Ini Dia Kebiasaan Buruk yang Merusak Kuku

Kebiasaan buruk yang merusak kuku

Kebiasaan buruk yang merusak kuku salah satunya memanjangkan kuku jari. kuku merupakan salah satu sarang kuman dan bakteri, yang harus segera dibersihkan ketika sudah mulai terlihat kotor. Penumpukan kotoran di sela-sela kuku ini akan bertambah parah jika kuku Anda dibiarkan tumbuh terlalu panjang.

Go Dok Bagi wanita, kuku-kuku jari merupakan salah satu bagian tubuh yang cukup penting dalam mempercantik penampilan. Sudah sejak ratusan tahun lalu, para wanita gemar mewarnai kuku-kuku jari mereka demi menambah daya tarik pribadi.

Apkah Anda salah satu yang gemar mewarnai kuku-kuku jari? Jika iya, berhati-hatilah! Sebab, mewarnai kuku terlalu sering merupakan salah satu kebiasaan buruk yang  merusak kuku Anda. Apa sajakah kebiasaan-kebiasaan lainnya yang dapat merusak kuku Anda?

Berikut adalah daftar kebiasaan buruk yang merusak kuku lengkapnya :

1. Menumbuhkan kuku jari hingga terlalu panjang

Kebiasaan buruk yang merusak kuku pertama adalah membiarkannya tumbuh kelewat panjang. Harus Anda tahu, bahwa kuku merupakan salah satu sarang kuman dan bakteri, yang harus segera dibersihkan ketika sudah mulai terlihat kotor. Penumpukan kotoran di sela-sela kuku ini akan bertambah parah jika kuku Anda dibiarkan tumbuh terlalu panjang.

Tak hanya itu, kuku yang kelewat panjang juga lebih sulit dibersihkan dan menyebabkan kuku lebih mudah patah. Karenanya, potonglah kuku-kuku jari Anda secara rutin.

2. Menggigiti kuku jari

Yap. Tentu ada alasannya mengapa seorang ibu kerap melarang anaknya untuk menggigiti kuku-kuku jari. Selain karena kuku merupakan sarang kuman dan menggigitinya membuat kuman masuk ke dalam tubuh, menggigiti kuku juga bisa membuatnya cepat rusak.

Kuku yang rusak butuh waktu lama untuk kembali mulus seperti semula. Menggigiti kuku juga bisa melemahkan kuku dan membuat area di sekitarnya mudah terluka, sehingga mengundang infeksi bakteri.

3. Menggigiti kutikel kuku jari

Sama dengan menggigiti kuku, menggigiti kutikel kuku jari juga salah satu kebiasaan buruk  yang merusak kuku Anda. Pasalnya, menggigiti kutikel bisa membuatnya mudah terluka, dan luka terbuka ini akan membuat kuman serta bakteri mudah masuk serta menimbulkan infeksi. Berhati-hatilah saat melakukan perawatan menicure-pedicure di salon, dan minta petugas salon untuk tidak mengikis kutikel kuku Anda.

4. Mengelupasi bintil kuku jari

Bintil kuku merupakan bagian kulit yang mengelilingi kuku-kuku jari Anda, dan biasanya terasa sedikit keras dibandingkan kulit jari. Bintil kuku bertugas untuk melindungi kuku itu sendiri.

Mengelupasinya untuk membuat kulit lebih halus secara berlebihan dapat membuat kulit berdarah, terluka, dan membawa sel-sel kulit yng masih segar. Karenanya, berhatilah-hatilah saat memotong bintil kuku, jangan sampai mengikis terlalu banyak.

5. Terlalu sering mencuci tangan

Mencuci baju, mencuci piring, dan mencuci tangan adalah kegiatan yang sering dilakukan wanita. Namun, tahukah Anda bahwa terlalu sering terkena air dapat merusak kuku?

Ya, air dan kandungan di dalam sabun serta deterjen bisa merusak kuku. Karenanya, jangan lupa menggunakan sarung tangan saat mencuci baju dan peralatan makan, ya!

6. Memakai gel manicure setiap saat

Meskipun gel manicure dapat membuat kuku-kuku Anda terlihat lebih cantik dan mengilap, namun menggunakannya setiap saat dapat merusak kuku dan kulit jari Anda.

Pasalnya, setiap kali Anda mengaplikasikan gel tersebut, kandungan kimiawi di dalamnya dapat membuat kuku Anda menjadi lebih tipis dan lebih lemah, sehingga lebih mudah patah.

7. Terlalu sering menggunakan pembersih kuteks

Kebanyakan pembersih kuteks mengandung aceton yang dapat membuat kuku menjadi lemah dan lebih mudah patah. Karena itu, jangan terlalu sering menggunakannya. Atau Anda bisa memilih produk yang bebas-aceton untuk mengatasinya.

8. Menggunakan gunting biasa untuk memotong kuku

Hal ini sangat tidak disarankan dalam perawatan kuku. Pasalnya gunting biasa tidak sesuai ukurannya dan tidak dibuat untuk memotong kuku.

Anda harus memotong kuku mengikuti garis kuku, guna mencegah kuman menumpuk di sela dan pinggirnya. Karena itu, ingatlah untuk selalu menggunakan gunting kuku, ya!

Nah, itu dia beberapa kebiasaan buruk yang merusak kuku Anda. Cermati baik-baik, dan hentikan sekarang juga! Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.

SF/PJ/MA

Referensi