Efektifkah Berenang untuk Menambah Tinggi Badan?

Berenang Sebagai Olahraga untuk Menambah Tinggi Badan

Menambah tinggi badan dengan olahraga berenang memang sudah dikenal sejak turun temurun. Selain terbukti merangsang pertumbuhan tulang, berenang juga dapat memperbaiki postur tubuh hingga meningkatkan kualitas peredaran darah.

Go DokBagi sejumlah pria, memiliki tubuh yang tinggi dan tegap tentunya menjadi idaman. Namun, tidak semua pria cukup beruntung untuk memiliki postur tubuh yang tinggi nan tegap. Daripada memilih obat dan suplemen untuk menambah tinggi badan, mengapa tidak mencoba cara lain yang lebih alami dengan melakukan gerakan olahraga tertentu?

Sejumlah jenis olahraga seperti basket dan berenang, dipercaya sebagai olahraga untuk menambah tinggi badan. Itulah mengapa, masyarakat kita di Indonesia seringkali menyuruh anak-anaknya utnuk berolahraga sejak usia dini. Pasalnya, para ilmuwan memperkirakan, masalah tinggi badan dipengaruhi 60-80% oleh faktor genetika dan 20-40% karena faktor lingkungan seperti nutrisi.

Lantas, seberapa efektif melakukan olahraga berenang sebagai cara untuk menambah tinggi badan?

Seperti yang sudah Anda ketahui, setelah usia 18 tahun, tinggi badan seseorang tidak akan meningkat karena tertutupnya lempeng pertumbuhan di bagian tulang. Kompresi dan dekompresi cakram di tulang belakang Anda menyebabkan perubahan kecil pada tinggi badan sepanjang hari.

Sebenarnya, ada hal-hal kecil yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan potensi tinggi badan Anda di masa remaja. Cukup dengan memenuhi asupan nutrisi harian dengan vitamin D dan kalsium, terbukti menjadi nutrisi yang sangat penting bagi pertumbuhan tulang.

Kalsium dari makanan mengubah produksi hormon dengan cara yang menguntungkan tulang Anda. Vitamin D juga dapat meningkatkan kesehatan tulang. Makan protein yang cukup juga penting untuk kesehatan tulang, terutama untuk kepadatan tulang belakang.

Selain karena faktor genetika dan nutrisi, banyak orang berpendapat bahwa latihan atau teknik peregangan dapat meningkatkan tinggi badan Anda. Salah satunya dengan berenang secara rutin.

Ketika Anda berenang, hampir seluruh elemen tubuh Anda bergerak, baik otot hingga pergerakan tulang, sehingga efektif dalam membakar lemak dan merangsang pertumbuhan tulang. Salah satu alasannya, ketika mengapung di dalam air, dapat membantu melawan gravitasi bumi yang seharusnya menarik tubuh ke bawah.

Seorang profesional kebugaran di New York City bernama Joan Pagano mengatakan, “Penelitian telah menemukan bahwa perenang memiliki tulang yang lebih kuat, dan dapat mencegah terhadap patah tulang.”

Berikut, segudang khasiat lainnya yang terjadi pada tubuh Anda ketika berenang!

  • Mengingat berenang banyak melibatkan gerakan otot, dapat meningkatkan massa otot, memperbaiki postur tubuh, dan fleksibilitas pada saat yang sama. Cobalah perbanyak berenang dengan gaya bebas, gaya dada, dan gaya punggung untuk mendapatkan perbaikan postur tubuh yang lebih optimal.
  • Berenang dapat meningkatkan kualitas kardiovaskular karena dapat meningkatkan penggunaan oksigen oleh tubuh Anda tanpa membuat jantung Anda bekerja terlalu keras
  • Berenang cenderung menjadi olahraga yang aman dari risiko cedera karena hanya melibatkan sedikit kekuatan dan tekanan pada tulang Anda.
  • Berenang dapat membantu mengurangi dan mungkin mencegah tekanan darah tinggi, yang dapat menurunkan risiko Anda terhadap penyakit jantung dan stroke.
  • Berenang dapat mengurangi stres karena memungkinkan lebih banyak oksigen mengalir ke otot Anda dan memaksa Anda untuk mengatur pernapasan Anda.
  • Menurunkan berat badan. Rata-rata, perenang dapat membakar kalori sebanyak satu jam sama seperti pelari yang berlari enam mil dalam satu jam.

Setelah melihat khasiat berenang sebagai olahraga untuk menambah tinggi badan, tentunya membuat Anda ingin segera lompat ke kolam renang terdekat di rumah Anda, bukan? Selamat mencoba!

 

Baca Juga:

TS/PJ/TP

Referensi