Ini yang Terjadi Saat Hamil 20 Minggu

hamil 20 minggu

Baru-baru ini model Fahrani mengumumkan dirinya sedang hamil 20 minggu. Apa yang biasanya ibu hamil rasakan dan bagaimana perkembangan janin di usia kehamilan 20 minggu?

Sebelum dibahas lebih lanjut, Bunda perlu tahu bahwa kehamilan 20 minggu atau bulan kelima sudah masuk ke trimester kedua. Umumnya, di usia kehamilan ini merupakan masa ternyaman ibu hamil. Sebab morning sickness umumnya tak lagi di rasakan.

Yuk, simak pemaparan kondisi hamil 20 minggu seperti sekarang dialami Fahrani, dikutip dari WebMD

1. Emosi lebih stabil

Pada trimester ini, emosi ibu hamil akan lebih stabil dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Morning sickness sudah jauh berkurang di usia kehamilan ini.

2. Nafsu makan meningkat

Saat hamil 20 minggu, umumnya ibu hamil mengalami peningkatan nafsu makan. Perubahan fisik ibu hamil pun akan semakin terlihat.

Agar berat badan nggak meningkat drastis, kita bisa mengimbanginya dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki.

3. Cepat lelah 

Saat hamil 20 minggu, sering kali muncul keluhan seperti mudah lelah, sakit punggung, pegal-pegal, serta pinggang atau otot terasa linu. Disarankan pada periode ini untuk menggunakan sepatu dengan tumit datar agar tidak cepat lelah.

Saat tidur mulailah untuk meninggikan posisi kaki dengan ganjalan bantal. Hal ini untuk menghindari pembengkakan.

4. Muncul stretch marks

Stretch mark juga bisa jadi muncul jelas dan gatal di usia kehamilan 20 minggu. Sebaiknya jangan digaruk, melainkan cukup diusap-usap saja.

Pada masa ini, kurangi banget makan makanan yang digoreng atau pedas ya, Bun. Selain itu, konsumsilah air putih yang cukup dan oleskan krim di sekitar perut, paha, dan bokong untuk mencegah stretch marks makin banyak.

5. Sakit di bagian bawah perut

Pada masa ini, muncul rasa sakit di bagian bawah perut. Bunda juga cenderung mudah merasa pusing saat bangkit dari duduk.

Itulah kondisi ibu hamil di usia kandungan 20 minggu.

Nah, bagaimana dengan perkembangan janinnya? Berikut ini pemaparannya:

1. Rambut tumbuh di kepala janin

Rambut mulai tumbuh di kepala janin, serta mulai muncul rambut-rambut halus di bahu dan punggung. Rambut-rambut halus ini disebut lanugo.

2. Kulit janin ditutupi lapisan putih

Kulit janin ditutupi oleh lapisan putih yang disebut dengan vernix caseosa. Vernix caseosa merupakan lapisan yang melindungi kulit janin dari paparan cairan ketuban sebelum dilahirkan.

3. Gerakannya mulai terasa

Saat hamil 20 minggu, janin melakukan lebih banyak gerakan karena sedang mengembangkan dan melatih ototnya. Jenis kelamin bayi juga sudah terlihat.

4. Ukuran janin 25,4 Cm

Ukuran janin pada usia kehamilan 20 minggu sekitar 25,4 cm dan beratnya sekitar 226 gram-500 gram. Kalau berat janin kurang, ibu hamil disarankan makan protein lebih banyak.

Sumber: haibunda.com

Content partnerhaibunda.com