Hemangioma ; Gejala, Penyebab dan Penanganan

Hemangioma

Hemangioma merupakan sebuah tumor tidak ganas akibat pertumbuhan tidak normal dari lapisan pembuluh darah.Hingga saat ini penyebab hemangioma diyakini para ahli oleh karena faktor genetik. Penyakit ini biasanya tidak menyebabkan gejala selama atau setelah pembentukannya.

 

Mengenal Hemangioma

Hemangioma merupakan sebuah tumor tidak ganas akibat pertumbuhan tidak normal dari lapisan pembuluh darah. Hemangioma merupakan jenis tumor yang umum ditemukan pada anak-anak. Hemangioma awalnya muncul pada tahun pertama kehidupan dan bisa menghilang tanpa perawatan.

Hemangioma paling sering terjadi pada bayi berkulit terang, dengan tingkat kejadian 10-12 kali lebih tinggi dibandingkan pada bayi berkulit gelap. Perempuan lebih sering terkena daripada laki-laki dengan rasio 3: 1. Hemangioma infantil muncul saat lahir dengan angka 30%; dan 70% dari mereka awalnya mengalami kemunculan hemangioma dalam beberapa minggu pertama setelah lahir.

Hal yang sering menjadi masalah adalah apabila hemangioma terbuka, lalu berdarah atau mengalami perlukaan. Penyakit ini juga dapat muncul bersamaan dengan kelainan lain dari sistem saraf pusat atau tulang belakang. Penyakit ini bisa terjadi di manapun di tubuh, tapi paling sering muncul di wajah, kulit kepala, dada atau punggung. Kondisi ini  juga dapat tumbuh hingga ke organ dalam seperti hati, sistem pencernaan, otak, atau sistem pernafasan. Pengobatan hemangioma biasanya tidak diperlukan, kecuali mengganggu penglihatan atau pernapasan.

Penyebab

Hingga saat ini penyebab hemangioma diyakini para ahli oleh karena faktor genetik. Penyakit ini terdiri dari sel-sel endotel yang berkembang biak. Pada awal perkembang biakan, sel-sel tidak tersusun rapi, namun seiring berjalannya waktu, mereka membentuk sebuah ruang kosong yang terisi oleh sel-sel pembuluh darah.

Faktor Risiko

Hemangioma berisiko terjadi pada :

  • Perempuan
  • Bayi prematur
  • Bayi dengan berat badan lahir rendah
  • Bayi kembar
  • Bayi dengan kulit terang.
Gejala

Hemangioma biasanya tidak menyebabkan gejala selama atau setelah pembentukannya. Namun, umumnya penyakit ini menyebabkan timbulnya beberapa gejala jika sudah berkembang besar, tumbuh di daerah sensitif, atau terdiri dari banyak hemangioma.

Pada kulit biasanya muncul sebagai goresan merah kecil atau benjolan. Saat mereka tumbuh, mereka terlihat seperti tanda lahir berwarna merah anggur. Hemangioma kulit kadang disebut hemangioma stroberi karena penampilannya yang berwarna merah. Jenis ini kebanyakan terjadi pada leher atau wajah.

Selain pada kulit, penyakit ini juga dapat tumbuh pada organ dalam. Hemangioma di dalam tubuh biasanya tidak diketahui sampai tumbuh besar. Hemangioma dalam, biasnya melibatkan organ seperti hati, jantung dan otak, meskipun organ ini biasanya hanya terlibat saat anak memiliki banyak hemangioma.  Beberapa gejala yang menunjukkan bahwa ada kemungkinan memiliki hemangioma internal meliputi :

  • Mual
  • Muntah
  • Rasa tidak nyaman di perut
  • Kehilangan selera makan
  • Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
  • Perasaan kenyang di perut.
Diagnosis

Tidak ada tes khusus yang digunakan untuk mendiagnosis hemangioma kulit. Dokter bisa melakukan diagnosis melalui bertanya langsung mengenai riwayat penyakit, melihat langsung keluhan pada kulit serta melakukan pemeriksaan fisik.

Hemangioma pada organ dalam (internal) biasanya terlihat saat melakukan pemeriksaan radiologi, seperti ultrasound, MRI, atau CT scan. Hemangioma internal umumnya ditemukan secara tidak sengaja.

Penanganan

Mayoritas hemangioma tidak memerlukan pengobatan apapun. Beberapa orang tua merasa bahwa pengobatan hemangioma sangat diperlukan karena tanda lahir tersebut dianggap mengganggu penampilan hingga kelak akan menimbulkan masalah sosial atau psikologis. Dokter akan mempertimbangkan untuk mengobati yang tidak menyebabkan masalah fisik karena penyakit ini biasanya memudar secara bertahap tanpa perawatan dan karena perawatan memiliki efek samping yang potensial.

Jika hemangioma tersebut mengganggu penampilan anak atau menyebabkan masalah lain, pilihan pengobatan mungkin termasuk:

  • Obat beta blocker

Pada hemangioma kecil dan superfisial, gel dengan kandungan timolol dapat diterapkan pada kulit yang terkena. Hemangioma infantil yang parah dapat hilang jika diobati dengan obat minum propranolol. Efek sampingnya bisa termasuk gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, dan asma.

  • Obat kortikosteroid

Bagi anak-anak yang tidak berefek dengan pengobatan beta blocker atau tidak dapat menggunakannya, kortikosteroid bisa menjadi pilihannya. Penggunaannya bisa melalui suntikkan ke nodul, obat minum, atau dioleskan ke kulit. Efek sampingnya adalah pertumbuhan yang terhambat/buruk.

  • Operasi laser

Terkadang laser bisa digunakan untuk mengeluarkan hemangioma atau mengobati luka yang timbul pada hemangioma.

Penelitian untuk menemukan perawatan lain dengan lebih sedikit efek samping sedang berlangsung. Beberapa perawatan eksperimental meliputi terapi interferon alfa dan penekan imun topikal.

Untuk hemangioma internal mungkin memerlukan perawatan jika tumbuh terlalu besar atau menyebabkan rasa sakit. Pilihan pengobatan untuk hemangioma ini meliputi :

  • Operasi pengangkatan hemangioma
  • Operasi pengangkatan organ yang rusak atau daerah yang rusak
  • Mengikat arteri utama yang memasok darah ke hemangioma.
Komplikasi

Hemangioma bisa pecah hingga menyebabkan rasa sakit, pendarahan, bekas luka atau infeksi. Bergantung pada lokasi tumbuhnya hemangioma, Hemangioma dapat mengganggu penglihatan, pernapasan, atau pendengaran, tetapi ini jarang terjadi.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.

 

PJ/MA

Referensi