Diet untuk Penderita Darah Tinggi, Menu Ini Harus Dipersiapkan

Diet untuk penderita darah tinggi

Diet untuk penderita darah tinggi ; Hipertensi, alias tekanan darah tinggi, merupakan suatu kondisi yang diderita oleh banyak orang, terutama pada Anda yang berusia di atas 40 tahun. Menu atau bahan makanan utama yang harus Anda hindari adalah garam (sodium).

 

Go Dok  – Hipertensi, alias tekanan darah tinggi, merupakan suatu kondisi yang diderita oleh banyak orang, terutama pada Anda yang berusia di atas 40 tahun. Jika Anda merupakan salah satu penderitanya, maka tentu ada baiknya Anda mulai menerapkan pola hidup tertentu guna  mengontrol kadar tekanan darah dan menjaganya tetap rendah. Salah satu yang harus Anda terapkan adalah pola makan yang sehat. Nah, apa saja aturan pola makan dan menu diet untuk penderita darah tinggi yang harus diterapkan?

Berikut adalah menu diet untuk penderita darah tinggi yang harus Anda tahu!

Menu apa saja yang harus dihindari?

Menu atau bahan makanan utama dalam diet untuk penderita darah tinggi yang harus Anda hindari adalah garam (sodium). Pasalnya, pola makan dengan kadar sodium tinggi dapat meningkatkan tekanan darah Anda dan penderita hipertensi lainnya. Bahkan faktanya, semakin rendah kadar sodium yang Anda konsumsi, maka akan semakin terkontrol pula tekanan darah Anda. Untuk menurunkan konsumsi sodium harian Anda, lakukan hal-hal berikut :

  • Pastikan Anda tidak mengonsumsi lebih dari 2300 mf (sekitar 1 sendok teh) garam dalam sehari. Berkonsultasilah dengan dokter Anda mengenai hal ini, karena siapa tahu Anda harus menurunkannya hingga 1500 mg per hari.

  • Baca kandungan bahan dan nutrisi dalam setiap bungkus makanan yang Anda konsumsi, untuk memastikan berapa banyak kandungan sodiumnya.

  • Hindari makanan kalengan, makanan cepat saji, dan makanan olahan.

  • Konsumsi makanan dengan bumbu yang bebas garam.
Lalu, menu apa saja yang harus dikonsumsi?

Makanan yang harus masuk ke dalam menu diet untuk penderita darah tinggi adalah yang mengandung kadar sodium rendah (tentunya). Nah, harus Anda tahu bahwa terdapat menu diet tersendiri yang bisa diikuti oleh penderita hipertensi. Menu diet ini dinamakan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension).

Selain makanan dengan kadar sodium dan kolesterol rendah, menu ini juga memasukkan makanan kaya potasium, kalsium, serta magnesium, yang notabene merupakan nutrisi yang membantu dalam menurunkan tekanan darah Anda. Dalam suatu studi terbaru, para ahli menemukan bahwa mereka yang menerapkan diet DASH dapat menurunkan tekanan darah hanya dalam dua minggu, lho! Hebat, bukan? Nah, berikut adalah beberapa menu yang termasuk di dalamnya :

1. Sayur mayur

Menu diet untuk penderitadarah tinggi yang pertama adalah sayur mayur. Ya, setidaknya Anda harus mengonsumsi hingga 4 – 5 porsi per harinya. Sayur mayur yang dimaksud antara lain adalah ubi manis, brokoli, tomat, wortel, bayam, kentang, kacang panjang, dan berbagai sayuran lainnya yang kaya akan potasium serta magnesium. Karena itu, jika Anda penderita hipertensi, berhentilah menjadikan sayuran sebagai makanan samping, dan mulailah jadikan sayuran sebagai makanan utama.

2. Kacang-kacangan

Menu diet untuk penderita darah tinggi yang kedua adalah berbagai jenis kacang-kacangan, yang kaya akan protein, potasium, serta magnesium. Sama seperti sayuran, setidaknya Anda harus mengonsumsi kacang-kacangan dalam 4 – 5 porsi kecil dalam satu hari. Biji bunga matahari (kuaci), kacang hijau, kacang polong, kacang tanah, kacang almond, dan makanan berbasis kacang kedelai seperti tempe dan susu kedelai adalah beberapa jenis menu ini yang dapat Anda konsumsi.

3. Buah-buahan

Menu diet untuk penderita darah tinggi yang ketiga adalah buah-buahan, di mana Anda dapat menjadikannya snack atau makanan pencuci mulut. Konsumsilah dalam porsi kecil, setidaknya 4 – 5 kali dalam sehari. Pasalnya, buah-buahan memang kaya akan potasium, serat, magnesium, dan rendah lemak. Anda bisa memilih pisang, melon, apel, jeruk, nanas, kurma, aprikot, anggur, mangga, serta stroberi.

4. Daging rendah lemak

Daging bisa menjadi sumber protein, Vitamin B, dan zat besi yang cukup kaya. Jika menderita darah tinggi, maka Anda dianjurkan untuk mengonsumsi daging rendah lemak sebanyak kurang dari 6 porsi setiap harinya. Baik itu daging ayam, daging sapi, mupun daging ayam dan kalkun. Untuk menghindari lemak, buang bagian kulit dan lemak (gajih) dari daging, lalu masaklah dengan cara direbus, dikukus, atau dibakar. Hindari menggorengnya dengan minyak, dan untuk daging ikan, fokuslah pada ikan salmon, herring, dan tuna yang kaya Omega 3 dan membantu Anda menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

5. Gandum

Menu diet untuk penderita darah tinggi yang selanjutnya adalah makanan yang terbuat dari gandum sebagai asupan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh. Nasi putih dan merah tentu saja adalah salah satunya, Selain itu, roti, pasta, bihun, cereal, dan oat adalah alternatif yang bisa Anda pilih. Konsumsilah gandum yang kaya akan serat dan nutrisi sebanyak 6 – 8 porsi kecil dalam sehari. Hindari terlalu banyak menambahkan mentega, krim, dan saus keju, ya!

Nah, itu dia beberapa menu yang harus diterapkan dalam diet untuk penderita darah tinggi. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi