Ini Dia Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata

Menjaga kesehatan mata sangatlah penting agar selalu terjaga dan terhindari dari berbagai gangguan yang membuat Anda tidak nyaman. Menjaga asupan makanan menjadi alternatif pertama yang bisa dipraktikkan demi menjaga kesehatannya.

Go Dok Mata adalah salah satu organ vital yang perlu kita jaga kesehatannya. Dengan berkembangnya teknologi, sering kali kita justru terlalu banyak menghabiskan waktu untuk melekatkan pandangan ke layar ponsel. Fenomena ini pun tidak hanya terbatas untuk orang dewasa saja, tapi juga anak-anak. Hal tersebut tak jarang menjadi salah satu penyebab terganggunya kesehatan mata.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mata guna menghindari risiko-risiko yang tidak diinginkan. Tidak perlu khawatir, menjaga kesehatan mata tidak sulit, kok.

Mari Ikuti tips-tips menjaga kesehatan mata  di bawah ini!

1. Menjaga asupan makanan

Ternyata, makanan juga menjadi salah satu solusi untuk membantu menjaga kesehatan mata Anda. Selain wortel, ada beberapa makanan lain yang bisa dikonsumsi, seperti sayur-mayur berdaun hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, jeruk atau buah-buahan sitrus lain, dan sebagainya.

Makanan-makanan tersebut mengandung nutrisi seperti omega-3, lutein, zinc, serta vitamin C dan E. Sayur berdaun hijau kaya akan lutein, zeanxanthin, serta vitamin C. Sedangkan, ikan-ikan seperti salmon dan tuna mengandung omega-3, begitu pula kacang-kacangan. Di samping itu, jeruk serta buah-buahan sitrus kaya akan vitamin C, yang mengandung antioksidan untuk melawan kerusakan mata di usia senja.

Selain itu, perhatikan pula berat badan Anda. Obesitas atau kelebihan berat badan meningkatkan risiko diabetes dan gangguan sistem lainnya, seperti penyakit mata karena diabetes atau glaukoma. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada penglihatan hingga kebutaan.

2. Melindungi mata

– Radiasi Layar Komputer/Ponsel

Pilih posisi duduk yang nyaman. Pastikan bahwa ketika duduk, kaki dapat menjejak lantai. Hindari mengambil posisi tertidur miring. Posisikan layar agar sejajar dengan mata. Jika mata mengering, cobalah untuk lebih sering berkedip.

Jangan lupa untuk mengistirahatkan mata Anda setiap 20 menit sekali. Cobalah memandang objek yang jauh selama 20 detik, kemudian berdiri setiap 2 jam sekali.

Mata yang terlalu lama menatap layar akan mengalami gangguan, seperti pandangan yang memburam, mata mengering, atau bahkan sulit berfokus terhadap sesuatu dari jarak jauh. Jika gangguan pada mata tidak kunjung menghilang, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter.

– Perlindungan lainnya

Gunakanlah pelindung mata, seperti kacamata pengaman dan goggle, atau jenis pelindung mata lain khusus untuk aktivitas tertentu. Kebanyakan lensa pelindung mata terbuat dari polycarbonate, sebuah bahan yang 10 kali lebih kuat dari plastik biasa.

3. Memeriksa kesehatan mata

Pemeriksaan kesehatan mata secara rutin dapat membantu mencegah gangguan kesehatan mata yang mungkin terjadi. Meskipun mungkin pandangan terasa jelas atau baik-baik saja, banyak orang justru tidak tahu bahwa kesehatan mata mereka membutuhkan perawatan lebih dengan menggunakan bantuan kacamata atau lensa kontak. Banyak penyakit mata umum seperti glaukoma dan penyakit mata karena usia justru tidak memiliki gejala.

Dengan pemeriksaan mata, dokter akan mengetahui gejala kerusakan atau penyakit pada mata Anda. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

4. Berhenti merokok

Merokok adalah salah satu sumber penyakit, termasuk untuk mata. Merokok meningkatkan risiko katarak dan dapat merusak jaringan optik Anda, hingga bahkan menyebabkan kebutaan.

Menghentikan kebiasaan merokok memang tidak mudah, tetapi sangat patut dicoba. Anda juga bisa meminta bantuan dokter untuk berhenti merokok.

5. Menjaga kesehatan mata sedari dini

Untuk menghindari risiko gangguan mata di masa depan, ada baiknya Anda menjaga kesehatan mata si kecil sedari dini. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

  • Jaga asupan nutrisi dan vitaminnya, yaitu dengan memberikan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan ikan
  • Berikan mainan yang dapat membantu perkembangan visualnya
  • Perhatikan apakah pupil si kecil terlihat buram atau berawan
  • Hindari kontak langsung dengan matahari
  • Periksakan mata si kecil secara reguler.

Nah, itulah tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata. Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

YS/JJ/MA

Referensi