Ini Dia Langkah Langkah Pertolongan Pertama Tersedak

pertolongan pertama tersedak

Go DokPertolongan pertama tersedakTersedak merupakan hal yang wajar terjadi pada siapapun. Namun, bagaimana ceritanya jika Anda, atau orang lain di sekitar Anda, justru tersedak hingga kesulitan bernapas? Tentu hal ini bukan kasus tersedak yang ringan, ya. Namun, entah itu kejadian tersedak ringan maupun parah, Anda tetap harus mengetahui langkah-langkah pertolongan pertama tersedak secara keseluruhan. Apa sajakah langkah-langkah pertolongan pertama tersedak yang harus diketahui?

Berikut adalah daftar pertolongan pertama tersedak sekaligus penjelasan lengkapnya :

1. Pertolongan untuk kasus tersedak ringan

Jika jalur udara hanya setengah tersumbat, maka penderita biasanya tetap bisa berbicara, berteriak, terbatuk, dan bernapas. Dalam kasus ini, biasanya mereka bisa mengatasi kondisi tersedak sendirian. Langkah-langkah pertolongan pertama tersedak ringan adalah sebagai berikut :

  • Dorong penderita untuk tetap terbatuk-batuk, guna mendorong dan membersihkan objek yang tersumbat di tenggorokan,
  • Jika perlu bantu dengan menepuk-nepuk ringan punggungnya, dan
  • Ingat, jangan masukkan jari Anda ke dalam mulut penderita untuk membantunya, karena bisa saja secara tak sengaja Anda justru tergigit.
2. Pertolongan untuk kasus tersedak parah

Seseorang dikatakan tersedak parah jika dalam kondisi tersebut ia tidak bisa berbicara, berteriak, terbatuk, ataupun bernapas normal. Tanpa bantuan orang lain, umumnya penderita tidak bisa memulihkan dirinya sendiri, dan akhirnya akan pingsan karena kehabisan napas. Berikut adalah langkah-langkah pertolongan pertama tersedak parah yang harus Anda ketahui :

a) 5 Pukulan Punggung

  • Berdirilah di belakang penderita, dengan posisi agak mengarah ke salah satu sisi badannya. Sangga dada penderita dengan salah satu tangan Anda, kemudian arahkan penderita untuk bersandar ke arah depan, sehingga objek yang menyumbat tenggorokannya bisa keluar melalui mulut, dan tidak terdorong lebih dalam ke tenggorokan.
  • Berikan sebanyak lima pukulan tajam di antara tulang belikat penderita dengan tumit tangan Anda (tumit merupakan bagian di antara telapak dan pergelangan tangan).
  • Lalu periksalah apakah objek yang menyumbat tenggorokan penderita sudah keluar. Jika belum juga keluar, Anda bisa melakukan cara lainnya di bawah ini.

b) 5 Dorongan Perut (Heimlich Manuever)

  • Berdirilah di belakang penderita, lalu posisikan salah satu kaki Anda agak di depan kaki lainnya, untuk menjaga keseimbangan. Lingkarkan lengan dan tangan Anda di sekeliling pinggang penderita, dan dorong ia sedikit ke arah depan.
  • Lalu, bentuklah kepalan tangan pada salah satu tangan. Posisikan kepalan tersebut tepat di area uluhati penderita.
  • Genggamlah tangan yang membentuk kepalan dengan tangan lainnya. Tekan dengan keras ke dalam perut penderita, dengan satu dorongan yang cepat dan kuat, seperti gerakan mengangkat seseorang ke atas.
  • Lakukan gerakan tersebut sebanyak 6 hingga 10 rangkaian, sampai objek yang menyumbat tenggorokan penderita benar-benar terlepas.
3. Hubungi  instansi medis terdekat

Jika Anda adalah satu-satunya orang di dekat penderita, maka lakukan 5 pukulan punggung serta dorongan perut terlebih dulu, sebelum menghubungi instansi medis terdekat. Namun, jika ada orang lain selain Anda di sana, maka Anda dapat meminta orang lain untuk menghubungi rumah sakit, sementara Anda melakukan pertolongan pertama tersedak.

4. Pertolongan untuk penderita pingsan

Jika penderita kemudian pingsan, maka Anda tidak lagi perlu melakukan dorongan perut maupun pukulan punggung. Anda bisa langsung mempraktikkan Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) atau resusitasi jantung paru.

5. Pertolongan untuk diri sendiri

Jika saat tersedak, Anda seorang diri dan tidak ada orang lain yang membantu, maka Anda bisa melakukan pertolongan pertama tersedak pada diri Anda sendiri. Namun sebelum itu, hubungi rumah sakit terdekat. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Letakkan salah satu tangan yang mengepal tepat di atas pusar Anda,
  • Genggam kepalan tangan ini dengan tangan Anda yang satu lagi, kemudian membungkuklah pada sebuah permukaan yang keras (kursi atau meja).
  • Kemudian dorong kepalan tangan Anda naik dan turun, menghantam bagian perut. Lakukan langkah ini hingga objek yang tersumbat keluar dari tenggorokan Anda.

Nah, itu dia berbagai langkah pertolongan pertama tersedak yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi