Ikuti Tips untuk Menjaga Kelanggengan Hubungan

Menjaga kelanggengan hubungan

Menjaga kelanggengan hubungan sangat penting untuk dilakukan setiap pasangan. Beberapa tips yang bisa Anda praktikkan yaitu dengan selalu membuat pasangan tertawa, tunjukan rasa hormat dan peduli pada pasangan, bercinta sesering mungkin hingga saling jujur satu sama lain.

Go Dok Dalam hidup, mungkin saja akan selalu ada halangan di setiap aspeknya. Namun ketika berbicara tentang hubungan, kita pasti akan memandang jauh ke dalam dan tidak ingin hal buruk merusaknya.

Namun bahkan ketika tidak diharapkan, masalah akan datang dan Anda harus mencari pertolongan untuk menjaga kelanggengan hubungan Anda. Ide hubungan yang sempurna tergantung pada masing-masing orang. Tidak ada yang dapat mengatakan secara pasti bagaimana cara yang tepat untuk menjaga hubungan yang Anda jalani.

Namun ada beberapa tips yang dapat membantu dalam menjaga kelanggengan hubungan dengan pasangan Anda.

Berikut beberapa tips untuk menjaga kelanggengan hubungan yang sedang Anda jalani!

1. Ketahui batasan Anda

Hal ini sangatlah penting. Anda mungkin ingin melakukan segalanya untuk pasangan. Namun perlu diingat, menjadi penyedia itu baik, namun tidaklah baik ketika hal ini sudah menjadi kebiasaan, maka dari itu Anda perlu belajar untuk berkata tidak.

Jika pasangan menginginkan sesuatu dan Anda pikir hal tersebut tidak mungkin untuk dilakukan, tolaklah. Percayalah kalau hal ini tidak akan membuatnya berhenti mencintai Anda.

Jika hal ini menjadi alasan pasangan meninggalkan Anda, biarkan ia pergi karena hubungan kalian sebenarnya tidak setulus kelihatannya.

2. Perlakukan pasangan denganpenuh hormat dan kepedulian

Dalam menjaga kelanggengan hubungan, sangat penting untuk selalu memperlakukan pasangan dengan baik. Entah dengan perilaku atau kepedulian Anda pada hubungan. Dengan cara ini, hubungan akan berjalan ke depan. Anda tidak perlu melakukan apa pun karena hubungan dengan pasangan akan selalu bertahan selamanya.

3. Bertengkarlah dengan wajar

Berargumen dan bertengkar adalah sesuatu yang umum dalam setiap hubungan. Ingatlah untuk mempermasalahkan sesuatu yang perlu diluruskan. Tapi dalam prosesnya, jangan pernah mengecilkan pasangan Anda. Hal tersebut tidak pernah menghasilkan sesuatu yang bagus.

Memiliki argumen yang masuk akal dan bertengkar dengan wajar mengenai sebuah topik atau masalah adalah cara untuk menyelesaikan permasalahan. Namun saling menunjuk dan meributkan topik yang tidak ada hubungannya dengan yang sedang dibahas bukanlah ide yang bagus.

4. Selalu membuat pasangam tertawa

Membuat pasangan selalu bahagia adalah cara terbaik untuk menjaga kelanggengan hubungan. Jika Anda membuat pasangan bahagia, dapat dipastikan kalau hubungan Anda akan bertahan selama puluhan tahun.

Humor menambah kebahagiaan dan membuat orang tertawa. Menambahkan humor ke dalam hubungan Anda dapat membuat ikatan menjadi kuat.

Lakukan kejahilan pada satu sama lain, berkelakar, membaca cerita lucu, dan saling meledek sambil bercanda dapat menjaga hubungan tetap stabil.

5. Bercinta sesering mungkin

Seks adalah cara untuk mengekspresikan rasa cinta dengan cara yang paling intim. Para ahli hubungan selalu menyarankan pasangan untuk bercinta sesering mungkin.

Kegiatan seks menjaga hormon agar tetap seimbang sehingga membuat Anda selalu stabil. Seks dapat membawa keintiman pada tingkat teratas dari sebuah hubungan.

6. Terimalah perubahan aktivitas seks yang mungkin terjadi

Meski terkesan berlawanan dengan tips sebelum ini, harus diakui kalau aktivitas seks yang dilakukan pada setiap tahapan hubungan Anda pastilah berbeda.

Pada awalnya, seks akan sangat bergairah. Lalu seiring berjalannya waktu, terutama pada permulaan menjadi orangtua, seks akan lebih ‘melambat’. Kemudian akan jadi jarang namun lebih intim menjelang usia senja.

Jadi, untuk menajga kelanggengan hubungan Anda, belajarlah untuk menerima perubahan di bagian ini.

7. Kejujuran adalah hadiah terbaik bagi hubungan Anda

Kejujuran menjaga integritas. Hal ini membuat pasangan memiliki pilar kepercayaan bagi satu sama lain. Tidak boleh ada rahasia atau informasi yang ditutupi.

Bahkan ketika kejujuran menyakitkan, lebih baik mengungkapkannya daripada dipendam. Menyembunyikannya hanya membunuh kepercayaan dan suatu hari ketika muncul di permukaan, ia akan menjadi musibah besar bagi hubungan Anda.

8. Saling memberi perhatian

Selalu saling mendengarkan dan ingatlah untuk memerhatikan pasangan Anda. Ini dapat  menjaga kelanggengan hubungan karena dengan begitu Anda dan pasangan akan saling mengerti satu sama lain.

Beri perhatian pada sesuatu yang disukai pasangan seperti makanan kesukaan, bunga favorit, dan serial komedi yang disukai dengan sepenuh hati dapat membantu membuat cinta Anda dirasakan oleh pasangan.

9. Jangan berhenti belajar

Milikilah hobi, teman, atau ketertarikan yang terpisah dari pasangan Anda. Jadilah orang yang menarik. Pelajari hal-hal baru dan bertumbuhlah sehingga Anda memiliki hal-hal untuk dibicarakan. Si dia jatuh cinta pada Anda, bukan pada bayangan dirinya di cermin.

Jika ia bertanya mau makan di mana atau film apa yang mau ditonton, katakanlah keinginan Anda. Jangan selalu ingin tunduk pada keinginan dan kesukaannya. Itu membosankan dan cepat atau lambat Anda akan kehabisan topik percakapan dan kebahagiaan ketika sedang bersama. Perluas diri dan ketertarikan Anda sehingga hubungan pun juga akan ikut bertumbuh.

10. Cari cara untuk ‘Memamerkan’ pasangan Anda

Terdapat banyak cara untuk menemukan kesalahan dan mengeluhkannya kepada teman tentang hal-hal menyebalkan yang dilakukan pasangan Anda. Namun ketika hal tersebut menjadi kebiasaan, Anda secara tidak sadar sedang menghancurkan hubungan yang sudah terbangun.

Ketika Anda mencari hal untuk dipuji atau bahkan dipamerkan dari pasangan, hal tersebut dapat meningkatkan keeratan hubungan. Akan lebih baik jika ini dilakukan dan pasangan bisa mendengarnya. Nantinya, ia akan terus mencoba menyamakan visi yang Anda gambarkan tentangnya.

Tapi Anda tidak perlu melakukan hal ini dengan berlebihan apalagi mengarang cerita yang tidak sesuai hanya untuk membuatnya terlihat baik. Cukup apresiasi tulus yang diucapkan dengan suara yang menunjukkan kebanggaan dapat membuat pasangan Anda klepek-klepek dibuatnya.

10 tips di atas meski disarankan untuk diikuti, bukanlah sesuatu yang baku. Anda masih bisa menemukan cara lain yang sesuai untuk dipraktikan dengan pasangan Anda dalam menjaga kelanggengan hubungan yang sedang Anda bina

Pastikan kata kunci dari cara-cara yang Anda improvisasi itu adalah ‘cinta’ dan ‘kebahagiaan’.

 

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.
 

FY/JJ/MA

Referensi