Gerakan Yoga yang Aman  bagi Ibu Hamil, Yuk Pelajari!

Gerakan yoga yang aman bagi ibu hamil

Gerakan yoga yang aman bagi ibu hamil salah satunya gerakan lunge manfaatnya dapat melatih otot paha depan. Otot ini akan berperan besar dalam proses persalinan. Kemudian, gerakan Pose Bound Angle yang bermanfaat untuk melatih dan menstabilkan daerah pelvis dan gerakan yoga lainnya.

Go DokYoga merupakan jenis olahraga yang sangat bermanfaat, baik bagi kesehatan tubuh maupun jiwa. Manfaat tersebut antara lain; meredakan stres, kekhawatiran, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan kualitas hidup, memperbaiki fungsi pernafasan, menyehatkan jantung mengurangi sakit kronis, meringankan migrain, melatih kekuatan, meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan keseimbangan, membiasakan pola makan sehat, dan dapat melawan depresi.

Dengan sederet manfaat tersebut, tak heran jika banyak orang baik pria maupun wanita yang memilih yoga untuk menjaga kesehatannya. Namun gerakan yoga yang menekuk tubuh ke berbagai posisi memunculkan asumsi bahwa yoga tidak aman bagi wanita hamil. Bahkan, melakukan yoga saat hamil dikatakan dapat membahayakan janin. Benarkah?

Bagaimana yoga membantu ibu hamil?

Sebelum mengenal gerakan yoga yang aman bagi ibu hamil, sebaiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana kegiatan yoga dalam membantu ibu hamil. Peregangan dalam yoga sebenarnya dapat sangat membantu proses persalinan ibu hamil.

Latihan peregangan bermanfaat untuk relaksasi, meningkatkan kondisi kesehatan, dan membantu ibu hamil dalam mempersiapkan diri menyambut persalinan. Selain itu, latihan yoga secara teratur juga dapat mengurangi rasa sakit yang dialami dalam proses persalinan. Sangat berguna, bukan?

Mungkin Anda akan merasa jika sendi-sendi lebih mudah untuk ditekuk mengikuti posisi yoga yang sulit saat sedang mengandung. Hal ini disebabkan oleh tingginya produksi hormon relaxin dalam tubuh pada masa kehamilan. Relaxin sendiri merupakan hormon yang berfungsi membantu tubuh melemaskan serviks dan ligamen, sehingga proses persalinan dapat berjalan lancar.

Namun bukan berarti Anda dapat melakukan gerakan-gerakan yoga semaunya. Tubuh seorang wanita pada masa kehamilan sangatlah rentan. Sebaiknya lakukanlah gerakan-gerakan ringan dan hindari melakukan yoga setiap hari.

Apa saja gerakan yoga yang aman bagi ibu hamil?

Penasaran dengan gerakan yoga yang aman bagi ibu hamil? Baca lanjutannya di bawah ini, yuk.

1. Lunge

Berlututlah dengan mengangkat satu kaki dan menekuknya 90o di depan tubuh. Ambil nafas bersamaan dengan mencondongkan badan ke depan, alihkan tumpuan berat badan pada kaki depan dan angkat tangan ke atas secara perlahan. Buang nafas dan kembalilah ke posisi semula. Lakukan bergantian dengan kaki yang lain.

Manfaat: melatih otot paha depan. Otot ini akan berperan besar dalam proses persalinan

2. Pose bound angle

Duduk di atas matras dan tekuk kedua kaki di depan badan dengan posisi lutut menghadap ke luar. Pusatkan tumpuan badan di atas tulang duduk, luruskan tulang punggung, dan ambil nafas.

Buang nafas sembari menekuk tubuh ke depan bawah secara perlahan sejauh yang anda bisa, tahan selama 3-5 nafas lalu kembali ke posisi semula.

Manfaat: melatih dan menstabilkan daerah pelvis

3. Bridge

Gerakan yoga yang aman bagi ibu hamil ini bermanfaat untuk melatih otot fleksor, punggung bawah, perut, dan bokong (gluteus).  Berbaringlah dengan menekuk kedua lutut ke atas dan letakkan kedua tangan di samping badan.

Ambil nafas dan angkatlah punggung bagian bawah perlahan-lahan. Lalu kembali ke posisi semula sembari membuang nafas. Ulangi selama 10 kali.

Manfaat: dapat membantu mengurangi sakit di bagian pelvis saat persalinan

4. Pose Cat-Cow

Mulailah dengan meletakkan kedua lutut di atas matras, perut lurus menghadap lantai, dan kedua tangan tegak lurus menyangga berat badan. Sembari mengambil nafas, lekukkan tulang punggung ke bawah, angkat dagu sedikit, dan jaga pundak tetap berada di posisi normal.

Kemudian buang nafas sembari menekuk punggung ke atas dan tundukkan kepala dengan mata melihat ke arah perut. Ulangi 5 kali.

Manfaat: merangsang produksi pelumas sehingga membantu pergerakan tulang punggung, meringankan sakit punggung, dan menguatkan otot punggung bawah.

Perlu diingat, konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum melakukan gerakan yoga diatas ya. Lakukan gerakan-gerakan yoga tersebut secara perlahan dan hati-hati. Jangan samakan rutinitas yoga biasanya dengan yoga yang aman untuk ibu hamil, ya. Karena kondisi Anda perlu penanganan spesial. Selamat mencoba!

 

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.