Fungsi Paru- paru dan Penyakit Yang Umum Menyerangnya

Fungsi paru-paru

Fungsi paru-paru yaitu membawa atau menyalurkan udara dari hidung dan mengalirkan oksigen ke dalam aliran darah. Terdapat beberapa jenis penyakit yang umum menyerang paru-paru seperti asma, cystic fibrosis, penyakit paru obstruktif kronik, dll.

 

Go DokBerlangsungnya hidup seseorang tentunya dibantu dengan kerja keras organ di dalam tubuh. Bagaimana tidak? Tiap organ memiliki fungsinya masing-masing. Bisa kebayang kan jika salah satunya tidak dapat bekerja dengan baik?

Nah, salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia adalah paru-paru. Fakta cepat mengenai organ ini adalah, paru-paru memiliki dua bagian, yaitu kiri dan kanan. Namun, keduanya memilki ukuran yang berbeda loh! Selain itu, paru-paru memiliki banyak sekali fungsi.

Berikut penjelasan fungsi paru-paru dan penyakit yang umum menyerangnya!

Fungsi Paru-paru

Paru-paru memiliki peran utama yaitu untuk membawa atau menyalurkan udara dari hidung dan mengalirkan oksigen ke dalam aliran darah. Dari sana lah, oksigen tersebut akan bersirkulasi ke seluruh tubuh. Untuk bernapas, tubuh akan menggunakan otot diafragma, otot interkostal (antara tulang rusuk), otot-otot perut, dan bahkan otot-otot di leher.

Apa itu diafragma? Diafragma adalah otot yang terletak di bagian atas dan ada di bawah paru-paru. Otot ini menggerakkan sebagian besar pekerjaan yang terlibat dalam pernapasan. Saat sedang bekerja, diafragma akan bergerak ke bawah, dan memungkinkan untuk memberi lebih banyak ruang pada rongga dada. Kemudian, kapasitas paru-paru akan membesar. Ketika volume rongga dada membesar, tekanan akan turun, dan udara yang terhirup oleh hidung atau mulut akan turun ke paru-paru.

Ketika diafragma melemaskan dan kembali ke posisi istirahatnya, volume paru akan menurun karena tekanan di dalam rongga dada naik. Setelah itu, paru-paru akan mengeluarkan udara. Ketika paru-paru berkembang, maka udara yang tersedot akan menjadi oksigen. Saat oksigen sudah terkumpul, kumpulan karbondioksida akan didorong keluar selama proses pernafasan berlangsung.

Udara yang masuk melalui hidung atau mulut akan mengalir ke trakea, atau bisa juga disebut dengan pipa angin. Setelah itu,  udara akan mencapai bagian yang disebut carina. Di carina, pipa angin terbagi menjadi dua, menciptakan dua bronkus utama. Udara tersebut akan mengarah ke paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Dari sana, bentuk organ pada paru yang terlihat seperti cabang-cabang pohon yaitu bronchi, akan berbentuk seperti pipa. Kemudian, udara akan kembali membelah menjadi bronkus yang lebih kecil dan semakin kecil disebut bronchioles.

Selain itu, paru-paru juga memiliki fungsi paru-parulainnya loh! Respirasi mungkin menjadi peran penting pada organ paru-paru, tetapi organ ini menjalankan fungsi penting lainnya, seperti:

  1. Keseimbangan pH: Terlalu banyak karbon dioksida dapat menyebabkan tubuh menjadi asam. Jika paru-paru mendeteksi peningkatan keasaman, organ ini akan meningkatkan tingkat ventilasi untuk mengeluarkan lebih banyak gas yang tidak diinginkan.
  2. Penyaringan: Paru-paru menyaring gumpalan darah kecil, dan mereka dapat menghilangkan gelembung udara kecil, yang dikenal sebagai embolisme udara.
  3. Pelindung: Paru-paru dapat bertindak sebagai penyerap goncangan untuk jantung pada beberapa jenis goncangan.
  4. Perlindungan dari infeksi: Selaput tertentu di dalam paru-paru dapat mengeluarkan imunoglobulin A. Zat ini melindungi paru-paru dari beberapa infeksi.
  5. Clearance Mukosiliar: Lendir yang melapisi saluran pernapasan menangkap partikel debu dan bakteri.
  6. Penampung darah: Paru-paru dapat menampung darah dan memiliki beberapa variasi berapa kandungan yangdapat ditampung. Interaksi antara paru-paru dengan jantung dapat membantu fungsi jantung lebih efisien.
Penyakit Umum Paru-paru

Nah, setalah memahami fungsi paru-paru sudah tahu dong betapa pentingnya paru-paru untuk tubuh kita, maka Anda juga harus mengetahui penyakit umum yang menyerangnya. Yuk kenali beberapa penyakit umum paru-paru!

  • Asma
  • Cystic Fibrosis
  • Sindrom Gangguan Pernapasan Akut
  • Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK/COPD), termasuk Emfisema dan Bronkitis Kronis. Biasanya penyakit ini hasil dari kerusakan yang disebabkan rokok tembakau ke paru-paru.

Penyakit Asma terjadi karena penyempitan yang obstruktif dan pembengkakan pada saluran pernapasan. Selain itu, asma juga terjadi karena produksi pada paru-paru memproduksi lendir yang berlebihan

Nah, itu dia pembahasan untuk mengenal fungsi paru-paru dan penyakit umum yang menyerangnya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

 

GA/PJ/MA

Referensi