Fakta Tentang Memakai Kacamata ; Sudahkah Anda Mengetahuinya?

fakta tentang memakai kacamata

Go Dok – Fakta tentang memakai kacamataKacamata dan fashion seolah menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Kacamata seolah telah menjadi bagian integral untuk kesempurnaan penampilan seseorang. Selain sebagai aksesoris yang menyempurnakan penampilan, fungsi utama kacamata sebenarnya adalah untuk melindungi mata dari bahaya sinar ultraviolet matahari. “Sebagian besar orang belum menyadari bahaya sinar ultraviolet bagi mata sebagaimana mereka menyadari bahaya sinar ultraviolet bagi kulit”, kata Paul Michelson seorang ahli mata di La Jolla, California. Beberapa efek sinar ultraviolet terhadap mata adalah sebagai berikut:

  1. Katarak dengan perkiraan 20% kasus yang terjadi diakibatkan oleh paparan sinar UV.
  2. Degenerasi makula (macular degeneration) yakni kerusakan yang terjadi pada retina bagian tengah (makula). Penyakit ini tidak dapat disembuhkan dan menjadi penyebab kebutaan nomor satu di Amerika Serikat.
  3. Pterygium yakni selaput atau daging yang tumbuh di bagian putih mata dan dan dapat mengubah cekungan bola mata, serta dapat menyebabkan astigmatisme.

Hal ini dijelaskan pula oleh Richard Shugarman, seorang pembicara dari American Academy of Ophthamology dan seorang dokter mata dari Pantai Palm Barat, Fla, yang menyatakan bahwa sinar UV dapat meningkatkan risiko pertumbuhan penyakit seperti katarak, AMD, dan juga kanker mata serta kelopak mata.

Melihat betapa berbahayanya sinar UV yang dihasilkan matahari, maka sudah sewajarnya kita memakai kacamata hitam ketika hari sedang terik. Kacamata hitam dapat memblok bahaya radiasi ultraviolet dan mengurangi resiko terkena kebutaan. Selain itu, kacamata juga dapat melindungi mata dari debu, pasir dan partikel kecil lain yang dapat masuk ke mata.

Sebelum membeli kacamata, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Belilah kacamata yang dapat memblok 99 sampai 100% UVA dan UVB.
  2. Jangan memilih kacamata berdasarkan kegelapan atau warna lensanya. Jika diteliti, kacamata hitam tidak memblok sinar UV lebih baik daripada warna lain. Bacalah labelnya terlebih dahulu.
  3. Pilihkah kacamata yang ukurannya agak besar karena sinar UV tidak hanya datang dari bagian depan. Maka lebih besar lebih baik.
  4. Jika Anda sering mengemudi atau berlayar, pertimbangkan untuk memilih lensa berpolarisasi yang efektif mengurangi silau.
  5. Ingat bahwa harga tidak selalu menginterpretasikan kualitas kacamata dalam memblok sinar UV. Faktanya, sebuah studi menunjukkan bahwa harga lensa biasanya tidak lebih mahal daripada frame- Jangan mengutamakan merk daripada kesehatan mata Anda. Selalu konsultasikan kesehatan mata Anda minimal setahun sekali dan enam bulan sekali bagi anak-anak Anda.

Dewasa ini tidak banyak orang yang menyadari betapa berguanya memakai kacamata demi kesehatan mata. Menurut survey yang dilakukan The Vision Council terhadap 1000 orang dari berbagai negara, sedikitnya 1 dari 6 orang menyatakan kesehatan mata sebagai tujuan mereka menggunakan kacamata. Kebanyakan dari mereka, sekitar dua per tiganya menyebut pencegahan silau sebagai alasannya.

Berdasarkan fakta-fakta ini jelas bahwa hanya sedikit orang yang menyadari betapa bergunanya kacamata untuk kesehatan, bukan sekedar gaya atau menghalangi kesilauan mata. Sadarilah betapa bahayanya sinar ultraviolet yang dihasilkan matahari. Anda bisa dengan rajin mengoleskan sun block ke tubuh dan wajah Anda sebelum bepergian. Mengapa tidak mulai gunakan UV block bagi mata Anda mulai sekarang? Bukankah kulit dan mata Anda adalah dua bagian tubuh Anda yang sama pentingnya? Semoga bermanfaat, ya.

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

 

TW/PJ/MA

Referensi

</div