Inilah Alasan Anda Harus Tidur Tanpa Make Up

tidur tanpa make up

Go Dok – Tidur tanpa make up – Ladies, seringkali, setelah lelah beraktivitas seharian, Anda menjadi malas dan lupa membersihkan make up yang telah menempel di wajah sejak pagi hingga malam. Alih-alih mengambil cleanser dan kapas, Anda justru langsung menjatuhkan diri ke tempat tidur dan terlelap sesudahnya. Apakah Anda salah satu yang memiliki kebiasaan ini? Jika iya, hentikan segera! Pasalnya, kebiasaan tidak membersihkan make up dan maskara sebelum tidur dapat berdampak buruk kulit wajah Anda. Mau tahu apa saja alasan Anda harus tidur tanpa make up? Mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Alasan mengapa Anda harus tidur tanpa make up

Harus Anda tahu, malam hari merupakan waktu terbaik bagi kulit Anda untuk memulihkan kembali dirinya dan memperoleh manfaat anti-aging. Pasalnya, di waktu malam, kulit Anda tidak harus berkutat dengan efek cahaya matahari yang merusak, polusi, dan suhu ekstrem yang bisa menyebabkan kekeringan. Dr. Amy Derick, MD, menjelaskan bahwa ketika Anda tidur, kulit akan memulihkan dirinya dari seluruh trauma yang diperoleh sepanjang hari.

Karenanya, penting bagi Anda untuk membersihkan make up dan maskara sebelum tidur di malam hari. Pasalnya, make up membawa seluruh kotoran yang Anda peroleh seharian menempel di permukaannya. Gunakan kapas atau handuk bersih untuk mengelap wajah Anda setelah mencuci muka dan membersihkan maskara. Permukaan kulit wajah yang bersih akan mempermudah krim wajah dan pelembap terserap ke dalam kulit Anda dan membantu wajah memulihkan diri sepanjang malam. Jadi, ada baiknya Anda menjadikan tidur tanpa make up sebagai kebiasaan rutin, begitu pula dengan mengoleskan pelembap.

Apa yang terjadi jika Anda tidur memakai make up?

Tidak menjadikan tidur tanpa make up sebagai kebiasaan rutin bisa jadi merupakan kesalahan terbesar bagi Anda dan kesehatan kulit wajah Anda. Pasalnya, jika Anda lupa membersihkan make up sebelum tidur, hal-hal ini akan terjadi pada kulit wajah Anda :

  • Lekas menua, di mana saat Anda tidur tanpa makeup, kulit wajah akan memulihkan dirinya. Sebaliknya, saat Anda lupa membersihkannya, keriput akan lebih cepat muncul di wajah. Pasalnya, foundation yang Anda kenakan sepanjang hari telah terekspos dan ditempeli oleh berbagai polutan serta bakteri dari lingkungan. Hal ini akan mencegah kulit Anda memperbarui diri sehingga menimbulkan keriput lebih cepat.

  • Rentan muncul jerawat dan komedo, karena foundationyang Anda kenakan, selain mempercepat penuaan kulit wajah, juga dapat menyumbat pori-pori wajah dan mengundang bakteri, yang kemudian akan menyebabkan munculnya jerawat.

  • Muncul kemerahan pada wajah, jika Anda memiliki kulit wajah sensitif, lupa tidur tanpa makeup dapat membuat kulit wajah Anda lebih rentan terhadap timbulnya bercak kemerahan. Pasalnya, make up membuat kandungan penyebab iritan terperangkap di kulit wajah Anda.

  • Kulit kekeringan, di mana saat Anda lupa membersihkan makeup, kulit wajah Anda tidak dapat melembapkan diri secara sempurna di malam hari. Hasilnya, kulit wajah akan menjadi semakin kering dari hari ke hari.

  • Bibir kering, tak hanya kulit wajah, bibir Anda pun akan rentan terhadap kekeringan jika lipstik yang membalutnya seharian tidak dibersihkan. Hal ini akan menjadikan bibir Anda pecah-pecah dan tak enak dipandang.

Nah, itulah alasan mengapa Anda harus tidur tanpa make up di malam hari. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

Referensi