Efek Kado Valentine Untuk Kesehatan Anda

efek kado valentine

Go DokEfek kado valentineMemasuki bulan Februari, banyak orang yang sudah mulai bersiap-siap dalam menyambut hari paling romantis di sepanjang tahun. Ya, apalagi kalau bukan Hari Valentine! Kebanyakan orang mempersiapkan har ini dengan membelikan bermacam-macam hadiah untuk pasangannya. Tentu, yang paling populer adalah cokelat, bunga, dan wine. Biasanya, Anda dan pasangan akan meluangkan waktu khusus untuk menikmati hari Valentine beserta kadonya. Namun, apakah Anda yakin efek kado Valentine selalu sehat? Nah, demi menyambut hari valentine,

Yuk, simak apa saja efek kado Valentine untuk kesehatan Anda!

1. Cokelat

Makanan yang satu ini selalu menjadi pakem tersendiri setiap hari Valentine. Hampir semua orang membelikan kado yang satu ini untuk pasangannya. Lalu, apa efek kado valentine yang satu ini?

Efek sehat : Kandungan flavonoid di dalam cokelat sejatinya bagus untuk kesehatan jantung Anda. Tak hanya itu, flavonoid juga merupakan suatu antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh, melancarkan peredaran darah, serta melemahkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsinya secara teratur juga bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi, lho!

Efek buruk : Sayangnya, jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, cokelat bisa membuat Anda obesitas dan menjadikan gigi Anda keropos lebih cepat. Jadi, pastikan Anda lebih banyak mengonsumsi cokelat hitam dan menghindari cokelat olahan yang mengandung kadar gula tinggi.

2. Wine

Meskipun tak terlalu populer di Indonesia, namun tentu ada saja kalangan kelas atas yang menghadiahkan wine bernilai tinggi sebagai kado Valentine. Mari lihat apa efek kado valentine ini :

Efek sehat : Untuk Anda yang menenggak wine dalam batas wajar, ternyata ada manfaat kesehatannya untuk jantung. Studi terbaru menunjukkan bahwa kandungan flavonoid di dalam wine dapat berperan sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas, meningkatkan kadar kolesterol baik, serta mencegah penggumpalan darah di dalam tubuh. Tak hanya itu, wine juga dikatakan baik untuk mencegah stroke dan penyakit jantung.

Efek buruk : Sayangnya, banyak orang berlebihan dalam mengonsumsi wine dan kandungan alkohol di dalamnya. Kandungan alkohol dapat membuat seseorang kecanduan, serta memproduksi radikal bebas yang buruk untuk kesehatan hati Anda. Tak hanya itu, mabuk alkohol juga bisa meningkatkan risiko Anda terkena tekanan darah tinggi, obesitas, kanker payudara, serta memperburuk kesehatan jiwa.

3. Bunga

Bagi laki-laki, memberikan sebuket ataupun setangkai bunga kepada pasangannya sebagai hadiah Valentine. Nah, apakah efek kado Valentine yang satu ini untuk kesehatan ?

Efek sehat : Wewangian yang dihasilkan oleh bunga secara luas diketahui dapat meredakan stres dan mencegah depresi. Tak hanya itu, wangi bunga di dalam ruangan juga bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak, lho!

Efek buruk : Sayangnya, Anda harus lebih berhati-hati pada beberapa jenis bunga, jika Anda menderita alergi terhadap wanginya. Alergi terhadap serbuk bunga atau wanginya justru dapat membuat kulit Anda gatal-gatal, memerah, dan iritasi.

Nah, itu dia efek kado Valentine terhadap kesehatan yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya! Selamat Hari Valentine!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi