Ini yang Perlu Disiapkan Jika Pria Ingin Memanjangkan Rambut

Memanjangkan rambut bagi pria

Memanjangkan rambut bagi pria bukanlah perkara yang mudah dan bisa dilakukan begitu saja. Anda harus memperhatikan model rambut, mempertimbangkan bentuk wajah, dan perawatan yang lebih dibandingkan saat memiliki rambut pendek.

Go Dok Beberapa tahun belakangan, rambut panjang sedang menjadi tren di kalangan para pria. Namun, memanjangkan rambut bagi pria sebenarnya bukan hal yang mudah dan bisa dilakukan begitu saja.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan atau dilakukan sebelum seorang pria mulai memanjangkan rambutnya. Apa saja?

Berikut hal yang perlu disiapkan jika pria ingin memanjangkan rambut!

1. Ketahui model rambut yang diinginkan

Saat memanjangkan rambut, sebaiknya perhatikkan terlebih dahulu model rambut yang cocok dengan bentuk muka Anda. Model rambut bisa juga disesuaikan  dengan memperhatikkan tipe rambut yang Anda miliki seperti rambut bergelombang, lurus dan kriting terlebih dahulu.

2. Pertimbangkan bentuk wajah Anda

Potongan rambut akan memberi nilai lebih atau mengurangi fitur wajah Anda. Sehingga sangatlah membantu apabila potongan rambut nantinya dipikirkan dengan matang oleh Anda.

Misalnya, model Shags dapat menyamarkan telinga atau hidung besar. Sementara potongan panjang tanpa tekstur atau layer tidak mengubah apa-apa selain malah semakin menonjolkannya.

3. Hindari stres

Stres yang dimaksud disini adalah stres pada rambut. Hhindari tekanan pada rambut panjang Anda. Ini artinya, Anda tidak boleh mengeringkan rambut dengan cara digosok menggunakan handuk seperti yang selama ini dilakukan. Anda harus mulai mengeringkan dengan cara menyatukan rambut lalu memerasnya dengan lembut sampai kelembapan berlebih hilang dari rambut.

Hindari juga pengeringan menggunakan hairdryer terlalu sering. Jangan juga menyisir rambut dalam keadaan basah. Ini bisa menyebabkan rambut Anda mudah rontok dan patah.

4. Kurangi keramas, seringlah Menggunakan Kondisioner, dan potonglah secara rutin

Kalau kebiasaan Anda saar ini keramas setiap hari, hentikan. Terlalu sering keramas dapat membuat rambut kering, rambut kering menjadikannya lemah, dan rambut Anda membutuhkan kekuatan. Jadi fokuslah pada penggunaan kondisioner untuk membangun kekuatan itu. Anda bisa melakukannya setiap hari namun jagalah agar keramas hanya 2 atau 3 kali seminggu.

Hanya karena menginginkan rambut panjang, bukan berarti Anda harus melewatkan jadwal memangkas rambut. Ketika sudah waktunya untuk dipangkas, lakukan setiap 2 hingga 3 bulan sekali. Yang dipangkas adalah ujung rambut bercabang dan mempertahankan bentuk rambut tanpa membatasi kemajuan dari proses yang sedang Anda jalani.

5. Ganti produk rambut yang Anda gunakan

Pomade, wax, dan gel dirancang untuk mereka yang berambut pendek. Ketika sudah mendapatkan rambut yang lebih panjang, Anda perlu menggantinya dengan krim perawatan, serum, atau kondisioner tanpa bilas untuk menjinakkan rambut. Produk-produk tersebut memang dirancang untuk mereka yang memiliki rambut sedang hingga panjang sehingga tidak memberatkan rambut.

Kunci dari memanjangkan rambut bagi pria adalah kesabaran. Sabar dalam menjalani proses demi mendapatkan rambut yang tak sekadar panjang namun kuat dan sehat. Selamat mencoba!

 

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.

YS/PJ/MA

Referensi