Ini Dia Langkah Langkah Pertolongan Pertama Keseleo (Sprain)

Pertolongan pertama keseleo

Go DokPertolongan pertama keseleoSaat tengah berolahraga, atau beraktivitas berat,  tak sedikit dari Anda kemudian melakukan gerakan yang salah, dan berakhir dengan kondisi keseleo. Kondisi ini sering dialami oleh semua orang, dan biasanya mereka yang terkena akan langsung melaksanakan penanganan sendiri dengan memijat bagian tubuh yang mengalami keselo. Namun, ternyata memijat kaki atau tangan keseleo bukanlah langkah tepat untuk menyembuhkan kondisi ini, lho! Lalu, apa saja langkah-langkah pertolongan pertama keseleo yang direkomendasikan kalangan medis? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya :

Ikuti langkah RICE untuk pertolongan pertama keseleo
  • Rest(Istirahat), merupakan langkah pertolongan pertama keseleo yang direkomendasikan. Istirahatkan kaki, lutut, atau tangan yang keseleo, dan jangan menggunakannya untuk menahan maupun mengangkat beban selama 48 jam setelah keseleo. Hal ini mungkin dapat dibantu dengan kruk atau alat penopang lainnya. Namun, bukan berarti Anda harus menghindari semua aktivitas. Anda masih bisa melakukan kegiatan sehari-hari, seperti makan, mandi, dan sejenisnya.

  • Ice(Es batu), alias mengompres bagian yang terkena keseleo menggunakan kompres es. Hal ini akan membatasi pembengkakan setelah terjadinya keseleo. Cobalah untuk mengompres area yang keseleo dengan es sesegera mungkin, dan tahan kompresan tersebut selama 15 – 20 menit. Hal ini dianjurkan untuk dilakukan sebanyak 4 – 8 kali dalam sehari, selama 48 jam pertama setelah Anda mengalami keseleo. Namun ingat, jangan mengompres terlalu lama, karena dapat menyebabkan kerusakan jaringan.

  • Compress(Tekan dan Tahan), tekan area tubuh yang mengalami keseleo dengan bungkus elastis, atau perban.

  • Elevate(Angkat), angkatlah area kaki, tangan, maupun lutut yang menderita keseleo ke posisi yang lebih tinggi dari dada Anda. Untuk hal ini, Anda bisa menggunakan bantal atau kursi empuk untuk meninggikan area keseleo. Hal ini dapat mencegah atau membatasi pembengkakan yang mungkin terjadi.

Konsumsi obat pereda rasa sakit

Langkah pertolongan pertama keseleo yang selanjutnya adalah mengonsumsi pereda rasa sakit. Biasanya, keseleo juga akan menyebabkan rasa sakit dan nyeri yang cukup hebat sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk ini, Anda bisa mengonsumsi obat pereda rasa sakit yang umum dijual di apotek terdekat, seperti paracetamol, asam mefenamat, maupun ibuprofen.

Hindari HARM selama keseleo

Langkah terakhir pertolongan pertama keseleo adalah memastikan Anda menghindari 4 hal yang disebut HARM selama 72 jam setelah terjadinya keseleo, yaitu :

  • Heat(Panas), hindari hal-hal seperti mandi atau berendam air panas, sauna, ataupun kompres hangat.

  • Alcohol(minuman beralkohol), di mana mengonsumsi minuman beralkohol selama keseleo dapat meningkatkan pendarahan dan pembengkakan yang mungkin terjadi.

  • Running(Berlari), di mana olahraga lari bisa menyebabkan kerusakan lain pada area yang mengalami keseleo.

  • Massage(Pijat), di mana memijat bagian yang keseleo bisa meningkatkan risiko pendarahan dan pembengkakan.

Nah, itu tadi seluruh hal yang harus Anda ketahui mengenai pertolongan pertama keseleo. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi