Gula Darah Rendah atau Hipoglikemia, Apakah Berbahaya?

Gula darah rendah

Gula darah rendah dalam istilah medis disebut dengan hipoglikemia. Gula darah rendah acapkali terjadi pada penderita diabetes yang tengah menjalani pengobatan disebabkan oleh beberapa hal seperti terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan diabetes, makan atau mengonsumsi karbohidrat lebih sedikit dari yang seharusnya.

 

Go DokBagi sebagian orang, gula darah rendah bisa menjadi bagian dari keseharian dan hidup mereka. Seringnya, kondisi terlalu rendahnya kadar gula darah bisa menjadi penghambat dalam beraktivitas, karena gula darah merupakan salah bahan bakar tubuh yang utama. Apakah Anda salah satunya? Biasanya, kondisi gula darah rendah bisa terjadi pada penderita diabetes yang tengah menjalani pengobatan. Bagaimana bisa? Nah, untuk membantu Anda memahami lebih jauh perihal kondisi gula darah rendah, yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Sekilas tentang gula darah rendah atau Hipogiklemia

Hipoglikemia merupakan suatu kondisi di mana kadar gula darah dalam tubuh Anda berada di bawah hitungan normal. Dalam bahasa medis, gula darah disebut juga dengan glukosa. Zat ini diperoleh tubuh melalui makanan yang Anda konsumsi, dan merupakan sumber energi yang sifatnya vital. Sumber utama glukosa adalah karbohidrat, yang dapat Anda temukan pada makanan seperti nasi, sereal, buah-buahan, kentang, roti gandum, sayuran, dan susu. Jadi, jika dokter sudah mendiagnosis Anda dengan kondisi gula darah rendah, jangan lupa untuk secara rutin mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

Apa yang terjadi saat Anda menderita gula darah rendah?

Bagaimana proses terbentuknya glukosa menjadi energi? Sederhana saja, setelah Anda konsumsi, glukosa akan terserap ke dalam aliran darah, dan dikirimkan pada sel-sel tubuh Anda. Sebuah hormon bernama insulin yang terbentuk di pankreas, akan membantu sel-sel tubuh Anda dalam merubah glukosa menjadi energi. Saat Anda mengonsumsi lebih banyak glukosa dari yang dibutuhkan tubuh, maka tubuh Anda akan menyimpannya di dalam hati dan otot-otot untuk kemudian diubah menjadi lemak, yang akan diubah sebagai energi saat dibutuhkan nantinya. Nah, melalui penjabaran ini, tentu jelas bahwa tubuh Anda tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya tanpa kadar glukosa yang cukup di dalam darah.

Apa penyebab Hipoglikemia?

Gula darah rendah acapkali terjadi pada penderita diabetes dan ini disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah :

  • Terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan diabetes, di mana pengobatan diabetes tujuannya adalah menurunkan kadar gula berlebih. Mengonsumsinya terlalu banyak justru dapat menyebabkan Anda kekurangan gula darah yang dibutuhkan tubuh.
  • Makan tidak teratur.
  • Makan atau mengonsumsi karbohidrat lebih sedikit dari yang seharusnya, dan
  • Terlalu sering atau terlalu banyak berolahraga.

Meskipun tidak menderita diabetes, kondisi gula darah rendah pun dapat terjadi, jika Anda :

  • Terlalu banyak dan terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol.
  • Mengalami overproduksi insulin di dalam tubuh.
  • Memiliki suatu penyakit atau kondisi medis yang sudah mencapai tahap kritis, dan
  • Memiliki defisiensi hormon di dalam tubuh.
Lalu, apa saja gejalanya?

Jika kadar gula darah di dalam tubuh Anda menjadi terlalu rendah, maka akan muncul gejala dan tanda seperti berikut :

  • Detak jantung yang tidak beraturan.
  • Mudah lelah.
  • Berkeringat lebih sering dari biasanya.
  • Seringkali gemetaran.
  • Lebih cepat merasa lapar.
  • Seringkali merasa kesemutan di bagian sekitar mulut.
  • Lebih sulit mengatasi emosi dan rasa cemas, serta.
  • Berteriak, menjerit, atau mengigau saat tidur.

Nah, jika Anda merupakan seorang penderita diabetes dan kini tengah mengalami beberapa gejala di atas, maka sebaiknya Anda mengonsultasikan kondisi ini pada dokter Anda. Lakukan hal yang sama meskipun Anda tidak sedang menderita diabetes.

Apa pengobatan dan perawatan untuk gula darah rendah?

Sejatinya, jika belum terlalu parah, kondisi ini bisa Anda atasi dengan lebih banyak mengonsumsi karbohidrat, lebih sering meminum jus buah atau mengonsumsi buah-buahan, sesekali mengonsumsi permen, dan meminum susu secara rutin. Anda dapat pula mengonsumsi pil penambah glukosa yang dijual di apotik terdekat. Namun, jika hal-hal ini tidak membuahkan hasil dan gejala gula darah rendah tetap muncul, maka berkonsultasilah pada dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Jangan abaikan kondisi ini, karena bisa berbahaya bagi kesehatan dan produktivitas Anda.

Nah, itu dia serba-serbi gula darah rendah yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.

SF/PJ/MA

Referensi