Diet Detoks ; Pengertian, Aturan dan Manfaat

Diet detoks

Diet detoks adalah diet yang dirancang khusus untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Menurut para ahli, hal ini sama artinya dengan Anda membersihkan seluruh saluran di dalam tubuh. Manfaat utama dari jenis diet ini adalah mengeliminasi zat-zat berbahaya tersebut dari dalam tubuh Anda.

 

Go DokBanyak orang percaya bahwa di dalam tubuhnya telah banyak jenis racun yang menumpuk dari makanan atau minuman yang sudah dikonsumsi selama bertahun-tahun. Ataupun dari kebiasaan buruk, seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. Racun yang menumpuk ini, bila dibiarkan, bisa membahayakan kesehatan dalam jangka panjang.  Apakah Anda juga termasuk salah satu yang mempercayainya? Jika iya, maka mengenal diet detoks adalah salah satu langkah tepat bagi Anda. Penasaran seperti apa diet ini? Yuk, simak penjelasan lengkap guna mengenal diet detoks berikut ini!

Apa itu diet detoks?

Mengenal diet detoks baiknya dimulai dengan mengetahui definisi dari detoks itu sendiri. Detoks, atau detoksifikasi, merupakan langkah yang dijalankan guna membersihkan sekaligus mengeluarkan racun berbahaya dari dalam tubuh Anda. Dengan begitu, diet detoks adalah diet yang dirancang khusus untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Menurut para ahli, hal ini sama artinya dengan Anda membersihkan seluruh saluran di dalam tubuh. Diet detoks memiliki beragam jenis cara, namun sebagian besar di antaranya fokus pada mengonsumsi jus buah kental, smoothie buah dan sayuran, serta sayur dan buah mentah, diiringi dengan banyak konsumsi cairan. Puasa juga menjadi bagian besar dari jenis diet ini.

Bagaimana aturan dari diet detoks?

Dalam mengenal diet detoks, Anda harus mengetahui pula aturan mainnya.  Berikut adalah beberapa langkah yang biasanya dilakukan dalam menjalani diet ini :

  • Berpuasa selama 1 -3 hari, baik itu puasa setengah hari, selama 8 jam, 12 jam, atau 24 jam penuh
  • Mengonsumsi suplemen dari tumbuhan herbal
  • Meminum jus buah dan sayuran segar, smoothies, serta air dan teh
  • Meminum hanya beberapa cairan tertentu, seperti air garam, jus lemon, atau infused water
  • Mengeliminasi makanan yang mengandung logam berat dalam kadar tinggi, mengandung alergen, dan terkontaminasi zat tertentu, seperti makanan yang diproses atau makanan kaleng.
  • Berolahraga secara rutin
  • Mengeliminasi kopi, rokok, makanan serta minuman yang mengandung gula tinggi, dan minuman beralkohol secara keseluruhan dari hidup Anda.

Biasanya, diet detoks juga melibatkan diet vegetarian yang ketat, mengonsumsi hanya sedikit nasi dan sedikit karbohidrat, serta mengutamakan konsumsi buah, sayuran, jus, smoothie, dan cairan.

Apa manfaat dari diet detoks?

Di sekitar Anda, terdapat banyak zat beracun yang bisa masuk ke dalam tubuh dengan satu atau berbagai cara. Zat ini termasuk polutan, zat sintetis kimiawi dari parfum, karbol, obat nyamuk, dan hal lainnya, asap rokok, serta racun lainnya. Keuntungan utama dari diet ini adalah mengeliminasi zat-zat berbahaya tersebut dari dalam tubuh Anda. Selain itu, diet detoks juga dipercaya mampu :

  • Mengistirahatkan kinerja organ Anda dengan berpuasa
  • Menstimulasi hati untuk membuang racun dari dalam tubuh, melalui urin, keringat, dan feses.
  • Meningkatkan sistem sirkulasi darah
  • Memenuhi tubuh Anda dengan berbagai nutrisi sehat.

Banyak dari mereka yang telah mencoba diet detoks, mengakui bahwa diet ini membuat konsentrasi lebih bagus serta tubuh lebih energik. Hal ini kemungkinan besar karena dengan menjalani diet detoks, secara tak langsung Anda membatasi konsumsi makanan yang sudah diproses (mengandung lemak dan gula tambahan) yang mana berbahaya bagi kesehatan. Diet ini juga menghindarkan Anda dari makanan tinggi kalori yang bernutrisi rendah, karena berfokus pada makanan yang belum diproses dan masih asli serta alami. Sejatinya, ini adalah hal yang bagus bagi sistem metabolisme serta pencernaan tubuh Anda.

Nah, itu dia serba-serbi dalam mengenal diet detoks untuk mengeliminiasi racun dari tubuh. Meskipun sebetulnya organ hati secara rutin memang membuang racun dari tubuh, namun tidak ada salahnya mengikuti diet ini, sebagai langkah sehat. Betul, bukan?

Baca juga:

Ingin tips sehat seputar diet? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter seputar tipsnya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi