Diet TLC Efektif Mengontrol Level Kolesterol dalam Tubuh

Diet TLC

Diet TLC merupakan suatu program diet yang fokus pada tiga hal; pola makan, aktivitas fisik, dan manajemen berat badan. Diet ini cukup efektif dalam mengontrol serta menurunkan level kolesterol dalam tubuh, dan karenanya bagus untuk penderita kolesterol tinggi.

Go Dok – Pernah dengar yang namanya program diet TLC? Jika belum, tenang saja, Anda tidak sendiri. Program diet yang satu ini memang belum cukup populer di Indonesia. Namun, di luar negeri, jenis diet ini direkomendasikan oleh banyak ahli kesehatan dan nutrisi.

Kependekan dari Theurapeutic Lifestyle Change, diet ini berfokus untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda dengan cara mengoptimalkan level kolesterol. Jangan salah, diet ini juga efektif untuk menurunkan berat badan.

Tertarik untuk mencobanya? Yuk, kenali dulu program diet TLC lewat penjelasan lengkap berikut ini!

Apa itu program diet TLC?

Diet TLC merupakan suatu program diet yang fokus pada tiga hal; pola makan, aktivitas fisik, dan manajemen berat badan. Program terbesar dalam diet ini adalah membuat pilihan menu makanan yang cerdas, dan mengikuti pola makan sehat.

Diet ini cukup efektif dalam mengontrol serta menurunkan level kolesterol dalam tubuh, dan karenanya bagus untuk penderita kolesterol tinggi. Menunya kira-kira mengandung 2.200 kalori, dengan hanya 25% dari kalori ini berasal dari lemak total.

Apa saja aturan mainnya?

Tidak ada aturan ketat atau pembatasan waktu makan yang kejam dalam program diet TLC, dan diet ini tidak akan membuat Anda kelaparan. Alih-alih, diet ini lebih mengutamakan perubahan gaya hidup dan pola makan ke arah yang lebih sehat, dalam jangka panjang.

Hal ini bisa tercapai dengan mengonsumsi lebih banyak makanan dari sumber nabati serta sumber protein hewani rendah-lemak. Program diet TLC dikatakan sebagai rencana penyeimbangan akan apa saja yang Anda makan, mulai dari protein, karbohidrat, lemak, hingga gula.

Selain itu, diet TLC juga menyingkirkan makanan yang memiliki kolesterol tinggi dan lemak jahat, dan mempromosikan makanan dengan kandungan lemak baik, serat, dan kandungan lainnya.

Apa saja menu yang disarankan?

Berikut adalah jenis makanan yang bisa Anda konsumsi saat mengikuti program diet TLC :

  • Buah-buahan, sebanyak 2 – 4 porsi dalam sehari. Ini bisa berarti buah apapun, mulai dari apel jeruk, melon, semangka, alpukat, dan lainnya
  • Sayuran : 3 – 5 porsi dalam sehari, dan sayuran yang bisa dikonsumsi pun bervariasi, mulai dari brokoli, kembang kol, bayam, kangkung, dan sayuran lainnya yang Anda suka
  • Biji-bijian : 6 porsi atau lebih dalam sehari, dengan nasi menjadi sumber utama
  • Produk olahan susu rendah-lemak : 2- 3 porsi sehari
  • Daging rendah-lemak : tidak lebih dari 0,15 kg setiap harinya.

Untuk lebih jelas, berikut adalah contoh menu yang disarankan dalam menjalankan program diet TLC setiap harinya :

Sarapan : Setengah gelas oatmeal dengan 1 gelas susu bebas-lemak 1 sendok teh gula merah, dan 1 potong pisang.

Makan siang : Sandwich yang terbuat dari roti gandum, 2 ons daging rendah-lemak, selada, dan tomat. Atau nasi dengan sayuran segar dan buah-buahan sebagai penutup.

Snack siang : 1 gelas yoghurt rendah-lemak.

Makan malam : 3 ons ikan salmon, atau tuna atau mackarel, 1 gelas nasi merah, 1 gelas brokoli, 1 sendk teh minyak zaitun, salad dari selada, tomat, mentimun, dan cuka, serta roti dengan margarin lembut.

Apa manfaat dari program diet TLC?

Keuntungan yang paling besar dari menjalani diet ini adalah menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh Anda. Dengan kolesterol rendah, tubuh bisa terhindar dari berbagai macam penyakit kronis, seperti penyakit jantung, hati, dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, program diet ini juga bisa menurunkan berat badan Anda, meskipun tidak dalam waktu cepat dan instan. Secara keseluruhan, diet ini membuat Anda lebih sehat, proposional, tanpa harus kepalaran.

Nah, itu dia serba-serbi program diet TLC khusus untuk Anda yang ingin mencobanya. Jangan takut untu mencoba!

 

Baca juga:

Ingin tips sehat seputar diet? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter seputar tipsnya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi