Diet Sebulan Turun 10 Kg, Normal?

diet sebulan turun 10 kg

Suara.com  Setiap orang yang menjalani diet tentu akan sangat senang jika berat badannya turun dalam waktu yang cepat. Namun para ahli mengatakan penurunan berat badan yang drastis usai diet dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Hal ini juga diamini oleh dokter spesialis gizi klinik dari RSPI Bintaro, Diana F Suganda M. Kes. Dia mengatakan, penurunan berat badan yang sehat dan ideal sebaiknya tidak melebihi empat kilogram setiap bulannya.

“Kalau kita bicara soal penurunan berat badan yang hilang massa lemak, bukan air, itu hanya boleh setengah kilogram per minggu. Jadi per bulan bisa dua kilogram,” ujar dia di Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Sementara bagi mereka yang mengalami kelebihan berat badan, penurunan massa tubuh satu kilogram per minggu masih dirasa ideal. Sayangnya banyaknya program diet instan atau minuman herbal yang diyakini dapat menurunkan berat badan hingga sepuluh kilogram per bulan. Hal ini kata dia dapat menimbulkan risiko jangka panjang bagi kesehatan.

“Kalau berat badan turunnya sangat cepat itu kira-kira apa yang hilang? Massa air. Sama seperti kita kalau keracunan makanan sehingga diare akut, yang hilang air,” ujarnya.

 

Informasi selengkapnya di sini…

 

Approved by dr. Priscilla J