Gerakan Senam Otak Yang Baik Demi Konsentrasi

Gerakan senam otak

Gerakan senam otak yang bisa Anda praktikkan di rumah dengan tujuan mengendalikan otak untuk lebih berkonsentrasi salah satunya duduk dengan tenang di kursi, perbaikan pandangan mata dengan kaca, meditasi, menghafal barang hingga membaca dengan lambat.

 

Go Dok Menjaga konsentrasi bukan hal yang mudah. Distraksi bisa datang dari mana saja. Kalau sudah begini, apa ya yang harus dilakukan? Tenang saja, ada loh gerakan senam otak yang baik demi konsentrasi! Kira-kira, seperti apa ya senam otak itu? Mungkin Anda membayangkan senam itu menggerakan seluruh badan. Namun, senam otak adalah bagaimana cara kita mengendalikan otak untuk lebih konsentrasi. Penasaran kan?

Yuk, simak gerakan senam otak yang baik demi konsentrasi di bawah ini!

1. Duduk dengan tenang di kursi

Gerakan senam otak pertama yang bisa Anda praktikkan dengan duduk di kursi yang nyaman dan lihat setenang apa Anda bisa bertahan. Terlihat mudah ya? Tapi, ini tidak semudah yang dibayangkan. Pastikan tidak ada otot yang digerakan secara tidak sengaja. Dengan sedikit latihan, Anda akan bisa duduk diam tanpa gerakan selama 15 menit. Tambahkan 5 sampai 10 menit tiap harinya. Ingat, jangan dipaksakan! Lakukan ini dengan rileks.

2. Perbaiki Tatapan di Jari

Cobalah untuk duduk di kursi kepala ke atas dan dan bahu ke belakang. Angkat lengan kanan sampai sejajar dengan bahu. Lakukan ini sambil menunjuk ke kanan. Lihatlah ke sekeliling hanya menggunakan kepala dan tunjuk pandangan menggunakan jari. Pertahankan lengan tetap diam selama satu menit. Tambahkan menit tersebut jika kuat. Jagalah pandangan Anda tetap pada ujung jari.

3. Perbaiki pandangan mata dengan kaca

Latihan ini dapat memperbaiki pandangan mata melalui kaca . Caranya, isi gelas kecil dengan air, kemudian genggam gelas tersebut. Panjangkan lengan Anda dan kunci pandangan pada gelas tersebut. Cobalah untuk menjaga lengan tetap stabil sehingga tidak ada gerakan. Lakukan ini selama lima menit, dan tambahkan menit-menit berikutnya setelah berhasil melakukannya.

4. Konsentrasi ketika membuka dan menutup genggaman tangan

Nah, untuk gerakan senam otak yang satu ini, coba pindahkan kursi ke atas meja. Kemudian, letakan tangan di atasnya, mengepal seperti ingin meninju. Pastikan posisi punggung tangan ada di atas meja. Pastikan juga posisi ibu jari atau jempol berada di atas. Kemudian, tundukkan kepalan tangan kemudian perlahan-lahan tekan jempolnya. Alihkan lah semua konsentrasi Anda pada gerakan tersebut. Kemudian, secara bertahap, rentangkan jari satu per satu dan masukan kembali. Pertahankan latihan ini hanya dalam satu tangan terlebih dahulu.

5. Meditasi

Luangkanlah waktu sekitar 10 hingga 20 menit untuk meditasi. Rasakanlah sensasinya. Pikiran hanya akan fokus kepada apa yang sedang dilakukan, memperlambat gerakan, mengamati semua sensasi fisik dan emosional yang dirasakan pada saat itu.

6. Gerakan tubuh

Walau judulnya gerakan senam otak, tetapi Anda juga perlu menggerakan tubuh untuk mendapatkan konsentrasi yang ekstra. Olahraga membantu kemampuan otak untuk mengabaikan gangguan.

7. Menghafal barang

Latihan ini bagus untuk melatih otot-otot pikiran pada otak. Tidak perlu barang, Anda juga bisa mencobanya dengan cara menghafal sebuah puisi atau ayat dari kitab suci setiap minggunya.

8. Membaca dengan lambat

Majunya teknologi pada alat elektronik meningkatkan day baca hampir 40%. Hal yang bagus bukan? namun, membaca cepat bisa menyesatkan loh! Karena, hanya 5% pembaca yang memulai sebuah artikel online yang bakalan menyelesaikannya.selain itu, ada 38% pembaca yang tidak akan berlanjut dari paragraf pertama. Padahal dengan membaca, maka pengetahuan kita akan lebih dalam. Maka, biasakan membaca secara utuh dan lengkap ya!

Nah, itu dia 8 gerakan senam otak yang baik untuk konsentrasi. Jangan lupa untuk terus dilatih agar dapat fokus dalam mengerjakan hal apapun. Selamat mencoba!

Baca juga:

Konsultasi dengan dokter seputar permasalahan kesehatan Anda kini  bisa langsung lewat gadget. Download aplikasi Go Dok di sini.

GA/PJ/MA

Referensi