Gejala Asam Urat Beserta Penyebabnya yang Sering Muncul

gejala asam urat

Gejala asam urat sebenarnya cukup mudah untuk dideteksi secara dini, misalnya dari seringnya muncul rasa nyeri pada satu bagian sendi yang kemudian menyebar pada bagian persendian lainnya. Tingginya kandungan purin dalam tubuh menjadi penyebab utama seseorang terkena asam urat.

 

Go DokMungkin sebagian besar dari Anda cukup familiar dengan istilah asam urat? Berbeda dengan asam pada jeruk dan buah citrus lainnya, asam urat atau radang sendi ini merupakan gejala kelainan pada persendian. Salah satu gejala asam urat yang paling umum ditemukan adalah seringnya muncul rasa nyeri dan ngilu pada sendi, yang berlangsung sekitar beberapa jam.

Seringkali, asam urat dikaitkan pada jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Selain itu, penderita asam urat atau arthritis juga disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan hasil laut karena dapat memicu rasa nyeri yang timbul pad persendian.

Lalu, apa saja gejala asam urat yang seringkali muncul? Berikut penjelasannya!

1. Munculnya rasa ngilu dan nyeri pada sendi

Seperti yang telah disebutkan, seorang penderita asam urat akan sering merasakan ngilu dan nyeri pada bagian persendian. Awalnya, rasa nyeri akan muncul pada satu bagian sendi saja, yaitu pada area jempol kaki. Namun tidak jarang rasa nyeri menyebar dan juga menyerang area pinggang sehingga menyebabkan encok.

Namun dalam tingkat yang lebih parah, rasa nyeri akan menyerang bagian persendian lainnya. Selain kedua area tersebut, rasa nyeri juga bisa menyerang area lainnya seperti pergelangan kaki, lutut, tumit, jari, siku dan pergelangan tangan.

2. Durasi Rasa Nyeri

Biasanya, rasa nyeri memuncak dalam kurun waktu 12 sampai 24 jam setelah dimulainya gejala pertama. Serangan rasa nyeri berikutnya dapat muncul lebih parah dengan durasi yang lebih lama dari serangan yang pertama. Tanpa perawatan lebih lanjut, gejala tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada sendi secara permanen, lho.

3. Benjolan di Kulit

Jika seorang penderita asam urat sudah berjalan dalam hitungan tahun, akan muncul Kristal berupa benjolan di bawah kulit yang disebut dengan tophi. Benjolan tersebut bersifat lunak dan tidak menimbulkan rasa nyeri ketika ditekan. Benjolan ini, dapat terbentuk pada area jari tangan, jari kaki, tangan, dan siku.

4. Batu Ginjal

Nah, jika kristal asam urat menetap pada saluran kemih, maka akan menyebabkan batu ginjal. Batu ginjal asam urat lebih sering terjadi pada laki-laki daripada perempuan. Batu ginjal ini akan menyebabkan gejala seperti nyeri pada punggung, perut atau bagian selangkangan.

Selain itu, Anda juga akan merasakan demam, menggigil, mual, muntah dan hingga mengalami perdarahan pada urin saat buang air kecil.

Apa yang menjadi penyebab asam urat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rasa nyeri dari asam urat disebabkan oleh tingginya kandungan purin yang ada di dalam tubuh. Zat purin sendiri sebenarnya juga diproduksi secara alami di dalam tubuh, hasil dari pemecahan sel darah. Namun, kebanyakan kasus asam urat disebabkan karena pola konsumsi jenis makanan dan minuman tertentu.

Jenis makanan yang memiliki kandungan tinggi purin dan sering dijumpai adalah hati, teri, ikan mackerel, kacang kering dan kacang polong, dan bir. Biasanya, purin mengalir dalam darah, menuju ke ginjal, kemudian keluar bersama urin dan feses.

Nah, berikut faktor-faktor yang menjadi penyebab asam urat pada seseorang:

  • Minum terlalu banyak alkohol
  • Genetika (diwarisi dari anggota keluara)
  • Hypothyroidism (kelenjar tiroid yang kurang aktif)
  • Konsumsi obat tertentu, seperti NSAIDs dan steroid dalam dosis tinggi
  • Kelebihan niasin, atau vitamin B-3
  • Kelebihan berat badan.

Nah, itulah penyebab beserta gejala asam urat yang sering dirasakan oleh banyak orang. Jangan ragu untuk segera berkonsultasi degan dokter Anda, ya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

GT/PJ/TP

Referensi