Ini Dia Daftar Obat Alami Ambeien

obat alami ambeien

Go Dok- Obat alami ambeien- Pernahkah Anda menderita ambeien, alias wasir? Jika pernah atau bahkan sedang mengalaminya, tentu hal ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Selain tak bisa berlama-lama duduk nyaman, perut juga akan terasa sakit sesekali. Tentu ada beberapa cara yang dapat menyembuhkan penyakit ini, mulai dari mengonsumsi obat yang diresepkan dokter, hingga menjalani operasi. Namun, tahukah Anda bahwa ada pula 8 obat alami ambeien?

Berikut adalah obat alami ambeien yang dimaksud:

1. Lidah buaya

Obat alami ambeien yang pertama adalah lidah buaya, yang bersifat anti-inflamasi. Pasalnya, sifat sejuk lidah buaya dapat melemaskan serta menenangkan pembuluh darah yang tengah meradang saat ambeien. Tak hanya itu, kandungan arakuinon dalam lidah buaya juga sanggup mengencangkan dinding saluran pencernaan Anda sekaligus melunakkan isi perut serta mendorongnya keluar dari tubuh. Untuk mengatasi ambeien, Anda dapat mengoleskan getah lidah buaya pada area dubur, lalu pijatlah secara perlahan. Dengan cara ini, Anda juga dapat merasakan sifat sejuk lidah buaya yang meredakan sensasi terbakar di area dubur akibat ambeien.

2. Perasan air lemon

Siapa sangka bahwa perasan air lemon dapat menjadi obat alami ambeien? Perasan buah yang kaya vitamin C ini dapat meredakan wasir dengan menguatkan dinding pembuluh darah dan pembuluh kapiler di sekitar dubur. Caranya? Mudah saja, Anda cukup mencelupkan sebuah cotton bud pada air perasan lemon, lalu oleskan cairan ini pada area sekitar dubur Anda. Memang, akan muncul berbagai sensasi, seperti gatal atau terbakar, namun hal ini tidak akan berlangsung lama. Tanpa disadari, wasir Anda akan segera sembuh.

3. Cuka apel

Telah lama, cuka apel dipercayai memiliki khasiat yang ampuh dalam mengobati ambeien. Anda dapat menggunakannya dengan mengoleskan sari cuka apel secara perlahan pada area dubur. Terus ulangi hal ini hingga peradangan pada dubur menghilang dan rasa sakit yang Anda rasakan mereda. Jangan lupa untuk membilasnya ketika mandi, ya!

4. Minyak zaitun

Obat alami ambeien selanjutnya adalah minyak zaitun yang memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi. Kedua kandungan tersebut terbukti efektif dalam meredakan peradangan yang timbul akibat ambeien. Tak hanya itu, meminum 1 sendok teh dan mengoleskan minyak zaitun ke area dubur juga dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah Anda serta mengecilkan pembengkakan.

5. Pepaya

Jarang yang tahu bahwa pepaya dapat pula dimanfaatkan sebagai obat alami ambeien. Pasalnya, pepaya memiliki kandungan zat papain yang efektif untuk melunakkan feses Anda secara bertahap. Hal ini akan memudahkan feses keluar dari tubuh, sekaligus meredakan gejala ambeien. Tak hanya itu, jika dikonsumsi rutin, kandungan vitamin C dalam papaya juga akan meredakan peradangan di sekitar dubur dan rektum. Hebat, bukan?

6. Daun sirih

Obat alami ambeien yang selanjutnya adalah daun sirih, yang juga kaya akan kandungan anti-inflamasi alami. Kandungan tersebut, beserta antibiotik alami yang dimiliki daun sirih menjadikannya efektif untuk meringankan gejala iritasi yang disebabkan ambeien. Anda dapat memanfaatkan kandungan daun sirih dengan berendam di dalam air daun sirih, dan disarankan untuk menggunakan air rebusannya yang masih hangat guna meringankan rasa nyeri.

Nah, itu dia 6 obat alami ambeien yang cukup penting untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk mendiskusikan permasalahan kesehatan Anda dengan Tim Dokter Go Dok, langsung dari Smartphone. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.