Ini Dia Langkah-Langkah Pertolongan Pertama Flu

Langkah pertolongan pertama flu

Go DokPertolongan pertama fluPernahkah Anda menderita flu ketika pekerjaan atau tugas tengah menumpuk tinggi? Tentunya, di waktu-waktu seperti itu, Anda tidak bisa menderita sakit, apalagi flu. Namun, jika sudah terjadi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatasinya dengan cepat. Nah, apa sajakah langkah pertolongan pertama flu yang sesuai?

Simak daftar lengkap pertolongan pertama flu  berikut ini!

1. Istirahat dan tidur cukup

Langkah pertolongan pertama flu yang paling utama  adalah dengan mengistirahatkan diri, banyak berbaring, dan tidur dengan cukup. Waktu tidur yang dianjurkan untuk penderita flu adalah 7 – 9 jam dalam sehari, dan untuk ini, liburlah dari pekerjaan atau sekolah Anda, sebab virus flu sangat mudah menular pada orang-orang di sekitar. Istirahat yang cukup di tempat tidur akan membantu sistem imun Anda dalam memerangi virus flu yang menjangkiti.

2. Konsumsi banyak cairan

Mengonsumsi banyak cairan dalam bentuk air minum, sup hangat, ataupun jus dan buah-buahan adalah salah satu langkah pertolongan pertama flu yang dianjurkan. Ingat, jangan hanya mengonsumsi air putih, sebab tubuh Anda juga membutuhkan kandungan sodium dan potassium yang cukup untuk kembali memulihkan diri. Karenanya, konsumsi pula cairan yang mengandung garam dan gula untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Namun, ingat pula untuk menghindari kafein dan alkohol ya!

3. Penuhi kebutuhan vitamin C

Vitamin C sangat penting untuk tubuh Anda, dan mencukupi konsumsinya selama sakit adalah salah satu langkah pertolongan pertama flu yang sesuai. Pasalnya, vitamin C dapat meredakan gejala-gejala di awal datangnya flu. Sebuah studi menunjukkan bahwa dosis tinggi vitamin C, hingga 500 mg per hari, dapat meredakan gejala. Namun, harus Anda ingat untuk tidak terlalu banyak mengonsumsinya jika Anda juga memiliki penyakit magh atau penyakit lambung lainnya.

4. Berendam atau mandi air hangat

Mandi air hangat, atau berendam di dalam air hangat dapat Anda lakukan untuk menciptakan sauna pribadi. Kehangatan udara yang menjalari tubuh Anda nantinya dapat melembapkan dan mengencerkan ingus di dalam hidung Anda. Selain itu, Anda dapat pula mengusapkan balsam hangat di daerah hidung, kepala, dan tenggorokan untuk tujuan yang sama dan menghangatkan badan.

5. Mengonsumsi obat generik

Flu merupakan suatu penyakit yang cukup umum, di mana saat menderita gejalanya, Anda bisa langsung tahu bahwa jelas-jelas Anda tengah berkutat dengan flu. Untuk mengatasinya, banyak perusahaan obat yang telah memproduksi obat tablet maupun cair guna meredakan gejala-gejala flu. Obat-obat ini bisa Anda beli bebas, baik di apotek maupun supermarket terdekat. Obat-obatan tersebut biasanya mengandung ibuprofen serta paracetamol. Konsumsilah dengan takaran yang sesuai, dan ingatlah selalu untuk tidak berlebihan dan menuruti aturan pakainya. Jika flu yang Anda derita belumlah parah, tentu obat generik bisa meredakan gejalanya.

6. Langsung berobat ke dokter

Langkah pertolongan pertama flu yang paling pasti adalah langsung mengunjungi dokter untuk mendapatkan obat yang sesuai. Kunjungilah dokter dalam 48 jam pertama dari saat Anda menderita gejala flu. Biasanya, dokter akan meresepkan obat-obatan anti-virus yang dapat meredakan gejala flu dengan cepat. Namun, sekali lagi harus Anda ingat untuk mengonsumsinya sesuai anjuran dokter.

Nah, itu dia 6 langkah pertolongan pertama flu yang bisa Anda coba. Ingatlah pula untuk menghindari merokok dan mengonsumsi minuma beralkohol selama Anda menderita flu. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi