Hal yang Dianggap Sehat Namun Ternyata Efeknya Berbahaya

Hal yang dianggap sehat

Hal yang dianggap sehat oleh Anda belum tentu efeknya akan baik untuk kesehatan tubuh. Misalnya berolahraga setiap waktu. Olahraga rutin memang baik tapi jika dilakukan terlalu sering tanpa istirahat yang cukup dan diet yang baik maka hanya akan memforsir stamina tubuh.

Go DokSering kali kebiasaan hidup yang kurang baik membuat tubuh Anda menjadi tidak fit dan sering sakit-sakitan, tentunya untuk menghindari hal itu Anda akan berusaha untuk menyeimbangkan hidup dengan pola makan yang baik, olahraga yang rutin dan istirahat yang cukup.

Tetapi terkadang, tidak semua kebiasaan hidup sehat yang pernah kita coba baik untuk kita lho, mau tau apa saja hal-hal yang dianggap sehat tapi sebetulnya tidak?

Dibawah ini 5 hal yang dianggap sehat namun ternyata efeknya berbahaya!

1. Stretching sebelum pemanasan

Beberapa orang berpikir bahwa melakukan stretching sebelum pemanasan lari atau jogging dapat mengurangi kemungkinan cedera, tapi faktanya hal ini malah berbahaya.

Menurut Gerard Recio, seorang pelatih fisik dari Vancouver menyatakan bahwa stretching sebelum pemanasan malah akan memaksa otot Anda untuk bekerja secara berlebih dan dapat menurunkan kinerja otot-otot Anda pada saat melakukan pemanasan nantinya.

2. Berolahraga setiap waktu

Hal yang dianggap sehat namun berbahaya selanjutnya berolahraga setiap waktu. Olahraga merupakan sesuatu yang harus dilakukan secara rutin tapi jika dilakukan terlalu sering tanpa istirahat yang cukup dan diet yang baik maka Anda hanya akan memforsir stamina tubuh. Bukan mendapatkan tubuh yang sehat, yang ada tubuh Anda akan lelah dan kurang bersemangat.

3. Tidak sarapan

Terkadang kita selalu berpikir bahwa melewatkan sarapan mungkin dapat mengurangi jumlah kalori yang kita konsumsi tapi itu malah sebaliknya. Menurut Gina Suderland, seorang ahli diet menyatakan bahwa melewatkan sarapan malah akan membuat Anda lebih lapar dimalam hari.

Sarapan sendiri nyatanya lebih sehat, karena pagi hari merupakann waktu ketika metabolisme tubuh berfungsi secara aktif hal itu dapat membakar kalori jauh lebih banyak daripada disiang atau pun malam hari.

4. Menggunakan Hand Sanitizer

Jika Anda adalah orang yang terus-menerus membawa pembersih tangan atau menyimpan botol di meja Anda, sebaiknya pertimbangkan kembali. Bukan berarti pembersih tangan buruk untuk digunakan, hanya saja sabun dan air jauh lebih baik.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menjelaskan bahwa metode kuno masih merupakan cara terbaik untuk melawan kuman. Pembersih tangan mungkin lebih baik daripada tidak membersihkan tangan sama sekali, tetapi penelitian menunjukkan itu tidak sebaik menghilangkan bakteri tertentu yang dapat menyebabkan penyakit.

5. Diet detoks

Hal yang dianggap sehat tapi berbahaya selanjutnya yaitu diet detoks. Anda berniat untuk melakukan diet detoks? Sebaiknya, pertimbangkan lagi karena tidak ada bukti ilmiah bahwa diet trendi ini memiliki manfaat kesehatan yang nyata.

Hati dan ginjal Anda, jika berfungsi dengan baik, secara terus-menerus dapat mendetoksifikasi tubuh Anda “Kecuali ada penyumbatan di salah satu organ yang melakukannya siang dan malam, sama sekali tidak perlu untuk membantu tubuh menyingkirkan racun,” kata Dr Ranit Mishori dari Fakultas Kedokteran Universitas Georgetown kepada NPR pada tahun 2012.

Nah, itu dia bahasan mengenai 5 hal yang dianggap sehat namun memiliki efek yang berbahaya. Apakah salah satu list diatas merupakan kebiasaan anda? Jika iya segeralah merubah kebiasaan tersebut agar dapat menjaga pola hidup sehat yang baik!

 

Baca juga:

Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.