Diet Sayur Kubis, Berani Coba?

diet sayur kubis

Diet sayur kubis menjadi program diet favorit karena dapat menurunkan berat badan hingga 5 kg dalam waktu satu minggu. Alasan Anda harus mencoba diet ini sebagai program penurunan berat badan yaitu tinggi serat, baik untuk metabolisme, tinggi kandungan vitamin, baik untuk kesehatan tubuh.

 

Go Dok Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan sayur kubis. Ya, selain karena harganya yang murah, sayur kubis juga termasuk ke dalam jenis sayuran yang bisa diolah menjadi beragam santapan, mulai dari campuran adonan bakwan hingga pelengkap dalam sajian sup daging. Namun, tahukah Anda bahwa sayur kubis ternyata dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan dengan cepat? Dilansir dari laman eHow, diet sayur kubis ternyata sangat digandrungi karena dapat menurunkan berat badan hingga 5 kg dalam satu minggu.

Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus mencoba diet sayur kubis sekarang juga:

1. Tinggi serat

Jarang yang mengetahui bahwa dalam sayur kubis terkandung serat dalam jumlah yang cukup tinggi. Nah, serat inilah yang dapat membuat perut Anda terasa kenyang lebih lama. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan adalah selama menjalani program diet sayur kubis, Anda dianjurkan untuk menghindari makanan yang tinggi lemak, garam, dan gula.

2. Baik untuk metabolisme

Selain tinggi serat, kubis juga ternyata baik dikonsumsi karena dapat mempercepat proses metabolisme dalam tubuh. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa semakin baik kerja metabolisme tubuh, maka semakin cepat pula tubuh membakar lemak berlebih. Hasilnya, Anda akan mendapatkan tubuh ideal dengan segera. Jadi, masih ragu untuk mulai mencoba diet sayur kubis?

3. Tinggi kandungan vitamin

Tahukah Anda, bahwa dalam kubis terkandung mineral dan vitamin esensial yang dibutuhkan tubuh? Ya, dalam sayur yang satu ini terkandung beragam vitamin –mulai dari vitamin A, B, C, dan E. Selain itu, kubis juga kaya akan beragam mineral, seperti fosfor, kalsium, asam folat, besi, dan kalium.

4. Baik untuk kesehatan tubuh

Dengan rutin mengonsumsi kubis, Anda tidak hanya dapat membuang lemak berlebih dalam tubuh, tapi juga mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara umum. Bagaimana tidak! Konsumsi kubis secara rutin ternyata dapat memberikan efek positif, seperti:

  • Mempercepat pembentukan dan proses regenerasi otot
  • Meningkatkan sistem imunitas tubuh
  • Berperan sebagai agen penangkal kanker, infeksi bakteri, dan virus
  • Mempertajam fungsi mata
  • Mendetoksifikasi usus, perut, dan sirkulasi darah
  • Berperan sebagai antioksidan.
Lantas, bagaimanakah cara menjalankan program diet yang satu ini?

Bahan

  • Bawang bombay 3-6 buah
  • Paprika hijau 2 buah
  • Tomat 6 buah
  • Kubis 1 buah
  • Kaldu/air.

Cara membuat

  1. Potong kecil bawang bombay, paprika, tomat, dan kubis. Sisihkan
  2. Didihkan air atau kaldu
  3. Tambahkan semua sayuran, kecuali tomat. Tunggu hingga matang
  4. Tambahkan tomat, aduk sebentar sebelum api dimatikan.
  5. Sajikan selagi hangat.

Selama menjalani program diet sayur kubis ini, terdapat beberapa makanan yang menjadi pantangan, seperti roti atau nasi, gorengan, minuman beralkohol, dan minuman berkarbonasi. Jadi, tertarik mencoba?

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.