan secara sosial dan secara pemikiran.

Introvert secara sosial 

Merupakan jenis yang paling banyak dikenal dalam benak masyarakat luas. Orang-orang dengan karakter ini lebih memilih untuk tinggal di rumah dengan membaca buku atau mengutak-atik laptop. Lalu, mereka juga hanya bergaul dengan orang-orang terdekat dan yang dapat dipercaya saja.

Beberapa sifatnya yang berlebihan membuat seseorang tidak merasa nyaman dengan orang-orang baru di sekitarnya sehingga mereka lebih memilih menjauh dari kerumunan untuk menghindari interaksi sosial yang lebih intens lagi.

Introvert secara pemikiran 

Merupakan sebuah identifikasi baru pada karakter ini. Orang-orang dengan karakter ini terlihat normal saat mereka berinteraksi dengan khalayak ramai. Namun, mereka cenderung memiliki sudut pandang dan solusi yang lebih kreatif akan sebuah situasi.

Jika Anda menyukai serial Harry Potter, karakter ini tercermin pada Luna Lovegood dibandingkan dengan Neville Longbottom. Mereka yang memiliki karakter ini terkadang sadar dan mampu mengendalikan sifat introvert ini, lho.

Nah, setelah mengenalnya lebih dekat, seharusnya Anda sudah bisa membedakan mana yang betul-betul introvert atau hanya sekadar membutuhkan me time. Jika Anda menemukan seseorang dengan karakter ini, pun, jangan sampai menjaga jarak dan ajak mereka untuk tetap bersosialisasi dengan sekitarnya.

Baca juga:

Kini Anda bisa tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

 

RZ/TP/PJ

Referensi