Gejala Penyakit TBC dan Cara Mencegahnya

Gejela penyakit TBC

Gejela penyakit TBC atau tuberkulosis aktif ditandai dengan batuk yang berlangsung selama tiga minggu atau lebih, batuk darah, nyeri dada, menurunnya berat badan, berkeringat pada malam hari, demam, hingga kehilangan selera makan. Lalu, bagaimana cara mecegah penyakit TBC?

 

Go Dok Tuberkulosis atau TBC adalah penyakit menular yang menyerang paru-paru dan memiliki dampak serius. Bakteri yang menyebabkan tuberkulosis biasanya menyebar dari satu orang ke orang lain ketika orang yang terinfeksi TBC batuk atau bersin. Jika dibandingkan dengan penyakit lain yang disebabkan oleh infeksi juga, tuberkulosis adalah penyakit yang mematikan kedua secara global. Nah, ada baiknya untuk mulai berjaga-jaga terhadap penyakit ini.

Yuk, kenali gejala penyakit TBC dan cara mencegahnya berikut ini!  

Gejala TBC

Meskipun tubuh mungkin menyimpan bakteri yang menyebabkan tuberkulosis, tetapi sistem kekebalan tubuh biasanya dapat mencegah terjangkit penyakit. Maka dari itu, ada dua kondisi yang dialami oleh seseorang yang terjangkit TBC:

  • TBC laten. Dalam kondisi ini, tubuh Anda memiliki infeksi TBC, tetapi bakteri akan tetap berada di dalam tubuh dalam keadaan tidak aktif dan tidak menimbulkan gejala. TBC laten atau yang biasa disebut dengan TBC tidak aktif biasanya tidak menular. Namun, kondisi ini bisa berubah menjadi TBC aktif. Sehingga, dalam kondisi ini, pengobatan tetap menjadi hal utama.
  • TB aktif. Kondisi ini adalah terjangkitnya virus TBC pada tubuh dan dapat menular ke orang lain. Penyakit ini akan muncul dalam beberapa minggu pertama setelah tubuh terkena infeksi dengan bakteri TBC, atau mungkin juga terjadi di beberapa tahun kemudian.

Ada pula tanda-tanda dan gejala penyakit TBC aktif seperti:

  • Batuk yang berlangsung selama tiga minggu atau lebih
  • Batuk darah
  • Nyeri dada, atau nyeri saat bernapas dan ketika batuk
  • Penurunan berat badan
  • Kelelahan
  • Demam
  • Berkeringat pada malam hari
  • Panas dingin
  • Kehilangan selera makan.
Cara Mencegah TBC

Setalah mengetahui gejala penyakit TBC, sebaiknya Anda mengetahui cara mencegah penyakit TBC yang terdiri dari beberapa bagian utama, yuk simak di bawah ini.

1. Vaksin BCG

Vaksin BCG atau Bacillus Calmette-Guerin pertama kali dikembangkan pada tahun 1920-an. Vaksin ini merupakan salah satu yang sering dilakukan, dan lebih dari 80% diterapkan kepada semua anak dan bayi yang baru lahir. Vaksin ini juga sudah menjadi program imunisasi nasional hampir di seluruh negara.

2. Pendidikan Mengenai TBC

Pendidikan atau mempelajari mengenai TBC ini diperlukan untuk orang yang mengidap peyakit ini. Karena, pengidap TBC harus tahu cara meminum obat mereka dengan benar. Mereka juga perlu tahu bagaimana cara agar penyakit tersebut tidak menular ke orang lain. Selain itu, masyarakat perlu mengetahui informasi dasar tentang TBC dengan alasan untuk mengurangi stigma yang kuat terkait dengan penyakit ini.

3. Pengobatan TB sebagai pencegahan TB

Pengobatan TBC untuk mencegah penyakit ini sebelum datang biasa dikenal dengan sebutan chemoprophylaxis. Tindakan ini dapat mengurangi risiko tahapan pertama TBC aktif yang terjadi pada seseorang yang mengidap TBC laten. Isoniazid adalah salah satu obat yang digunakan untuk mencegah TBC laten ini berkembang menjadi penyakit yang aktif. Biasanya, cara pengobatan ini adalah dengan mengonsumsi isoniazid setiap hari selama enam bulan.

Itu dia penjelasan dari gejala penyakit TBC dan cara mencegahnya. Tetap jaga kesehatan dan bantu mereka yang terjangkit penyakit ini. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

GA/PJ/MA

Referensi