Fungsi Usus Halus di Dalam Tubuh Anda

Fungsi usus halus

Fungsi usus halus untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman Anda. Apapun yang tidak dicerna oleh usus Anda kemudian akan melanjutkan perjalanan makin ke bawah, hingga disingkirkan melalui pergerakan usus  dan keluar melalui anus. 

Go DokUsus halus merupakan nama suatu organ tubuh yang tentunya sudah tak asing lagi bagi Anda. Bagaimana tidak, Anda mempelajari bagian pencernaan yang satu ini sejak di sekolah menengah. Tentunya, saat terkadang mengalami masalah pencernaan, dokter juga akan menjelaskan sekilas mengenai kerja masing-masing anggota pencernaan Anda, termasuk usus halus.

Nah, tapi banyak dari Anda yang belum tahu secara detail tentang cara kerja dan fungsinya. Karena itu, tak ada ruginya bila Anda menyimak penjelasan lengkap mengenai cara kerja dan fungsi usus halus berikut ini!

Apa itu usus halus?

Sebelum mengetahui fungsi usus halus alangkah baiknya mengenal terlebih dahulu pengertian usus halus. Usus halus merupakan salah satu organ dalam sistem pencernaan Anda, yang secara garis besar memiliki tugas untuk menyerap nutrisi dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Organ ini berbentuk terowongan halus, yang berlipat-lipat dengan diameter sekitar 25 cm dan panjang sekitar 6 – 7 meter.

Lebih lanjut, usus halus terdiri atas 3 bagian, yaitu duodenum, jejunum, dan ileum. Dinding usus halus Anda dilapisi oleh jaringan yang memiliki struktur seperti jari, dan disebut villi. Masing-masing villi ini kemudian dilapisi pula oleh jaringan serupa dalam ukuran yang lebih kecil, dan disebut microvilli. Nah, jaringan-jaringan inilah yang meningkatkan luas permukaan yang tersedia untuk menyerap nutrisi ke dalam tubuh.

Di mana letaknya?

Usus halus merupakan salah satu organ yang termasuk dalam sistem pencernaan, dan terletak di area perut bagian bawah. Lokasinya persis di bawah lambung, setelah dibatasi dan dikelilingi oleh usus besar dan persis di atas rektum.

Lalu, apa saja fungsi usus halus?

Keseluruhan organ dalam sistem pencernaan Anda bekerjasama untuk memenuhi suatu tujuan, yaitu memproses makanan dan minuman yang Anda konsumsi dan merubahnya menjadi energi.

Fungsi usus halus secara spesifik  untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman Anda. Apapun yang tidak dicerna oleh usus Anda kemudian akan melanjutkan perjalanan makin ke bawah, hingga disingkirkan melalui pergerakan usus  dan keluar melalui anus.

Terakhir, bagaimana cara kerjanya?

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi akan sampai ke usus halus setelah melewati lambung, melalui bagian paling atas usus halus. Bagian paling atas ini disebut duodenum, yang bertugas menerima endapan semi-padat dari makanan yang telah dicerna lambung sebagian. Selain itu, empdu dan enzim dari hati, pankreas, dan kantong empedu Anda juga berperan dalam membantu makanan dipecah lebih lanjut di dalam duodenum.

Selanjutnya, ada bagian tengah usus halus yang disebut jejunum, dan bagian paling akhir usus halus yang disebut ileum. Masing-masing dari bagian ini memiliki tugas utama untuk menyerap nutrisi ke dalam aliran darah Anda. Baik jejunum maupun ileum memiliki lapisan dengan banyak lipatan-lipatan yang melebarkan luas permukaan usus halus guna memaksimalkan penyerapan nutrisi. Lapisan-lapisan inilah yang dikenal dengan nama villi dan mikrovilli.

Setelah makanan yang sudah dicerna usus halus kemudian meninggalkan area ileum, maka lebih dari 95% nutrisi -vitamin, mineral, karbohidrat, protein- sudah diserap oleh tubuh. Sisanya (yang tidak terserap) akan melanjutkan perjalanan ke usus besar Anda.

Nah, di sinilah fungsi usus halus Anda berakhir. Pekerjaan selanjutnya akan diteruskan oleh usus besar, yang kemudian membawa makanan yang tak tercerna ke rektum dan mengeluarkannya melalui anus.

Itu dia fungsi usus halus secara lengkap dan detail yang harus Anda tahu. Semoga bermanfaat, ya!

 

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.

SF/JJ/MA

Referensi