Ibu Bijak Tahu Cara Mengetahui Bakat Anak 

Cara mengetahui bakat anak

Cara mengetahui bakat anak ; Melihat apa yang dipilih anak Anda untuk dirinya sendiri akan memberi gagasan bagus tentang bakat anak Anda. Peran orang tua dalam hal ini juga dapat membantu menghindari kegiatan negatif yang dapat memberikan dampak buruk terhadap perkembangan anak dikemudian hari.

 

Go DokMengetahui bakat anak Anda sedari dini, sangat penting dalam meningkatkan perkembangan bakat yang dimiliki. Apakah anak Anda secara alami tertarik pada aktivitas kelompok atau jenis kegiatan yang dilakukan sendiri? Apakah dia lebih suka berlarian atau duduk dengan tenang? Mana yang akan dia kunjungi dulu: sebuah gambar, iPod atau skuter? Melihat apa yang dipilih anak Anda untuk dirinya sendiri akan memberi gagasan bagus tentang bakat anak Anda. Peran orang tua dalam hal ini juga dapat membantu menghindari kegiatan negatif yang dapat memberikan dampak buruk terhadap perkembangan anak dikemudian hari.

Inilah cara mengetahui bakat anak Anda:

Beri anak Anda pilihan

Sebenarnya tak ada yang salah apabila Anda memasukan anak Anda ke dalam les piano dengan tujuan membuat anak Anda lebih menghargai atau pandai bermain musik. Tapi apakah itu benar-benar merupakan bakat anak Anda? Bagaimana jika anak Anda lebih terlibat dan lebih senang memetik gitar, bermain drum atau bernyanyi?

Dalam kasus ini cara mengetahui bakat anak kuncinya adalah dengan membiarkan anak Anda mengeksplorasi berbagai sudut aktivitas dan untuk melihat apa yang benar-benar menarik perhatiannya. Jika Anda pikir anak Anda akan menyukai bermain piano, mulailah dengan pelajaran piano tapi katakan kepadanya bahwa jika dia tidak senang bermain setelah enam bulan, katakana pada anak Anda bahwa dia bisa beralih ke instrumen lain. Atau bahkan suatu kegiatan yang berbeda sama sekali.

Beri anak Anda waktu untuk bersosialisasi

Cara megetahui bakat anak selanjutny dengan memberikan kesempatan anak untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan teman-teman sebayanya. Dengan cara ini anak bisa saling menunjukkan kemampuan dan bakat yang dimilikinya kepada teman-teman dalam lingkungannya. Dengan metode ini pula, anak bisa saling bercerita dengan teman-temannya mengenai kegemarannya serta hal-hal apa yang menjadi kesukaannya.

Dengan mengamati kebiasaan anak yang ditunjukkan saat bersosialisasi dengan teman-temannya, bisa menjadi cara alternatif untuk mengetahui bakat yang dimiliki oleh anak. Ingat, bakat bukanlah hal yang selalu berkaitan akademik atau olahraga namun juga bisa dalam hal kecakapan saat berkomunikasi dan berinteraksi dengan banyak orang.

Amati Perilaku yang Dimunculkan Anak Anda

Sebagai orang tua, Anda harusnya memiliki kepekaan lebih terhadap berbagai perilaku yang ditunjukan oleh anak Anda. Dengan melihat perilaku yang ditunjukan anak Anda terdapat begitu banyak petunjuk untuk mengenali bakat yang dimiliki anak anda.

Perilaku seru sendiri merupakan sebuah perilaku yang ditunjukan oleh anak Anda yang menunjukan jika ia terlihat sangat nyaman dan menikmati apa yang ia lakukan. Perilaku seru sendiri akhirnya bisa anda gunakan sebagai 1 dari sekian banyak hal yang anda anggap sebagai ciri-ciri anak anda berbakat akan suatu hal.

Bagi anda yang belum mengetahui apa saja ciri perilaku seru yang dimunculkan anak, maka ciri perilaku seru itu sendiri apabila anak Anda merasa asik melakukannya, anak cepat belajar akan hal yang ia sedang lakukan, kepuasan, serta hasrat ingin mengulangi lagi kegiatan yang ia lakukan sebelumnya.

Dengan menjalankan bakat yang dimiliki biasanya seseorang akan lebih tertarik menjalaninya dibandingkan dengan melakukan hal-hal di luar bakatnya

Begitulah cara mengetahui bakat anak Anda. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS!Download aplikasi Go Dok, di sini.

IS/PJ/MA

Referensi