Fungsi Ayunan Bayi yang Harus Bunda Ketahui

Fungsi ayunan bayi

Fungsi ayunan bayi ; Beberapa tahun belakangan dirumorkan bahwa menggunakan ayunan bayi dapat menimbulkan gegar otak dan shaken baby syndrome. Anda tidak perlu terlalu khawatir akan hal tersebut, kedua kondisi yang disebutkan tidak akan terjadi hanya karena Anda menggunakan ayunan bayi terlalu sering.

 

Go Dok Bagi Anda yang tengah memiliki bayi, tentunya sudah familiar dengan ayunan bayi. Bahkan, sebagian besar dari Anda mungkin memilikinya di rumah, dan memanfaatkannya untuk menenangkan si buah hati jika tengah rewel. Namun, beberapa dari Anda tentu juga khawatir akan keamanan dalam menggunakan ayunan bayi. Pasalnya, beberapa tahun belakangan dirumorkan bahwa menggunakan ayunan bayi dapat menimbulkan gegar otak dan shaken baby syndrome.

Kenyataannya, Anda tidak perlu terlalu khawatir akan hal tersebut, karena kedua kondisi yang disebutkan tidak akan terjadi hanya karena Anda menggunakan ayunan bayi terlalu sering. Faktanya, hanya benturan (baik keras maupun ringan) yang dapat menyebabkan gegar otak dan shaken baby syndrome.

Nah, jika Anda masih ragu untuk menggunakan ayunan bayi, maka ketahuilah bahwa terdapat beberapa fungsi ayunan bayi yang dapat meringankan beban Anda sebagai orangtua baru. Apa sajakah fungsi ayunan bayi yang dimaksud?

Yuk, simak penjelasan lengkap fungsi ayunan bayi berikut ini!

1. Membantu si kecil tidur di malam hari

Fungsi ayunan bayi yang pertama adalah untuk membantu buah hati Anda tertidur di malam hari. Bayi membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak dibandingkan anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Namun sayangnya, kebanyakan bayi sulit untuk tidur dengan tenang. Selalu saja ada kerewelan dan tangisan yang mencegah mereka dan Anda untuk tidur nyenyak di malam hari. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan ayunan bayi. Ya, gerakan ayunan teratur ke arah depan dan belakang dapat membuat bayi lebih tenang, membuatnya mengantuk lama kelamaan, sehingga otomatis juga membantunya tertidur lelap.

 Tentu gerakan mengayun dapat Anda ciptakan sendiri dengan menimang bayi Anda. Namun, hal ini akan melelahkan jika si buah hati membutuhkan waktu lama untuk tenang. Karenanya, akan lebih baik jika Anda memanfaatkan ayunan bayi untuk membuatnya tenang dan tertidur.

2. Meredakan tangisan bayi

Fungsi ayunan bayi yang kedua adalah untuk membantu Anda dalam meredakan tangisan bayi. Harus diakui, bahwa bayi seringkali menangis tanpa alasan jelas, meskipun popoknya sudah diganti dan perutnya sudah terisi. Nah, ayunan bayi memiliki efek yang sama dengan dot, yaitu menenangkan dan meredakan tangisannya. Taruh si kecil di dalam ayunan bayi, dan mulailah gerakkan ayunan ke arah depan dan belakang secara perlahan. Jika perlu, nyanyikan pula lagu dengan nada lembut untuk membantu menenangkannya. Dijamin, tangisan si buah hati akan segera berhenti.

3. Membantu mengatasi kolik

Jika bayi Anda yang nyatanya sehat mulai menangis tanpa henti lebih dari 3 jam secara berturut-turut, dalam waktu 3 hari atau lebih dalam seminggu, maka kemungkinan besar ia menderita kolik. Kondisi ini mencapai puncaknya saat bayi berusia 6 minggu dan mulai menurun saat ia mencapai usia 3 – 4 bulan. Bayi yang menderita kolik dapat menangis kapan saja tanpa diduga dalam sehari, terkadang bahkan di malam hari.

Hal ini tentunya dapat membuat Anda stres. Nah, salah satu fungsi ayunan bayi adalah mengatasi kondisi ini. Pasalnya, gerakan maju mundur secara perlahan dapat menenangkannya. Letakkan si kecil Anda dalam ayunan bayi, dan mulailah menggerakkannya secara perlahan. Lalu, saat bayi sudah tertidur, segera pindahkan ke ranjangnya.

4. Memudahkan Anda dalam bepergian

Anda tidak memiliki baby sitter ataupun seseorang yang membantu Anda, namun harus tetap beraktivitas di luar rumah dan bepergian? Ayunan bayi adalah salah satu solusi yang bisa digunakan agar Anda bisa membawa si buah hati ikut tanpa khawatir. Saat menyetir mobil, ayunan bayi bisa Anda fungsikan sebagai tempatnya duduk, tanpa harus khawatir ia terguncang terlalu hebat.

Hal ini juga bisa diterapkan saat Anda melakukan perjalanan jauh sekeluarga. Untuk ini, pastikan Anda memilih ayunan bayi dengan bantalan yang bisa menyesuaikan ukuran kepala kecilnya, agar bagian tersebut tidak bergerak terlalu ekstrem mengikuti guncangan kendaraan. Praktis, bukan?

Nah, itu dia 4 fungsi ayunan bayi yang bisa saja membantu serta memudahkan Anda dalam mengatasi kerewelan si buah hati. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

 

SF/PJ/MA

Referensi