Gangguan Cemas Menyeluruh ; Gejala – Penanganan

Gangguan cemas menyeluruh

Gangguan cemas menyeluruh (General Anxiety Disorder) ialah kondisi gangguan yang ditandai dengan kecemasan dan kekhawatiran berlebihan serta tidak rasional.Gejala utama dari gangguan cemas menyeluruh ialah ansietas, hingga gejala saluran pencernaan.Kenali gejala, penyebab dan penanganan.

 

Mengenal Gangguan Cemas Menyeluruh

Gangguan cemas menyeluruh (General Anxiety Disorder) ialah kondisi gangguan yang ditandai dengan kecemasan dan kekhawatiran berlebihan serta tidak rasional; terkadang kecemasan pun tidak realistis terhadap kehidupan sehari-hari. Tidak seperti fobia, yaitu rasa takut terhadap objek tertentu, gangguan cemas menyeluruh tidak dapat di spesifikasikan. Kecemasan yang dialami telah mengakibatkan gangguan yang bermakna dalam fungsi sosial dan pekerjaan. Gangguan ini pun diketahui lebih banyak terjadi pada perempuan dibandingkan laki-laki dengan rasio 2:1.

Gejala

Gejala utama dari gangguan cemas menyeluruh ialah ansietas, ketegangan motorik, iritabilitas, dan hiperaktivitas autonom misalnya nafas pendek, berkeringat, palpitasi, serta gejala saluran pencernaan. Berikut ini merupakan hal-hal yang dapat menjadi perbandingan pada orang dengan cemas yang wajar dengan orang yang memiliki gangguan cemas menyeluruh :

  • Pada gangguan cemas, terjadi ketegangan motorik atau lelah yang bertahan selama 6 bulanserta tidak berkaitan dengan masalah fisik atau emosional tertentu. Sedangkan, pada kecemasan yang terjadi secara wajar, terjadinya kelelahan, nyeri otot, atau tegang ialah akibat stress fisik atau emosional misalnya setelah berolahraga atau stress bekerja, ataupun duduk terlalu lama di depan komputer.
  • Pada gangguan cemas, terjadi kecemasan/ketakutan yang konstan dan kroniksehingga mengganggu aktivitas sosial, seperti pekerjaan, sekolah, keluarga, ataupun hubungan. Berbeda halnya dengan kecemasan biasa yang tertuju pada hal tertentu (spesifik), misalnya akan adanya ujian, deadline pekerjaan, dan lainnya.
  • Pada gangguan cemas juga didapati mood yang irritable, gangguan tidur, serta sulit berkonsentrasi selama beberapa hari kurang lebih dalam 6 bulan terakhir. Sedangkan, pada orang dengan cemas yang wajar hal-hal tersebut biasanya berkaitan dengan kejadian tertentu seperti sakit, kehilangan pekerjaan, atau adanya masalah dalam hubungan.
Penyebab

Hingga saat ini, penyebab utama gangguan cemas menyeluruh pun belum diketahui secara spesifik. Studi menjelaskan bahwa penyebab dari gangguan ini ialah kombinasi dari faktor biologis, genetik, kognitif, dan lingkungan (seperti stress, kejadian buruk, dan lain-lain). Bahkan diketahui bahwa kejadian positif yang memicu stress misalnya membeli rumah baru atau menikah juga dapat memicu gejala seseorang yang memiliki predisposisi gangguan cemas menyeluruh.

Diagnosis

Kriteria diagnosis gangguan cemas menyeluruh berdasarkan DSM-IV-TR ialah sebagai berikut :

  1. Kecemasan atau kekhawatiran berlebihan yang timbul hampir setiap hari, sepanjang hari, terjadi selama sekurangnya 6 bulan, tentang sejumlah aktivitas atau kejadian (seperti pekerjaan atau aktivitas sekolah)
  2. Penderita merasa sulit mengendalikan kekhawatirannya
  3. Kecemasan dan kekhawatiran disertai tiga atau lebih dari enam gejela (dengan sekurangnya beberapa gejala lebih banyak terjadi dibandingkan tidak terjadi selama 6 bulan terakhir). Catatan: hanya satu nomor yang diperlukan pada anak.
    • Kegelisahan
    • Mudah merasa lelah
    • Sulit berkonsentrasi atau pikiran menjadi kosong
    • Iritabilitas
    • Ketegangan otot
    • Gangguan tidur.
  4. Fokus kecemasan dan kekhawatiran tidak terbatas pada gangguan aksis I
  5. Kecemasan, kekhawatiran, atau gejala fisik menyebabkan penderitaan yang bermakna secara klinis, atau gangguan pada fungsi sosial, pekerjaan, atau fungsi penting lain
  6. Gangguan yang terjadi bukan karena efek fisiologis langsung dari suatu zat atau kondisi medis umum.

Gangguan cemas menyeluruh merupakan suatu keadaan kronis yang mungkin bisa berlangsung seumur hidup. Diketahui 7 dari 10 orang dengan gangguan cemas menyeluruh mengalami gangguan cemas yang kronik yang mengakibatkan gangguan pada hubungan dengan pasangan serta pertemanan.  Pada 25% kasus, penderita akhirnya mengalami gangguan panik, serta dapat mengalami gangguan depresi mayor.

Penanganan

Meskipun banyak studi yang mengatakan bahwa perjalanan penyakit ini kronis dan dapat berkembangan menjadi gangguan panik serta depresi, tetapi sebagian besar pasien yang memiliki tilikan baik dan mencari pengobatan memberikan hasil yang baik serta memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Beberapa terapi diketahui efektif dalam penatalaksanaan gangguan ini, misalnya dengan psikoterapi yaitu cognitive-behavioral therapy (CBT). Pada terapi CBT, pasien diajarkan kemampuan untuk mengontrol rasa cemas, serta meminimalisasi efek yang ditimbulkan rasa cemas dalam kehidupan nya serta mempelajari respon baru untuk menangani situasi yang m emicu stress. Terapi ini dilakukan dalam kurun waktu 12-16 minggu. Selain itu, aktivitas seperti teknik relaksasi dan bernapas, meditasi, yoga, dan olahraga dapat menjadi kegiatan tambahan yang memberikan hasil positif untuk gangguan ini.

Selain psikoterapi, tatalaksana yang dapat diberikan pada pasien ialah dengan psikofarmaka (obat-obatan) seperti berikut:

  • Benzodiazepin merupakan obat pilihan pertama. Pemberian obat ini mulai dari dosis terendah kemudian ditingkatkan bertahap hingga mencapai respon terapi. Lama pengobatan kira-kira 2-6 minggu, dilanjutkan dengan masa tappering off 1-2 minggu.
  • Buspiron, efektif pada 60-80% pasien gangguan cemas menyeluruh. Obat in idapat memperbaiki gejala kognitis, serta tidak menyebabkan efek withdrawal. Efek  klinis baru dirasakan 2-3 minggu, serta penggunaannya dapat bersamaan dengan benzodiazepin.
  • Selective Serotonin Reuptake Inhibitor (SSRI) seperti sertralin dan paroxetin. Kedua obat ini diketahui memiliki efek yang lebih baik dibandingkan fluoksetin. Penggunaan SSRI pada pasien gangguan cemas menyeluruh terutama bila pasien memiliki riwayat depresi.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.

PJ/MA

Referensi