Ibu Mutakhir Tahu Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Perlengkapan bayi baru lahir

Perlengkapan bayi baru lahir sudah harus segera dipersiapkan  menjelang hari kelahiran si buah hati. Perlengkapan yang harus dipersiapkan terdiri dari baju bayi, tempat tidur bayi, popok, perlengkapan makan, perlengkapan mandi hingga perlengkapan menyusui.

 

Go DokLahirnya sang buah hati di dunia tentu jadi hal yang dinanti-nanti. Penantian selama kurang lebih 9 bulan terbayarkan. Namun, ada hal lain yang perlu diperhatikan, yaitu perlengkapan bayi yang baru lahir. Biasanya, perlengkapan ini bisa Anda siapkan sebelum kelahiran sang buah hati.

Apa saja perlengkapan bayi baru lahir tersebut?

1. Tempat tidur bayi

Perlengkapan bayi baru lahir pertama yaitu tempat tidur. Tentunya, perencanaan tempat tidur bayi menjadi hal yang penting. Anda bisa memiliki tempat tidur bayi dengan ukuran yang kecil ataupun besar. Kebanyakan penjualan tempat tidur bayi tidak termasuk dengan kasur, maka barang ini perlu perencanaan lain untuk pembeliannya.

2. Seprai

Alasi tempat tidur bayi dengan kasur matras yang tahan air dan sprei di atasnya. Apapun pilihannya, tentunya tempat tidur bayi akan membutuhkan satu bantalan kasur berlapis, dan selimut lembut.

3. Popok dan tas popok

Biasanya, untuk bayi yang baru lahir, popok yang digunakan adalah berbahan kain. Bayi baru lahir biasanya membutuhkan 70 hingga 90 pergantian popok perminggunya. Selain itu, Anda juga akan memerlukan bantalan untuk bayi berbaring saat sedang mengganti popok. Hal yang diperlukan lainnya adalah pelembap popok bebas alkohol, salep ruam popok atau krim serta bahan pencuci popok yang lembut.

4. Pakaian

Pakaian untuk bayi baru lahir, biasanya mengenakan baju terusan atau “onesies”. Selain itu, bayi juga akan memerlukan baju tidur, sweater atau jaket, baju formal seperti gaun dan rompi, topi dan kaos kaki. Siapkan lah masing-masing jenis sesuai dengan kebutuhan.

5. Perlengkapan mandi

Perlengkapan bayi lahir selanjutnya yaitu peralatan mandi. Hal pertama yang dibutuhkan adalah bak mandi bayi. Selain itu, peralatan mandi yang perlu dipersiapkan lainnya adalah beberapa handuk mandi dan lap mandi. Kemudian sabun dan sampo bayi yang tidak pedih di mata, sikat, sisir, dan gunting kuku.

6. Perlengkapan menyusui

Bayi cenderung sering bersendawa sehabis nyusu. Sediakan selalu kain kecil untuk membersihkan ini. Selain itu, Anda juga akan membutuhkan botol susu serta alat pompa untuk memompa ASI jika diperlukan. Untuk membersihkan botol, diperlukan juga sikat botol dan cairan pencuci yang aman. Bagi Anda yang tidak menyusui, hal yang harus dipersiapkan adalah susu formula dan gelas pengukur yang akurat.

7. Kursi mobil bayi

Untuk keamanan bayi ketika sedang berkendara, dibutuhkan sebuah kursi mobil bayi yang menghadap ke belakang. Beberapa model kursi mobil bayi merupakan kursi dari kereta dorong bayi.

8. Pompa ASI

Pompa ASI ini dapat berguna bagi sang ibu yang pada suatu kondisi harus berada jauh dari bayi. Selain itu, pompa ini juga dapat memompa ASI dari payudara sang ibu ketika susu tidak dikeluarkan atau sang bayi belum siap untuk makan.

Itu dia 8 perlengkapan bayi baru lahir yang perlu dipersiapkan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

GA/PJ/MA

Referensi